virus malware
Korporasi Pemerintah Solusi B2B UMKM

Masalah Pada Laptop & PC Kantor serta Cara Mengatasinya

Layar mendadak mati, blue screen of death (BSOD), kipas laptop panas, serta baterai laptop yang tidak bisa di charge merupakan contoh masalah pada laptop dan PC yang seringkali dialami. Masalah ini meski cenderung dialami oleh laptop dan PC yang sudah lama, namun juga bisa dialami oleh laptop baru dan PC baru.

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai apa saja jenis masalah pada laptop dan PC yang sering dialami di kantor dan perusahaan serta bagaimana cara mengatasinya?

masalah pada laptop

Masalah Umum pada Laptop dan Desktop

Permasalahan pada laptop dan PC, terutama pada unit kerja di kantor atau perusahaan dapat menjadi masalah. Karyawan menjadi tidak efektif dalam berkerja karena terganggu akibat laptop dan PC yang rusak atau ngadat. Beberapa masalah umum yang mungkin dialami oleh karyawan pada perangkat unit kerja yang mereka miliki, baik itu PC atau Laptop, antara lain:

Baterai Laptop Tidak Terisi

Permasalahan umum yang sering dialami, dimana baterai laptop yang dimiliki tidak mau terisi penuh meski sudah di-charge lama. Selain itu, karyawan juga sering mengalami baterai laptop mereka tidak mau terisi sama sekali sehingga laptop perlu dihubungkan terus menerus dengan outlet listrik atau tidak mau menyala. Permasalahan biasanya terdapat pada baterai laptop yang sudah tidak layak pakai dan perlu diganti.

Gagal Booting

Masalah ini berupa laptop atau PC saat hendak dinyalakan tidak bisa menyala atau masuk ke sistem operasi. Hal ini menyebabkan laptop atau PC stuck pada layar tertentu atau melakukan restart berulang kali. Biasanya terjadi karena ada file sistem operasi yang corrupt atau masalah saat melakukan update.

PC dan Laptop Terasa Lambat

Komputer lemot saat membuka file atau menjalankan aplikasi seringkali dikeluhkan karyawan. Hal ini biasanya disebabkan karena memory RAM yang tidak memadai, kapasitas harddisk yang sudah penuh, ataupun aplikasi yang berat. Selain itu masalah harddisk juga bisa membuat komputer menjadi lama / lemot.

HDD Tidak Terdeteksi

Harddisk yang sudah lama atau rusak selain menyebabkan PC dan laptop terasa lambat, juga bisa menyebabkan hdd tidak terdeteksi. Akibatnya PC dan laptop tidak dapat melakukan booting ke sistem operasi. Jika harddisk sudah rusak, biasanya Anda perlu melakukan pergantian harddisk.

PC / Laptop Panas & Kipas Berisik

Komputer terasa panas hingga kipas yang berisik biasanya terjadi akibat suhu pada PC dan laptop yang terlampau tinggi sehingga kipas bekerja secara maksimal. Hal ini biasanya disebabkan karena adanya debu dan kotoran yang menumpuk di bagian dalam komputer akibat jarang dibersihkan. Hal ini menyebabkan proses pendinginan dari kipas tidak dapat bekerja secara optimal.

Virus dan Malware

Salah satu masalah umum lainnya adalah laptop yang seringkali terkena virus atau malware akibat sering mendownload file yang berbahaya atau membuka website yang kurang aman.

virus malware

Cara Mengatasi Masalah pada Laptop dan PC

Masalah – masalah yang kerap terjadi pada unit PC atau laptop dapat diminimalisir dengan melakukan perawatan atau servis berkala secara rutin. Biasanya perawatan ini dapat mencakup antara lain:

  1. Pembersihan debu pada bagian dalam Desktop dan Laptop
  2. Penggantian thermal paste
  3. Health Checkup berupa scanning virus, malware, dll
  4. Maintenance rutin secara berkala

Dengan melakukan pembersihan debu dan penggantian thermal paste secara rutin misal tiap 6 bulan, kinerja PC akan optimal dan tidak overheat. Lalu proses health checkup dapat mendeteksi apabila ada masalah pada harddisk, atau operasional PC secara keseluruhan.

laptop contract maintenance

Bhinneka menawarkan jasa perawatan laptop dan komputer berbasis kontrak. Cocok untuk Anda yang ingin menjaga perangkat kerja di kantor tetap optimal dan awet untuk jangka panjang. Pengerjaan dilakukan oleh teknisi profesional dimana teknisi akan langsung datang ke lokasi Anda untuk melakukan perawatan sesuai permintaan.

Perusahaan Anda akan mendapatkan keuntungan berupa perawatan unit kerja karyawan yang rutin sehingga pekerjaan tetap efektif dan produktif. Selain itu Anda akan mendapat jaminan prioritas dalam pelayanan. Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait layanan kontrak maintenance perawatan komputer di halaman ini

Leave a Reply