Tips & Tutorial

Mengenal Definisi, Bagian, dan Macam Model Bisnis

Apabila Anda sekarang terpikir untuk memulai usaha, alangkah baiknya memahami Model Bisnis terlebih dahulu. Dalam berbisnis terdapat beberapa model yang pelaku usaha harus pahami agar bisa mengidentifikasikan sebuah produk, anggaran operasional, sampai dengan target pasar dengan baik.

Model Bisnis

Definisi Business Model atau Model Bisnis

Business model atau model bisnis merupakan sebuah konsep atau model dasar yang memberikan penjelasan bagaimana sebuah usaha dapat memberikan keuntungan. Bisnis merupakan aktivitas yang benar benar kompleks dan tidak akan berjalan tanpa sebab, arah, dan tujuan.

Apabila seorang pelaku usaha memahami betul modelnya maka penentuan target pasar dan juga potensi mendapatkan keuntungan lebih besar akan tercipta. Perlu Anda pahami jika Business model sangat berbeda dengan business plan. Model lebih fokus untuk dapatkan profit atau keuntungan.

Menariknya lagi jika Anda menjalankan usaha dengan memahami betul model bisnis, maka produk dan jasa bisa tampil berbeda dari competitor. Kondisi ini tentu akan sangat menguntungkan dari berbagai segi khususnya peluang mendapatkan ketertarikan dari calon pelanggan.

Bagian-Bagian dalam Model Bisnis

Peran model bisnis untuk mengoptimalisasi aktivitas perdagangan memang harus pelaku usaha pahami dengan benar. Hal ini sangat penting agar tidak salah menerapkanya. Dalam prakteknya model dapat seseorang bedakan menjadi tiga bagian yaitu :

  • Jenis Produk produk yang dihasilkan serta kapasitas tenaga kerja dalam memproduknya
  • Strategi marketing atau pemasaran yang pelaku usaha lakukan meliputi distribusi, pengiriman, sampai proses penjualan
  • Strategi metode pembayaran dari pelanggan untuk setiap harga produk

Berdasarkan tiga bagian tadi, bisa dikatakan model bisnis memang punya peran krusial dalam aktivitas perdagangan. Bahkan usaha yang sudah berjalan dan stabil sangat membutuhkan pemahaman secara benar.

Macam Macam Model Bisnis yang Eksis Saat Ini

Mungkin Anda tidak sadar jika saat ini ada banyak sekali jenis atau macam macam model bisnis sedang orang terapkan di pasar. Pada dasarnya tidak semua pengusaha ini membuat konsepnya sendiri, kebanyakan mengikuti trend yang sudah ada dipasaran.

1. Bisnis Franchise

Franchise merupakan model bisnis yang sangat familiar dan orang mungkin tidak asing lagi. Model satu ini sering juga orang sebut dengan Waralaba. Mayoritas model ini terimplementasikan pada aktivitas usaha di restoran dan sangat jarang ada di industri jasa atau sejenisnya.

Secara sederhana model ini tidak mengharuskan seseorang untuk menciptakan konsep usaha sendiri dari awal. Pelaku usaha cukup menggunakan konsep yang sudah ada dari brand populer atau tertentu. Selanjutnya membayar uang kompensasi untuk kerja sama. Misalnya dapat Anda lihat dari aktivitas McDonalds.

2. Bisnis Marketplace

Model bisnis selanjutnya yang sekarang cukup populer adalah marketplace. Memasuki era digital seperti saat ini, model marketplace mulai berlangsung di pasaran. Marketplace sendiri merupakan jenis website bisnis yang mempertemukan penjual dan pembeli melalui internet atau online.

Pertemuan antara pedagang dan konsumen ini bisa berlangsung lewat web maupun aplikasi. Model ini memberikan konsep baru dan bisa memberikan sumber pemasukan lebih selain dari transaksi itu sendiri. Misalnya beberapa promo untuk pelaku usaha dari penyedia marketplace seperti Tokopedia maupun Shopee.

3. Bisnis Dropship

Dropship juga hadir ketika era digital semakin merajalela. Aktivitas model bisnis satu ini sangat bergantung pada kemampuan jaringan internet atau secara online. Dropship membuat pelaku usahanya tidak memerlukan toko offline.

Sebagai pelaku usaha model ini yang sering orang sebut dengan nama Dropshipper, Anda hanya perlu mempromosikan barang dari produsen tertentu. Bisa dengan memperkenalkannya langsung kepada pelanggan atau memberikan foto foto produknya. Nantinya dropshipper akan memperoleh komisi dari setiap penjualan.

4. Bisnis Subscription

Sesuai namanya model bisnis subscription ini akan mengenakan biaya kepada pelanggannya. Bisnis jenis ini akan membuat pelanggan menjadi customer tetap dan mengharuskannya mengeluar biaya berlangganan.

Konsep subscription atau langganan ini dapat mempertahankan customer dalam jangka waktu tertentu untuk menikmati produk Anda. Durasi waktunya beraneka ragam bisa satu tahun, tiga bulan, atau satu bulan.

5. Bisnis Manufaktur

Manufaktur merupakan jenis bisnis yang berkaitan dengan perusahaan atau pabrik dalam membuat sebuah produknya hingga mendapatkan keuntungan dan profit sesuai target. Pelaku usaha manufaktur memungkinkannya berinteraksi dan menjual barangnya mulai dari konsumen sampai dengan pihak ketiga.

 

 

Leave a Reply