PC & Laptop Review Produk

Review ASUS Chromebook CM3000 Detachable (Spek & Fitur)

Asus sebagai brand ternama di industri pembuatan perangkat elektronik seperti notebook dan laptop terus berinovasi. Laptop Asus Chromebook Detachable CM3000 merupakan salah satu produk 2-in-1 serbaguna yang populer saat ini. Sebelum Anda membelinya ketahui dulu beberapa kemampuan dari perangkat ini lewat review ASUS Chromebook CM3000 Detachable berikut.

Tabel Spesifikasi ASUS Chromebook CM3000 Detachable

Fitur Spek
CPU MediaTek Kompanio 500(8183) 2.0 GHz (2M Cache, up to 2.0 GHz, 8 cores)
Memori 4GB LPDDR4X on board, Memory Max Up to:4GB
Penyimpanan 128G eMMC

64BG eMMC

Dimensi 25.54 x 16.72 x 0.79 ~ 0.80 cm
Berat 0.51 kg (1.12 lbs)
Layar Touch screen, 10.5-inch, WUXGA (1920 x 1200)
Kamera 2.0M camera

8.0M camera

Baterai 27WHrs, 1S2P, 2-cell Li-ion
Sistem Operasi Chrome
Konektivitas 1x USB 2.0 Type-C support display / power delivery

1x 3.5mm Combo Audio Jack

 

Laptop dengan konsep 2-in-1 satu ini memang sangat menarik karena menawarkan spesifikasi cukup mumpuni seperti pada tabel di atas. Untuk mengenal lebih dekat dengan produk satu ini, berikut review ASUS Chromebook CM3000 Detachable :

Hadir dengan Desain Portable dan Ringan

ASUS Chromebook CM3000 Detachable

CM 300 milik Asus ChromeBook ini sama dengan produk laptop 2-in-1 pada umumnya yaitu membawa bodi ringan tablet dengan keyboard bisa pengguna lepas. Tabletnya sendiri berada di sebuah bodi berbahan aluminium sehingga nyaman untuk pengguna pegang dalam melakukan berbagai aktivitas.

Sementara untuk beratnya sendiri hanya sekitar satu pon sehingga ketika Anda membawanya tidak akan kesulitan. Kickstand juga sudah terpasang dengan sangat baik serta penutup penyangganya juga berbahan luar biasa. Desain dari Asus ChromeBook ini sudah sangat mumpuni dan nyaman.

Ketahanan dan Kemampuan Baterai

Daya Tahan Baterai 12 Jam

Untuk urusan ketahanan daya, Asus Chromebook CM3000 Detachable masuk kedalam kategori yang mumpuni karena bisa bertahan cukup lama. Apabila Anda menggunakan settingan kecerahan layer sampai dengan 50%, laptop ini masih bisa hidup delapan jam tanpa colokan dengan aktivitas komputasi massif.

Baterai dari Asus Chromebook CM3000 ini sudah sangat baik untuk menangani aktivitas komputasi standar Anda seperti memutar video, melakukan pekerjaan kantor mengetik dan mencetak, serta desain grafis standar. Laptop ini sangat bisa pengguna Andalkan dalam mengerjakan berbagai hal tersebut tanpa memikirkan baterai cepat habis.

Menghadirkan Stylus

Asus Stylus

Salah satu daya Tarik dari laptop 2-in-1 milik Asus ini adalah Stylusnya. Pensil penggambar ini akan Anda dapatkan ketika membeli Asus ChromeBook CM3000 Detachable. Ketika mode Landscape terdapat sebuah slot untuk menampung Stylus di sudut kanan atas layer.

Stylus atau pensil laptop ini dapat pengguna pakai untuk berbagai kebutuhan seperti menggambar dan juga melukis. Ketika Anda mengeluarkan Stylus ini terdapat ikon kecil muncul di area sudut layer dan aktivitas desain grafis menjadi lebih mudah dan nyaman. Salah satu alasan kenapa orang banyak menggunakan Asus ChromeBook CM3000 Detachable adalah kehadiran stylus ini.

Kemampuan Prosesor ASUS Chromebook CM3000

Play & Work with Asus

CM3 hadir dengan komposisi prosesor MediaTek Komponio 500 (8183) dengan kecepatan mencapai 2.0 GHz. Untuk ukuran laptop 2-in-1 sebenarnya komposisi ini sudah sangat baik namun masih pada level tingkat pemula. Aktivitas penelusuran web, program pengolah data dan juga panggilan video maupun suara bisa berjalan dengan baik.

Akan tetapi untuk menjalankan berbagai program berat, prosessor ini belum bisa mengeksekusinnya dengan baik. Aktivitas multitasking juga pada laptop ini masih standar. Namun, secara keseluruhan, Asus Chromebook CM3000 sebenarnya sudah baik dalam menangani berbagai aktivitas komputasi standard.

Kehadiran Kamera Ganda

Kamera Ganda

Daya tarik selanjutnya yang hadir pada laptop satu ini adalah komposisi kameranya. ChromeBook menawarkan kepada penggunaannya konfigurasi kamera ganda. Untuk kamera pertama CM3 ini meletakan di area belakang dalam posisi menghadap keluar. Tujuan mode pemasangan ini adalah agar pengguna dapat menangkap isi papan tulis secara baik.

Semenara untuk kamera kedua ada di area atas layar. Posisi ini mungkin sudah familiar karena hampir semua laptop meletakan kamera utama di area ini fungsinya untuk menangkap wajah pengguna agar bisa melakukan panggilan video atau selfie. Untuk resolusinya kamera depan memiliki kemampuan 2 megapixel, semntara kemra belakang memiliki kemampuan 8 megapixel.

Leave a Reply