Penghargaan untuk karyawan berprestasi
Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

7 Manfaat Merayakan Kesuksesan Karyawan di Tempat Kerja

Merayakan kesuksesan tim atau pribadi di dalam kantor merupakan salah satu kebiasaan yang perlu diteruskan. Budaya ini memiliki banyak manfaat untuk seluruh karyawan. Bagaimanapun bentuknya, perayaan kesuksesan dapat dianggap sebagai pengakuan pencapaian yang didapat oleh sebuah tim atau individu tertentu.

Perayaan kesuksesan di dalam kantor merupakan cara efektif untuk meningkatkan moral, ikatan antar individu dalam tim, dan inspirasi bagi tim yang lain. Mengetahui apa saja manfaat merayakan kesuksesan di dalam kantor memungkinkan Anda bisa membuat perencanaan dan budaya baru dalam tempat kerja. Tujuannya untuk membuat karyawan lebih termotivasi saat bekerja.

Manfaat Merayakan Kesuksesan di Kantor

Berikut ini beberapa manfaat dan alasan perlunya membuat perayaan untuk kesuksesan yang dicapai oleh karyawan atau tim dalam kantor.

1. Membangun Hubungan Kerja Positif

Budaya merayakan kesuksesan di kantor penting untuk membangun hubungan erat antar karyawan. Perayaan ini bisa dijadikan momen untuk memperkenalkan cara kerja tim yang baik untuk dicontoh tim lain. Penghargaan yang diberikan perusahaan dalam bentuk perayaan, kecil maupun besar memberikan kesan positif terhadap organisasi atau perusahaan tempatnya bekerja. Momen bahagia tersebut, membuat karyawan bisa beristirahat sejenak dari pekerjaan dan menikmati kebersamaan yang didapatkan bersama karyawan lain.

Manfaat merayakan kesuksesan karyawan

2. Mempromosikan Budaya Perusahaan

Acara perayaan kecil dengan berbagai macam games atau sajian menarik bisa dijadikan ajang promosi budaya perusahaan. Pihak manajemen memperlihatkan bahwa perusahaan menghargai semua jerih payah yang karyawan lakukan. Di sisi lain, karyawan merasa senang karena dianggap sebagai bagian keluarga. Dalam acara tersebut, karyawan juga bisa saling bercerita tentang moto hidup, pengalaman kerja, dan lainnya untuk memotivasi karyawan lain.

3. Membuat Karyawan Merasa Dihargai

Apapun jabatan karyawan, merayakan kesuksesan itu penting dilakukan. Pengakuan yang diberikan oleh atasan, level manajerial, atau CEO membuat karyawan bangga terhadap dirinya sendiri. Penghargaan yang diberikan bisa dalam bentuk, pemberian ucapan terima kasih yang dikirim ke semua email karyawan. Atau, mengumumkan keberhasilan suatu tim dalam acara town hall. Bentuk hadiahnya bisa berupa tambahan cuti, pernak pernik atau aksesoris, gadget, uang tunai, dan lain sebagainya.

Menghargai kesuksesan karyawan di kantor

4. Meningkatkan Produktivitas

Merayakan kesuksesan karyawan punya dua keunggulan, yaitu membuat karyawan yang bersangkutan merasa dihargai kerja kerasnya dan membuat karyawan lain termotivasi. Saat perayaan tidak jarang suatu tim mengajak tim lain ikut serta. Di momen ini, karyawan yang kinerjanya belum maksimal bisa termotivasi untuk mendapatkan seperti karyawan berprestasi lain dapatkan. Karyawan yang berprestasi juga akan lebih semangat karena tahu semua usaha kerasnya akan diganjar penghargaan.

5. Mendorong Kreativitas Karyawan

Karyawan yang termotivasi dan semangat akan berusaha lebih keras untuk melahirkan inovasi. Setiap acara perayaan memberi dukungan untuk karyawan saat bekerja. Mereka jadi lebih percaya diri untuk melahirkan ide baru dalam menyelesaikan masalah di tempat kerjanya. Sebagai contoh, karyawan bisa kontribusi membangun tim lain untuk meningkatkan produktivitas demi mendapat penghargaan di masa depan.

6. Meningkatkan Kepuasan Kerja

Budaya merayakan kesuksesan untuk karyawan berprestasi membuat karyawan kunci di perusahaan bisa lebih betah. Acara perayaan walaupun sederhana bentuknya membuat karyawan bisa menikmati lingkungan kerja yang bersahabat bagaikan di rumah. Langkah ini juga membuat karyawan lebih dekat dengan atasan. Sehingga dapat mengurangi jarak antara bawahan dan atasan. Ke depannya karyawan bisa lebih percaya diri mengemukakan ide baru yang membuat perusahaan bekerja lebih produktif.

Penghargaan untuk karyawan berprestasi

7. Membangun Reputasi Positif bagi Perusahaan

Karyawan yang mendapat penghargaan kerap membagikan kebahagiaannya di media sosial. Postingannya mungkin akan dilihat teman-teman atau saudaranya yang bekerja di tempat lain. Semakin banyak karyawan yang berbagi momen bahagianya di sosmed dapat meningkatkan nama baik perusahaan Anda. Orang-orang di luar organisasi akan memandang perusahaan Anda sangat menghargai apa yang dilakukan anak buahnya.

Penghargaan yang Bisa diberikan ke Karyawan Berprestasi

Penghargaan yang diberikan saat acara perayaan kesuksesan tidak harus selalu mahal. Anda bisa lebih kreatif untuk memberikan penghargaan yang pantas dengan menyesuaikan budget perusahaan Anda. Contohnya sebagai berikut:

  • Cuti tambahan
  • Pengumuman di Email
  • Piagam atau sertifikat
  • Liburan bersama tim dan keluarga
  • Makan malam bersama CEO dan tim
  • Kenaikan jabatan
  • Uang tunai
  • Tambahan tunjangan karyawan
  • Tiket konser atau voucher belanja
  • Pelatihan gratis.

Leave a Reply