LabInc Kampus Merdeka

Tanda Sudah Menemukan Rekan Bisnis yang Tepat

Ketika kamu sudah menemukan rekan bisnis yang tepat maka akan menjadi hal yang menarik dalam menjalankan bisnis bersama. Dalam membangun bisnis yang dimulai dari bawah atau nol sebetulnya menjadi sesuatu yang sangat krusial dan penuh tantangan. Jika ingin memulai bisnis salah satu hal yang harus dilakukan ialah memilih atau menemukan rekan bisnis yang tepat.

Sudah dipastikan setiap orang berusaha mencari rekan bisnis yang cocok dan memiliki visi dan misi yang sama dalam membangun bisnis bersama, sebab dalam menemukan rekan bisnis yang sesuai tidaklah mudah. Ketika salah dalam memilih rekan bisnis bisa mengakibatkan berhenti di tengah jalan atau ketika ada masalah tidak dapat diselesaikan secara baik-baik.

Sebetulnya untuk menemukan rekan bisnis yang tepat bisa dari mana saja, bisa dari keluarga seperti saudara, sepupu atau teman yaitu tongkrongan atau memang kerabat sejak lama sudah akrab dan sudah mengenal lebih dalam.

Rekan Bisnis yang Tepat

Meskipun begitu jika ingin melakukan bisnis bersama rekan mu tidaklah mudah. Dalam mencari rekan pun tidaklah mudah seperti membalikkan telapak tangan atau berkata dan mengajak sesuka hati. Tetapi diantara keduanya harus bisa saling back up, ingin berkembang bersama, komitmen, kompeten, dan yang pastinya harus saling percaya.

Berikut beberapa tanda bahwa kamu sudah menemukan partner bisnis yang sesuai dengan kamu dan dirinya, yaitu diantaranya ada :

1. Memiliki Visi dan Misi yang Sama

Saat kamu sudah menemukan rekan bisnis yang tepat itu artinya ketika kamu membangun bisnis dengan partner kamu akan menjalankan visi misi yang sama dengan tujuan yang sama, karena dengan adanya kesamaan tersebut ini akan menjadi pondasi yang paling tinggi dan kuat dalam menuju kesuksesan.

Dengan memiliki visi misi yang sama juga dapat menjelaskan tujuan bisnis yang selaras dalam mengembangkan bisnis tersebut secara bersama. Serta menjadi alat yang sangat penting dari perencanaan strategis dan dengan demikian untuk dapat mencapai berkembangannya bisnis yang diinginkan.

2.Rekan Bisnis Ingin Diajak Berkembang Bersama

Tanda sudah menemukan rekan bisnis yang tepat ialah mau diajak berkembang bersama, maksud dari itu rekan tersebut bersediah bila diajak merintis terlebih dahulu, tidak menyalahkan satu sama lain ketika sedang down, dan tidak pernah keberatan jika terjadi risiko yang tidak diinginkan.

Biasanya kebanyakan di antaranya ada yang melakukan bisnis hanya stuck disitu saja, karena sudah merasa nyaman. Hal ini dapat menjadi penyebab tidak berkembangnya bisnis yang sudah dijalankan.

Jika ingin memiliki rekan bisnis yang seperti itu coba dipikirkan kembali. Sebab jika adanya keraguan dalam memilih partner itu akan sangat berpengaruh besar di belakang dan ke depannya.

3.Bisa Saling Membantu atau Back-Up Rekan Bisnis

Partner yang tepat ialah, kamu bisa merasa tenang saat memberikan tugas atau tanggung jawab kepadanya, ini bisa dikatakan bahwa ialah orang yang sudah kamu temukan untuk menjadi rekan bisnis kamu.

Dapat Menemukan Rekan Bisnis yang tepat

Contohnya seperti kamu memang diharuskan untuk pergi sementara dan kamu bisa mempercayai partner kamu untuk bisa membantu dan mem back up bisnis tersebut sampai kamu kembali. Dasarnya ialah harus saling percaya satu sama lain terlebih dahulu.

4.Rekan Bisnis yang Tidak Pernah Punya Trust Issue Kepadanya

Hindari rekan bisnis yang sudah pernah memiliki trust issue kepada diri kita. Artinya kamu tidak boleh dan tidak dapat menjadikan orang tersebut menjadi rekan mu, karena ketika sudah memiliki trust issue kepadanya takut mengganggu kepercayaan kamu dan bisnis yang sedang dibangun tidak dapat berkembangn dengan baik.

Untuk menghindari konflik, hal tersebut tentunya wajib dipertimbangakan oleh diri kita sendiri, sebab kamu akan bekerja dengannya tidak hanya sehari atau dua hari saja melainkan akan memiliki waktu jangka panjang selama bisnismu berjalan.

5. Memiliki Pola Pikir yang Berbeda namun tidak Berseberangan

Untuk mengembangkan bisnis agar menjadi lebih besar lagi, tidak harus sama cara berpikir dan pola pikir dalam mengembangkannya, tetapi dilihat dari tujuan keduanya yang memiliki kesamaan.

Pola pikir yang berbeda saat berbisnis bareng sangat diperbolehkan, karena hal tersebut terkadang dapat membantu untuk menjadikan bisnis yang dijalankannya ini malah menjadi lebih berkembang.

Dengan memiliki ide-ide yang sangat diluar nalar atau out of the box yang dapat meningkatkan bisnis kalian dengan begitu bisnis akan terus berkembang dengan banyaknya inovasi-inovasi yang datang dari beberapa otak partner kalian.

Partner yang berbeda tetapi tidak berseberangan

Ketika memiliki masalah, carilah partner yang memiliki pemikiran yang cukup bijak dalam menyelesaikan atau memecahkan sebuah masalah, karena orang tersebut patut untuk dijadikan rekan bisnis yang tepat. Sebab dalam menjalankan sebuah bisnis tidaklah senantiasa selalu mulus atau selalu baik-baik saja jalannya, pastinya kalian akan mendapatkan masalah atau gangguan yang membuat bisnismu menjadi naik turun.

Tanda sudah menemukan rekan bisnis yang tepat apakah sudah kamu rasakan? Dari tulisan diatas bahwa ketika kamu sudah menemukan rekan bisnis yang tepat diharapkan untuk bisa saling membantu dan saling percaya satu sama lain, serta memiliki tujuan yang sama dan dapat berpikir bijak dalam membantu untuk memecahkan masalah pada bisnis.

Leave a Reply