Info Bisnis

Pengertian Risiko Bisnis dan Contoh Jenisnya

Dalam menjalankan suatu bisnis atau usaha, terdapat risiko bisnis yang tidak dapat dihindari oleh pelaku usaha. Adapun risiko bisnis ini terdapat berbagai jenisnya, baik risiko yang bisa diprediksi maupun risiko yang tidak terduga. Memahami pengertian risiko bisnis dan apa saja jenisnya dapat membantu Anda untuk menghindari atau meminimalisir dampak dari risiko tersebut.

Risiko memang merupakan hal yang wajar dalam kegiatan bisnis.  Untuk itu, penting untuk memahami apa itu risiko atau dan jenis-jenis risiko dalam bisnis. Dengan mengetahui berbagai jenis risiko tersebut dapat membantu pelaku usaha membuat rencana menghadapi atau mengatasinya. Apabila risiko tersebut tidak dapat dihindari, maka kerugian yang ditimbulkan dapat diminimalisir.

Pada artikel kali ini kita akan membahas pengertian dari risiko bisnis dan apa saja contoh serta jenis – jenis dari risiko bisnis yang mungkin dihadapi pelaku usaha.

Pengertian Risiko Bisnis

Risiko bisnis secara sederhana dapat diartikan sebagai sejumlah ancaman atau tantangan yang dapat mengancam perusahaan atau suatu bisnis dan usaha. Risiko bisnis biasanya dapat menimbulkan potensi kerugian serta ancaman berupa kebangkrutan.

Risko bisnis sendiri sifatnya dapat berupa risiko eksternal maupun risiko yang berasal dari internal. Risiko internal adalah sejumlah risiko yang muncul dari dalam suatu perusahaan atau dari suatu bisnis atau usaha itu sendiri. Sedangkan risiko eksternal adalah risiko yang berasal dari luar perusahaan atau suatu bisnis dan usaha.

pengertian risiko bisnis

Jenis Risiko Bisnis dan Contohnya

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, risiko bisnis dapat terbagi menjadi risiko internal dan juga risiko eksternal. Berikut ini merupakan beberapa contoh dari jenis – jenis risiko yang mungkin dihadapi perusahaan maupun oleh pelaku usaha dalam membangun bisnis dan usaha:

Risiko Operasional

Risiko operasional adalah risiko yang muncul karena setiap bagian-bagian di usaha tidak menjalankan fungsi dan perannya dengan baik. Risiko ini merupakan risiko internal karena berasal dari operasional perusahaan.

Misalnya saja, terdapat kesalahan dari karyawan atau SDM perusahaan yang menyebabkan kerugian bagi perusahaan. Adanya kesalahan dalam proses manufaktur sehingga perusahaan mengalami kerugian, dan lainnya.

Risiko Finansial

Merupakan risiko yang lebih mengacu secara khusus terhadap arus masuk dan keluar uang dalam perputaran bisnis Anda. Risiko finansial sendiri dapat dikatakan merupakan risiko internal maupun risiko eksternal.

Misalnya saja risiko finansial dapat terjadi karena pihak mitra atau pelanggan bisnis dan usaha Anda gagal melakukan pembayaran atau utang yang tidak dapat ditagih. Selain itu risiko finansial juga dapat terjadi bila perusahaan gagal bayar atas utang bisnis atau perusahaan Anda di Bank.

Market Risk

Risiko Pasar atau Market Risk adalah risiko eksternal yang terjadi akibat adanya perubahan secara cepat dalam kondisi pasar. Hal ini dapat dicontohkan dengan risiko pada bisnis atau usaha makanan dan minuman.

Bisnis dan usaha ini seringkali didasarkan pada kondisi tren atau kekinian seperti minuman kopi kekinian atau minuman Boba. Apabila tren sudah berlalu, dapat menimbulkan risiko makan dan minuman sudah tidak digemari lagi.

Risiko Strategik

Adalah risiko yang mungkin terjadi akibat kesalahan dalam pengambilan keputusan perusahaan terutama keputusan yang menyangkut langkah strategik perusahaan. Salah dalam memutuskan arah perusahaan atau strategi yang akan diterapkan dapat menimbulkan kerugian.

Demikian penjelasan mengenai contoh dan jenis – jenis risiko bisnis yang mungkin dihadapi perusahaan serta suatu bisnis dan usaha. Risiko dalam suatu bisnis atau usaha tidak dapat dihindari. Namun dengan manajemen risiko yang tepat, potensi kerugian serta ancaman dari risiko tersebut dapat diminimalisir.

Leave a Reply