bhinneka e procurement
e-Procurement Solusi Bisnis

9 Kelebihan Bhinneka e-Procurement untuk Bisnis Anda

Bhinneka.com sebagai pelopor e-commerce B2B di Indonesia punya banyak layanan untuk memudahkan semua pelanggannya. Salah satu layanan terbarunya adalah Bhinneka e-Procurement. Produk terbaru yang berada di bawah bender Bhinneka Bisnis ini ditujukan untuk segmen korporat, UKM, dan instansi pemerintah.

Bhinneka e-Procurement adalah proses pembelian, penjualan barang, equipment, pekerjaan, dan jasa melalui web interface atau sistem jaringan. Sistem ini dirancang untuk memusatkan dan mengautomasi interaksi antara organisasi, pelanggan, dan vendor untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi proses procurement.

Sistem e-Procurement Bhinneka punya beberapa kelebihan, di antaranya:

1. Hemat Waktu dan Biaya

bhinneka e procurement

Procurement atau pengadaan barang konvensional membutuhkan waktu, tenaga, dan biaya cukup besar. Hanya untuk membeli perlengkapan operasional kantor, Anda harus meluangkan waktu untuk mencari vendor, brief kebutuhan perusahaan, pitching, memilih vendor, hingga approval. Proses panjang itu belum termasuk waktu untuk menunggu barang datang.

Dengan Bhinneka e-Procurement Anda bisa langsung mencari barang atau jasa yang dibutuhkan perusahaan Anda. Spesifikasinya jelas dan bisa dipelajari sebelum Anda membelinya. Setelah produk dipesan, proses approval juga secara online sehingga lebih cepat. Beli kebutuhan bisnis lewat Bhinneka e-Procurement semudah belanja online.

2. Lebih Transparan

keuntungan bhinneka e procurement

e-Procurement membantu mengurangi kontak fisik antara pembeli dan vendor. Proses interaksi antara pengguna dan penyedia jadi lebih mudah dan cepat. Ini akan membantu Anda meningkatkan kontrol terhadap berbagai penyimpanan yang mungkin terjadi.

Di Bhinneka e-Procurement semua transaksi bisa dipantau oleh superior di perusahaan. Atasan Anda bisa melihat histori transaksi termasuk jumlah dan harga dari produk yang dipesan. Laporan transaksi juga bisa dilihat sesuai periode waktu yang diinginkan. Laporan bisa didownload dalam format csv atau pdf.

3. Bisa Request Faktur Pajak

faktur pajak bhinneka

Bhinneka sangat mengerti apa yang dibutuhkan oleh perusahaan Anda. Untuk menjamin setiap transaksi penjualan patuh terhadap ketentuan hukum di Indonesia, Anda bisa request faktur untuk setiap transaksi yang dilakukan di e-Procurement. Fitur ini akan memudahkan Anda saat pelaporan pajak.

4. Fitur Quick Buy

quick buy kelebihan eprocurement

Ini dia salah satu kelebihan e-Procurement Bhinneka. Anda bisa belanja pengadaaan operasional perusahaan semudah belanja online. Dengan fitur ini, Anda tinggal pilih barang yang ingin dibeli lalu masukan Keranjang. Setelah itu, tentukan alamat pengiriman, proses check out, dan bayar. Barang pesanan akan langsung dikirim ke alamat tujuan.

Fitur Quick Buy di eProcurement Bhinneka membuat pengadaan jadi lebih mudah. Bagian Procurement Anda bisa bisa belanja apa saja dengan cepat, mudah, dan tidak usah pegang uang cash/tunai. Ditambah lagi, transaksi Quick Buy juga bisa dimonitor dan terkontrol oleh supervisor.

5. Bisa Nego Harga

keunggulan e procurement

Salah satu fitur unggulan di Bhinneka e-Procurement adalah bisa nego harga. Dengan fitur ini, Anda berkesempatan mendapat harga dan penawaran terbaik. Jika harga negosiasi disetujui, Anda bisa mendapat harga lebih murah atau kuantiti barang lebih banyak.

