Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Pengertian NPWP Badan dan Fungsi NPWP Badan

Mengetahui pengertian NPWP Badan dan apa saja fungsi NPWP Badan penting bagi Anda yang hendak memulai suatu usaha atau bisnis. Seperti yang kita ketahui, NPWP berfungsi sebagai identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakan di Indonesia.

Dapat dikatakan fungsi utama dari NPWP adalah sebagai media atau administrasi perpajakan. Setiap wajib pajak di Indonesia wajib memiliki NPWP, terlepas apakah wajib pajak itu merupakan wajib pajak orang pribadi atau badan.

Jika pada artikel sebelumnya kita membahas mengenai NPWP untuk wajib pajak orang pribadi, maka pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai wajib pajak badan dan apa saja fungsi bagi suatu usaha atau bisnis (perusahaan) untuk memiliki NPWP.

Pengertian NPWP Badan

Jika NPWP Orang Pribadi (NPWP OP) atau NPWP Perorangan adalah NPWP yang dimiliki per-individu oleh setiap orang yang sudah memiliki pekerjaan atau berpenghasilan tetap di Indonesia, maka lain halnya dengan NPWP Badan.

NPWP Badan adalah Nomor Pokok Wajib Pajak yang dimiliki oleh seluruh badan, perusahaan, atau lembaga yang memiliki penghasilan di dalam wilayah Indonesia. Bagi Anda yang ingin membuka usaha atau mendirikan perusahaan, Anda wajib mendaftarkan NPWP Perusahaan Anda ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) sesuai lokasi perusahaan Anda berada.

fungsi npwp badan

Kategori Usaha dalam Pembuatan NPWP

Dalam membuat NPWP Badan, Anda perlu memperhatikan terlebih dahulu jenis – jenis NPWP Badan dan juga kategori perusahaan yang Anda miliki. Masing – masing kategori perusahaan memiliki persyaratan yang berbeda dalam membuat NPWP Badan. Adapun kategori badan usaha yang dimaksud yaitu:

  1. Badan Usaha Berorientasi Laba (Profit-Oriented)
  2. Badan Usaha Tidak Berorientasi Laba (Non Profit)
  3. Badan Usaha Operasi Kerjasama (Joint Operation)

Fungsi NPWP Badan

Fungsi utama dari NPWP adalah sebagai media atau administrasi perpajakan. Sama halnya dengan NPWP untuk orang pribadi atau NPWP OP, tidak hanya sebagai kewajiban, NPWP Badan Usaha juga memiliki banyak fungsi dan manfaat seperti:

Syarat Membuat Surat Izin Usaha

NPWP Badan diperlukan sebagai salah satu dokumen persyaratan dalam membuat Surat Izin Usaha Perdagangan. Setiap bisnis diwajibkan membayar pajak, sehingga jika Anda tidak memiliki NPWP, maka proses pengurusan legalitas akan terhambat.

Membuat Rekening Bank

Jika Anda hendak membuat rekening bank atas nama perusahaan, sama halnya ketika membuka rekening pribadi, Anda akan diminta untuk melampirkan NPWP. Hal ini sebagai salah satu cara untuk mencegah tindakan money laundering.

Sebagai Syarat Pengajuan Kredit

Semakin berkembangnya bisnis dan usaha yang Anda miliki, tentu diperlukan modal tambahan untuk mengembangkan bisnis dan usaha yang Anda miliki. Salah satu sumber modal yang bisa Anda gunakan adalah kredit dari bank. NPWP menjadi salah satu syarat pengajuan kredit kepada bank atau lembaga keuangan

Pengajuan Restitusi dan Pengurangan Pajak

Wajib pajak diperbolehkan untuk melakukan pengajuan keberatannya berkenaan dengan jumlah pajak yang mesti dibayarkan apabila dirasa ada kekeliruan atau keberatan. Salah satu persyaratan pengajuan keberatan ini adalah diperlukan NPWP.

Selain itu NPWP juga berguna untuk pengajuan restitusi atau kelebihan pembayaran pajak dari jumlah yang seharusnya. NPWP menjadi salah satu syarat utama untuk mengurus restitusi pajak atau mengambil kembali kelebihan uang yang dibayarkan.

Demikian pengertian NPWP Badan dan fungsi dari NPWP Badan. Apabila Anda hendak memulai bisnis dan usaha, pastikan Anda tidak lupa untuk mengurus NPWP Badan dari usaha atau perusahaan yang Anda miliki.

Leave a Reply