pegal - pegal doms
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal DOMS: Pegal – Pegal Setelah Olahraga

Badan terasa pegal – pegal setelah berolahraga atau fitness mungkin dirasakan sebagai hal yang wajar. Terlebih apabila Anda melakukan latihan cukup lama. Namun terkadang rasa pegal tidak muncul di hari yang sama, melainkan keesokan harinya. Rasa pegal ini dapat berlangsung beberapa hari. Kondisi ini dikenal dengan sebutan DOMS.

Pada artikel ini akan dibahas mengenai DOMS atau dikenal dengan istilah Delayed Onset Muscle Soreness, mengapa orang yang berolahraga mengalami DOMS dan apa bedanya dengan Acute Muscle Soreness.

Apa itu DOMS – Pegal Pegal Pasca Olahraga

Delayed Onset Muscle Soreness atau DOMS adalah kondisi dimana tubuh merasakan pegal dan nyeri di beberapa bagian tubuh. Rasa pegal ini muncul setelah berolahraga. Umumnya DOMS ini lebih sering dialami dan dirasakan oleh orang – orang yang baru memulai olahraga atau sempat vakum olahraga untuk beberapa waktu.

doms

Tidak semua olahraga dapat menyebabkan DOMS. DOMS umumnya muncul setelah melakukan olahraga seperti angkat beban, lari, dan latihan – latihan fisik selama olahraga.

Kapan DOMS Muncul

Rasa pegal – pegal dan nyeri pada otot ini muncul biasanya setelah 24 – 48 jam setelah melakukan olahraga yang cukup intensif. Biasanya rasa nyeri dan pegal ini muncul pada bagian paha, perut, lengan atau betis serta bagian otot tubuh lain yang digunakan selama berolahraga.

Rasa nyeri dan pegal ini biasanya akan perlahan hilang sendiri dalam hitungan hari atau memasuki hari ke tiga. Biasanya rasa pegal akan sangat terasa pada keesokan harinya setelah berolahraga.

Penyebab Pegal – Pegal Pada DOMS

Mungkin sebagian dari kita bertanya mengapa rasa pegal akibat DOMS ini munculnya tidak langsung dan dapat berlangsung selama beberapa hari.

Delayed Onset Muscle Soreness terjadi karena pada saat kita berolahraga atau melakukan aktivitas gerakan seperti angkat beban, terdapat robekan kecil / mikroskopik pada jaringan otot. Tubuh lalu bereaksi akan adanya robekan ini dengan meningkatkan respon berupa inflamasi pada area sekitar otot tersebut.

Apa Beda DOMS dengan Acute Muscle Soreness

Selain Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS), dikenal pula Acute Muscle Soreness. Keduanya merupakan rasa pegal yang dirasakan karena berolahraga.

pegal - pegal doms

Bedanya adalah, pada DOMS, rasa pegal tidak dirasakan pada saat Anda berolahraga atau pada hari yang sama. Rasa pegal baru akan muncul dalam kurun waktu 24- 48 jam setelah berolahraga. Sedangkan Acute Muscle Soreness merupakan sensasi pegal atau nyeri yang dirasakan pada saat Anda berolahraga.

Acute Muscle Soreness ini contoh seperti rasa pegal dan nyeri pada saat Anda mengangkan beban berat atau rasa pegal akibat sudah banyak melakukan lompatan fisik saat olahraga. Rasa pegal dari Acute Muscle Soreness ini bersifat sementara dan biasanya akan hilang setelah Anda jeda atau beristirahat sejenak.

Siapa yang Dapat Mengalami DOMS

Delayed Onset Muscle Soreness biasanya dirasakan pada seseorang yang baru memulai olahraga atau melakukan olahraga dengan intensitas tinggi. DOMS juga dapat dirasakan oleh orang – orang yang baru memulai kembali melakukan olahraga.

Semakin sering seseorang melakukan suatu latihan atau olahraga yang sama, tubuh akan beradaptasi sehingga kemungkinan untuk mengalami DOMS menjadi jauh lebih kecil.

Ini sebabnya kenapa DOMS lebih sering dirasakan oleh orang yang kembali berolahraga setelah sempat vakum atau adanya perubahan rutinitas latihan. Tubuh perlu melakukan penyesuaian kembali dengan aktivitas tersebut, sehingga potensi Anda mengalami DOMS menjadi lebih tinggi.

Leave a Reply