Setelah memilih barang, klik tombol “Nego.” Masukan harga atau kuantiti penawaran Anda. Quotation akan direspon oleh tim Sales Bhinneka dalam 1x 24 jam. Jika sudah disetujui, quotation akan dikirim kembali ke Anda (Requestor).

6. Atur Limit Budget Perusahaan

e procurement di Bhinneka

Bhinneka e-Procurement punya fitur atur limit budget pengadaan. Fitur ini memudahkan Anda membatasi nilai belanja pengadaan dari setiap departemen. Selain itu, pemilik perusahaan juga bisa memonitor pengeluaran organisasi. Fitur limit budget bisa dilakukan oleh akun Administrator atau Power User.

7. Multi User, Bisa Dipakai Banyak Orang

multi user bhinneka

Ada 3 jenis akun yang ada di sistem Bhinneka e-Procurement. Pertama adalah Power User. Jenis akun ini bisa mengatur pengadaan perusahaan secara mandiri. Power User bisa melakukan transaksi tanpa persetujuan siapapun. Akun ini juga bisa belanja melalui pengajuan pengadaan, negosiasi, atau Quick Buy. Selain itu, Power User juga bisa mengatur role user lain, atur limit transaksi, dan kategori produk.

Yang kedua adalah requestor. akun ini yang bertugas mengajukan pengadaan barang. Akun ini bisa membuat pesanan di e-Procurement. Akun Requester bisa diatur jadi Multi Department atau dibagi ke banyak user lain untuk beberapa departemen di perusahaan Anda.

Yang ketiga adalah Approver. Akun ini yang bertugas untuk menyetujui pesanan yang dibuat oleh requestor. Akun ini juga bisa diset Multi Department untuk menyederhanakan flow pengadaan dalam bisnis Anda.

8. Pilihan Produk Lengkap

produk lengkap

Bhinneka adalah e-commerce B2B nomor 1 di Indonesia. Platform e-Procurement Bhinneka sudah dipercaya oleh banyak perusahaan dan UMKM untuk menangani proses pengadaan barang dan jasa. Terdapat lebih dari 450.000 variasi produk yang dapat memenuhi kebutuhan bisnis Anda. Mulai dari biji kopi, jasa desain interior, pulsa/paket internet, hingga traktor bisa Anda beli di Bhinneka.

Bhinneka e-Procurement adalah solusi yang dihadirkan Bhinneka untuk memudahkan proses pengadaan barang dan jasa di perusahaan Anda. Bagi perusahaan yang memiliki wilayah operasional luas, Anda bisa simpan lebih dari satu alamat dan diatur sebagai alamat penagihan dan alamat pengiriman.

9. Bisa Ajukan Pengadaan

cara ajukan pengadaan eprocurement bhinneka

Jika Anda punya kebutuhan produk atau jasa khusus untuk pengadaan, Anda bisa mengajukan pengadaan melalui fitur Ajukan Pengadaan. Dengan fitur ini, Anda bisa mencari produk tertentu dengan jumlah dan bujet yang sudah ditentukan.

Cara ajukan pengadaan di eProcurement Bhinneka sangat mudah. Dari Dashboard klik Transaksi > Ajukan Pengadaan. Isi Nama Pengadaan, bujet, dan catatan untuk tim sales kami. Jika punya daftar barangnya, Anda bisa langsung upload di kolom yang disediakan.

Jika barang yang dipesan sudah tersedia, Anda akan menerima notifikasi melalui email. Masuk ke menu transaksi lalu klik Order yang Anda submit. Jika pesanan sudah sesuai, tinggal klik tombol Accept. Jika kurang sesuai, Anda bisa tekan tombol Ask to Revise untuk melakukan negoisasi.

Video Bhinneka e-Procurement

Pengadaan online di Bhinneka dapat menghemat waktu, biaya, dan tenaga. Karena bersifat online, Anda bisa akses sistem e-Procurement ini dari smartphone, tablet, atau laptop dari mana saja. Dengan Bhinneka e-Procurement pengadaan barang dan jasa jadi semudah belanja online.

Leave a Reply