Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian Brand Awareness: Jenis dan Tingkatannya

Memahami pengertian brand awareness atau kesadaran merek serta mengetahui tingkatan dari brand awareness merupakan hal yang penting saat Anda hendak menjual produk yang Anda miliki. Suatu produk, baik berupa barang atau jasa perlu memiliki brand awareness yang baik agar dapat dikenali oleh audiens, dalam hal ini calon pelanggan atau pembeli.

Dalam artikel kali ini kita akan membahas mengenai pengertian dari brand awareness atau kesadaran merek, serta apa saja tingkatan – tingkatan brand awareness yang dimiliki oleh audiens dan penjelasannya masing – masing.

Pengertian Brand Awareness

Brand Awareness atau kesadaran merek, secara singkat dapat diartikan sebagai suatu tingkatan hingga sejauh mana suatu merek dari produk dapat dikenali dengan baik oleh audiens. Brand awareness juga dapat diartikan sebagai kemampuan konsumen untuk langsung mengenali dan mengingat suatu merek hanya dengan melihat ciri khas tertentu, seperti warna, logo, gambar, musik, jingle dan lainnya.

pengertian brand awareness

Contoh paling mudah dari brand awareness adalah bagaimana kita dapat mengenali produk laptop dengan logo apel digigit adalah produk Apple, yaitu MacBook. Atau bagaimana kita dapat mengenali suatu produk makanan atau minumanan dari bentuk desain bungkus atau kalengnya.

Fungsi dari Brand Awareness

Brand awareness atau kesadaran merek merupakan hal yang penting bagi suatu perusahaan atau saat Anda hendak menjual suatu produk. Semakin mudah produk Anda dikenali atau dengan kata lain semakin baik brand awareness produk yang Anda miliki, akan semakin mudah mempengaruhi keputusan pembelian konsumen.

Kesadaran merek mendorong konsumen untuk memilih dan melakukan pembelian pada merek yang lebih dikenalnya. Semakin dikenal suatu produk oleh seorang konsumen, semakin tinggi preferensi konsumen untuk memilih merek tersebut.

Apabila produk Anda tidak dikenali atau tidak diketahui oleh konsumen, maka produk Anda akan mudah dilupakan, terlebih bila kategori produk Anda banyak pesaingnya.

Tingkatan Kesadaran Merek Pelanggan

Setelah memahami pengertian dan pentingnya brand awareness atau kesadaran merek untuk suatu produk, selanjutnya Anda perlu mengetahui berbagai tingkatan dari brand awareness atau kesadaran merek. Ada beberapa tingkatan dari brand awareness yaitu:

tingkatan brand awareness

Ketidaksadaran Merek (Unaware)

Adalah tingkatan paling dasar dimana konsumen atau audiens dari suatu produk atau merek masih tidak tahu atau tidak menyadari adanya suatu merek. Pada tahapan ini dapat dikatakan konsumen masih belum mendapat informasi yang mencukupi akan produk atau merek tersebut.

Brand Recognition

Pengakuan merek atau brand recognition adalah suatu tahapan atau tingkatan dimana audiens atau konsumen sudah aware dan mengetahui adanya suatu merek akan tetapi masih sulit untuk mengingatnya dengan baik. Audiens dapat mengenali suatu merek ketika melihat visual dari produk itu seperti tampilan, logo, slogan, ataupun warna.

Brand Recall

Tingkatan kesadaran merek yang mengacu pada kemampuan konsumen untuk mengingat nama sebuah merek dari memori mereka berdasarkan kategori produk. Pada tingkatan ini, konsumen cukup mendengar kategori produk atau melihat sekilas produk yang mereka butuhkan untuk mengingat merek produk tersebut.

Dapat dikatakan pada tahapan ini konsumen sudah menyimpan memori akan merek produk Anda dalam ingatan mereka dan dapat dengan mudah mengingatnya saat dihadapkan pada suatu kondisi. Misalnya saja, banyak dari kita akan cenderung membeli merek yang kita ingat dan kenal baik saat hendak membeli produk tertentu seperti Asus, HP, Lenovo untuk Laptop, atau Samsung, Apple untuk Smartphone.

Top Of Mind

Adalah tingkatan tertinggi dari brand awareness yang mengacu pada brand atau produk tertentu yang muncul pertama kali di pikiran konsumen saat mereka sedang memikirkan industri atau kategori tertentu.

Demikian pengertian dari brand awareness beserta tingkatan brand awareness dan penjelasannya. Anda perlu membangun brand awareness dari produk yang hendak Anda jual secara bertahap agar produk Anda mudah dikenali dan diingat oleh calon pembeli. Semakin tinggi dan baik brand awareness akan produk Anda, semakin besar produk Anda diingat, dijadikan preferensi dan dibeli oleh pelanggan.

Leave a Reply