Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Pengertian, Fungsi dan Jenis Akuntansi

Tidak banyak dari kita yang mengetahui ada banyak fungsi dan jenis akuntansi yang dipakai dalam suatu industri atau perusahaan. Seringkali kita menganggap akuntasi yang digunakan di suatu perusahaan akan sama dengan jenis akuntansi yang digunakan di perusahaan lain. Akan tetapi, penggunaan suatu jenis akuntasi biasanya didasarkan pada jenis dan bidang industri dari suatu perusahaan.

Agar lebih jelas memahami tentang akuntansi yang digunakan dalam suatu perusahaan dan industri, pada artikel ini kita akan membahas secara singkat mengenai pengertian akuntansi, fungsi akuntansi bagi perusahaan serta jenis – jenis akuntansi yang umum digunakan.

Pengertian Akuntansi

Secara sederhana, akuntansi dapat diartikan sebagai proses mencatat, mengelompokkan, menganalisis, dan mengkomunikasikan informasi keuangan suatu entitas kepada pihak-pihak yang berkepentingan. Baik itu perusahaan, organisasi nirlaba, atau individu.

Menurut American Accounting Association (AAA), akuntansi adalah sistem pengidentifikasian dan pengukuran untuk memberikan laporan informasi ekonomi dan penilaiannya. Tujuannya ialah untuk melakukan perhitungan secara periodik pada suatu usaha atau pengeluaran terhadap hasil yang dicapai.

fungsi dan jenis akuntansi

Manfaat Akuntansi

Akuntansi umum dan banyak digunakan dalam dunia bisnis, baik oleh perusahaan kecil hingga perusahaan besar. Adapun sejumlah fungsi Akuntansi untuk bisnis antara lain:

Data Untuk Kepentingan Internal

Akuntansi dapat menyajikan sejumlah data yang penting untuk keperluan internal perusahaan seperti perencanaan mengenai strategi perusahaan, pertumbuhan perusahaan dan pertumbuhan keuangan perusahaan.

Data Untuk Investor

Akuntansi dapat menunjukkan posisi perusahaan, bagaimana kinerjanya, sehingga pihak investor bisa memberikan keputusan yang benar.

Dasar Penilaian untuk Mendapat Pinjaman

Mirip dengan data untuk investor, data dan kinerja yang tercermin dalam laporan akuntansi perusahaan juga menjadi dasar penilaian dari bank apabila perusahaan hendak mengajukan bantuan modal atau pinkaman.

Melacak Pembayaran

Akuntansi dapat membantu perusahaan dalam mencatat piutang dan hutang usaha dari penjualan yang terjadi. Dengan adanya akuntansi serta pencatatan keuangan, perusahaan atau bisnis dapat mempertanggungjawabkan keuangannya kepada pihak yang berkepentingan.

fungsi akuntansi

Fungsi dan Jenis Akuntansi

Penggunaan suatu jenis akuntasi biasanya didasarkan pada jenis dan bidang industri dari suatu perusahaan. Berikut ini beberapa jenis akuntansi:

Akuntansi Keuangan (General Accounting / Financial Accounting)

Adalah jenis akuntansi yang paling umum dan banyak digunakan dalam suatu perusahaan. Pada akuntansi jenis ini terdapat aktivitas pencatatan dan penyajian laporan keuangan dalam satu periode. Jenis akuntansi ini fokus pada penyusunan laporan keuangan, seperti laporan laba rugi, neraca, dan laporan arus kas.

Akuntansi Manajemen (Management Accounting)

Akuntansi manajemen berfokus pada menyediakan informasi keuangan dan non-keuangan yang relevan bagi manajemen dalam pengambilan keputusan internal. Laporan keuangan dan non keuangan pada akuntansi manajemen sifatnya rahasia dan hanya diperuntukkan untuk pihak internal perusahaan / manajemen saja.

Akuntansi Biaya (Cost Accounting)

Akuntansi biaya merupakan akuntansi yang dapat digunakan untuk mengelola berbagai hal terkait biaya perusahan. Dengan adanya akuntansi ini, sebuah perusahaan dapat mengendalikan dan merencanakan biaya operasionalnya.

Perusahaan yang menjalankan usaha dalam bidang produksi umum menggunakan jenis akuntansi ini untuk mencatat biaya produksi seperti biaya bahan baku, overhead hingga biaya tenaga kerja.

Akuntansi Pajak (Tax Accounting)

Akuntansi pajak adalah jenis akuntansi yang berhubungan dengan perhitungan pajak. Akuntansi ini digunakan untuk menghitung dan menetapkan jumlah pajak terutang yang harus ditanggung oleh perusahaan.

Akuntansi Pemeriksaan (Auditing)

Adalah jenis akuntansi yang digunakan untuk audit atau melakukan pemeriksaan transaksi dan laporan keuangan. Hasil pemeriksaan dari akuntansi ini dijadikan dasar untuk memberikan penilaian dan opini atas kelayakan dari laporan keuangan yang diperiksa.

Demikian penjelasan mengenai pengertian dan fungsi dari akuntansi serta penjabaran mengenai jenis – jenis akuntansi yang umumnya terdapat dan digunakan oleh perusahaan dalam dunia bisnis dan usaha.

Leave a Reply