Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Pengertian dan Perbedaan Sinar UVA, UVB, dan UVC

Perbedaan sinar UVA, UVB dan UVC mungkin banyak yang belum mengetahuinya. Banyak dari kita hanya mengetahui bahwa radiasi sinar matahari yaitu sinar ultraviolet (UV) berbahaya untuk kulit. Oleh karenanya kita disarankan untuk memakai sunblock atau sunscreen saat beraktivitas di luar ruangan.

Banyak produk sunscreen atau sunblock memberikan perlindungan akan sinar UVA dan UVB. Paparan radiasi matahari atau sinar ultraviolet ke kulit yang tidak dilindungi sunblock atau sunscreen dapat menyebabkan kulit terbakar hingga meningkatkan risiko kanker kulit. Sebenarnya apa perbedaan dari masing – masing sinar UVA, UVB, dan UVC?

Manfaat Kesehatan Sinar Ultraviolet

Tidak selamanya terkena paparan sinar matahari bersifat bahaya atau merusak. Sinar matahari juga berperan dalam membentuk vitamin D dalam tubuh. Oleh karenanya kita terutama anak – anak sering dianjurkan untuk berjemur  selama 10 – 20 menit pada saat pagi hari, terutama antara pukul 7 – 9 pagi.

Waktu ini cocok karena panas matahari belum terik serta radiasi sinar UVA dan UVB matahari yang belum terlalu banyak. Vitamin D berperan dalam hal pembentukan tulang.

Perbedaan Sinar UVA, UVB

Istilah UVA dan UVB merupakan dua istilah sinar radiasi matahari yang cukup umum dikenal. Banyak produk sunblock dan suncreen yang menawarkan perlindungan akan 2 sinar ini. Kedua sinar ini memberikan efek yang buruk untuk kulit apabila kulit terpapar cukup lama akan dua sinar ini.

Sinar UV A memiliki gelombang yang lebih panjang dibanding sinar UV B dan UV C. Sinar UV A bersifat menembus hingga lapisan dermis dan merusak struktur di dalam kulit. Efek dari sinar UV A cenderung muncul dalam jangka waktu yang lama atau perlahan, misalnya penuaan dini, kulit kendur serta meningkatkan risiko penyakit kulit.

perbedaan sinar uva uvb uvc

Sedangkan sinar UV B memiliki gelombang yang lebih pendek dari sinar UV A dan biasanya akibat dari terpapar sinar UV B cenderung terlihat dalam waktu pendek. Misalnya saja kulit menjadi terbakar, kulit kemerahan, iritasi.

Apa itu Sinar UV C?

Anda tentu bertanya mengapa produk tabir surya semacam sunblock atau sunscreen hanya memberikan perlindungan akan sinar UV A dan UV B saja? Bagaimana dengan sinar UV C?

Sinar UV C sendiri adalah sinar ultra violet dengan panjang gelombang yang terpendek di antara ketiganya. Hal ini menyebabkan sinar UV C tidak akan sampai ke permukaan bumi karena terhalang oleh lapisan ozon.

Oleh karenanya, banyak produk tabir surya yang diformulasikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV A dan UV B saja.

Leave a Reply