android tv
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Apa Perbedaan Smart TV dan Android TV

Saat hendak membeli TV baru, seringkali kita bingung akan perbedaan smart tv dan android tv. Apakah keduanya sama atau merupakan tv dengan spesifikasi dan fitur yang berbeda.

Semakin majunya teknologi tentu membuat kita menjadi sulit dalam memilih TV mulai dari jenis tv (LCD, LED, OLED, dll), ukuran tv, resolusi (FHD, UHD, 8K), hingga fitur seperti smart tv atau android tv. Dalam artikel ini akan dibahas mengenai perbedaan smart tv dan android tv sehingga Anda tidak bingung lagi saat memilih TV.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Membeli TV

Sebelum kita membahas mengenai smart tv dan android tv, umumnya saat membeli TV akan ada beberapa faktor yang perlu Anda perhatikan saat memilih TV. Misalnya saja:

  1. Ukuran TV
  2. Resolusi TV
  3. Teknologi tampilan TV
  4. Teknologi kualitas gambar
  5. Sistem Operasi / software

Beberapa faktor diatas bersifat universal dan menjadi faktor yang perlu dipertimbangkan terlepas dari apapun merek tv yang Anda beli, baik itu TV Samsung, LG, Sony, Toshiba dan lainnya.

Ukuran TV merupakan yang paling umum dan faktor utama yang perlu dipertimbangkan. Seberapa besar TV yang Anda mau beli. Tentunya ini perlu disesuaikan dengan tempat dan dimana Anda akan menaruh TV tersebut.

Untuk ruang tamu, Anda dapat memilih TV ukuran mulai dari 43 inch, 50 inch, 55 inch misalnya. Sedangkan untuk kamar, Anda dapat memilih TV dengan ukuran antara 32 inch hingga 43 inch.

Tentunya ukuran yang berbeda berarti dimensi ukuran yang berbeda pula untuk TV tersebut. Perhatikan ukuran atau luas area / meja TV tempat Anda akan menaruh TV tersebut.

Pilihan selanjutnya adalah resolusi. Resolusi menentukan seberapa tajam dan detil kualitas dari tampilan TV tersebut. Umumnya pilihannya adalah Full HD, 4K Ultra HD hingga 8K.

Yang perlu diingat disini adalah resolusi yang sama belum tentu berarti kualitas yang sama pada ukuran TV berbeda. Misalnya saja resolusi Full HD akan terlihat detil dan tajam pada TV ukuran 32 ataupun 40 inch, namun tidak terlalu detil pada ukuran TV 55 inch atau 65 inch.

resolusi tv

Teknologi tampilan TV lebih merujuk kepada jenis TV tersebut apakah TV LCD, LED, ataupun OLED. Umumnya ini lebih ke arah teknologi yang digunakan pada layar TV untuk menampilkan gambar dan masing – masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Misalnya TV OLED yang lebih mahal dari TV LCD / LED, namun memiliki kontras yang lebih baik. Teknologi tampilan TV baik LCD, LED atau OLED umumnya ditunjang dengan teknologi atau fitur kualitas gambar pada masing – masing TV sehingga umumnya perbedaan detil antara masing – masing jenis TV tidak terlalu ketara atau sulit dibedakan.

Pertimbangan terakhir adalah software atau sistem yang digunakan. TV modern saat ini umumnya merupakan Smart TV ataupun Android TV. Lantas apa bedanya?

Perbedaan Smart TV dan Android TV

Secara singkat dapat dikatakan Android TV adalah Smart TV. Tetapi tidak semua Smart TV adalah Android TV.

Smart TV sendiri adalah sebutan untuk TV yang dilengkapi fitur selain untuk menonton siaran atau channel TV biasa. Pada Smart TV, Anda dapat terhubung dengan internet, mengakses netflix, youtube, facebook.

perbedaan smart tv dan android tv

Terlepas dari apapun sistem operasinya, selama TV tersebut dapat digunakan untuk mengakses konten online, maka TV tersebut dikatakan Smart TV. Beberapa jenis sistem operasi misalnya:

  1. Smart TV Samsung menggunakan Tizen OS
  2. LG Smart TV menggunakan WebOS

Namun baik Samsung, LG, hingga merek TV seperti Sony atau Toshiba juga menggunakan Android TV sebagai platform atau sistem operasi pada TV nya. TV yang menggunakan OS Android TV inilah yang disebut dengan Android TV.

Baik Smart TV ataupun Android TV memungkinkan Anda untuk mengakses konten online serta menggunakan apps yang terdapat pada platform TV tersebut, seperti Youtube, Netflix, Hulu, dll.

android tv

Umumnya perbedaannya hanya pada tampilan antarmuka antara Android TV maupun Smart TV dengan OS lain. Selain itu TV dengan OS Android juga menawarkan apps yang lebih banyak serta update firmware yang lebih rutin dibandingkan dengan TV dengan OS tertentu seperti Tizen atau WebOS.

Dengan ini tidak perlu bingung lagi akan perbedaan dari Smart TV dan Android TV.

Leave a Reply