Tips KKN
LabInc Kampus Merdeka

7 Tips Sukses Menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

KKN, apakah kalian pernah mendengar kata tersebut, atau sudah pada tau apa itu KKN. Kegiatan KKN juga pernah loh dijadikan film dan menjadi salah satu film terlaris di Indonesia. Nah, pada artikel ini Bhinneka akan membahas pengertian KKN dan bagaimana tips sukses menjalakan KKN.

Selamat membaca B’Nerz

Pengertian KKN

KKN atau singkatan dari Kuliah Kerja Nyata merupakan suatu kegiatan akademik berupa pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa dengan masa waktu 1 bulan ataupun lebih tergantung kebijakan universitas masing-masing.

Tips KKN

Program KKN sendiri telah dijalankan sejak tahun 1971/1972. Awalnya, kegiatan KKN ini hanya diadakan di tiga perguruan tinggi, yakni Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Hasanuddin, dan Universitas Andalas.

Namun saat ini kuliah kerja nyata sudah dijalankan seluruh universitas di Indonesia sebagai wujud menjalalankan Tri Darma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat.

Umumnya, program KKN ini dilakukan oleh mahasiswa yang telah menempuh 100 sks atau terkadang diambil oleh mahasiswa semester 5 ke atas tergantung kebijakan kampus masing-masing. Di KKN ini mahasiswa nantinya akan dibentuk kelompok dan melakukan mengabdian di desa, berdasarkan penempatan masing-masing.

7 Tips Sukses Menjalankan Kuliah Kerja Nyata (KKN)

Banyak manfaat saat menjalani kuliah kerja nyata seperti meningkatkan kemampuan bekerja tim, public speaking, kepemimpinan, administrasi sampai beradaptasi dengan lingkungan baru. Berikut beberapa tips sukses yang dapat kamu terapkan saat menjalani kuliah kerja nyata.

1. Persiapan Diri

Tentunya persiapan diri harus sangat matang dan baik, kita harus memiliki niat yang baik serta tujuan yang baik saat melakukan pengabdian masyarakat. Dengan niat yang baik pula mudah-mudahan apa yang nantinya dijalankan dapat terlaksana dengan baik pula.

Selain itu, siapkan juga keperluan sehari-hari kita yang nantinya akan digunakan dilokasi seperti, pakaian serta perlengkapan-perlengkapan yang nantinya dapat menunjang berjalannya pengabdian tersebut.

Kemudian jangan terlalu membawa barang berlebihan dan jangan lupa membawa uang saku saat menjalani pengabdian tersebut.

2. Mengikuti Pembekalan KKN

Sebelum melakukan pelepasan dan keberangkatan mahasiswa KKN, biasanya universitas mengadakan pembekalan. Pembekalan sangatlah bermanfaat, karena saat acara pembekalan kamu bisa mendapatkan berbagai informasi penting untuk membantumu menjalani proses kuliah kerja nyata.

Salah satunya yaitu informasi tempat dan kapan KKN akan dilaksanakan, pembagian kelompok, siapa saja teman KKN kamu, anggaran pembiayaan, program apa yang akan diterapkan, publikasi kegiatan dan apa tugas utama kamu selama mengikuti KKN.

3. Survey Lokasi

Sebelum melakukan kuliah kerja nyata baiknya kamu mengetahui lokasi, kemudian bahasa, lingkungan sekitar, pendidikan dan budaya serta mata pencarian yang ada dilokasi tersebut. Sehingga hal ini dapat mempermudah kamu merancang program kerja pengabdian tersebut.

4. Persiapkan Program Kerja

Tips KKN yang ke 4 ini sangat mempengaruhi jalannya KKN, setelah melakukan survey tentunya akan mempermudah proses pembuatan program kerja. Salah satu tujuan kuliah kerja nyata adalah bisa bermanfaat untuk membantu warga dengan program kerja yang telah dibuat.

Misalnya saja kamu ingin membangun plang nama jalan atau memberikan edukasi dan pengetahuan mengenai kerajinan tangan, ataupun pengolahan daur ulang kepada warga setempat.

Oleh karena itu, sebelum berangkat kuliah kerja nyata, jangan lupa untuk menyiapkan proyek ini dengan sebaik mungkin ya. Program ini juga biasanya akan kamu jalankan bersama kawan-kawan KKN lain yang berbeda jurusan denganmu.

Selain menerapkan program yang memang sudah dirancang bersama teman kelompok, kamu juga bisa memberikan ilmu yang bisa bermanfaat untuk warga sekitar, terlebih jika kamu KKN di daerah 3T (Tertinggal, Terdepan, dan Terluar).

Misalnya selama KKN, kamu ingin memberikan pengetahuan tentang bahasa Inggris kepada anak-anak sekolah, mengajar ngaji atau melakukan sosialisasi kepada warga sekitar tentang bahaya narkotika.

5. Mempelajari Bahasa dan Budaya

Indonesia memiliki banyak bahasa dan budaya daerah, selain itu apabila kamu ditempatkan di daerah yang belum pernah kamu datangi tentunya hal ini sangat perlu diterapkan.

Selain itu, berbicara dengan bahasa daerah setempat biasanya bisa membuat warga di lokasi KKN menjadi lebih menghargai dan menghormati kepadamu. Jadi, kamu bisa lebih nyaman dalam beraktivitas.

Kemudian, apabila kamu mempelajari budaya dilokasi penempatanmu, kamu akan mudah beradaptasi serta dapat mengikuti kegiatan pengabdian dengan mudah.

6. Persiapkan Jadwal Kegiatan

Jadwal kegiatan saat KKN tidak boleh terlewatkan, karena jadwal kegiatan bisa bermanfaat untuk membuat masa pengabdian yang akan kamu jalani terasa sangat berguna. Beberapa kegiatan yang sebaiknya selalu ada dalam daftar kegiatan yang bisa kamu lakukan, yaitu menjalankan program kerja yang telah disusun bersama anggota kelompok.

7. Berbaur Dengan Masyarakat Sekitar

Tips KKN yang terakhir ini sangat perlu juga diterapkan agar menunjang berjalannya program kerja yang telah kamu buat sebelumnya. Mahasiswa harus dapat berbaur ataupun berkumpul dengan warga sekitar tidak harus yang terlalu ribet, dengan  mengobrol ringan dan bertanya seputar lokasi akan membuatmu mudah dikenal dengan masyarakat tersebut.

Tips KKN berbaur dengan masyarakat

namun kamu tetap harus bersikap sopan santun agar mereka juga tetap menghargai kamu. B’Nerz itu saja pembahasan mengenai tips sukses menjalankan kuliah kerja nyata dan bagi kamu yang sedang menjalani KKN tetap semangat ya.

Apabila B’Nerz juga tertarik bagaimana mengelola bisnis silakan mengunjungi laman ini

Leave a Reply