Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Mengenal 5 Jenis SSD: Pengertian dan Karakteristiknya

Sudah hampir puluhan tahun penggunaan media penyimpanan pada laptop atau computer umumnya menggunakan HDD atau hard disk drive. Akan tetapi seiring berjalannya perkembangan kini terdapat opsi ruang penyimpanan baru yaitu SSD. Untuk saat ini terdapat beberapa jenis SSD yang dibuat pihak produsen.

Apa itu SSD ?

SSD adalah singkatan dari solid state drive. Perangkat ini berfungsi sebagai ruang penyimpanan sama seperti HDD. Ini merupakan media penyimpanan berkapasitas tinggi dengan sistem dan konsep kerja terbaru.

SSD dapat dengan mudah menyimpan berbagai data pada laptop dan computer. Keunggulan utama kenapa orang sering menggunakan ruang penyimpanan ini adalah kecepatan aksesnya. Dengan cara kerja berbasis flash, memungkinkan pembacaan dan penulisan data pada SSD sangat cepat.

SSD sekarang mulai banyak orang gunakan sebagai ruang penyimpanan pada laptop maupun PC. Telah muncul berbagai macam tipe dari SSD di pasaran dengan harga yang cukup eksklusif. Bahkan beberapa brand teknologi besar mulai berlomba lomba menciptakan perangkat ini.

Perbedaan HDD Dan SSD

Mengenal Berbagai Jenis SSD

Untuk saat ini produk SSD mudah Anda temukan di pasaran karena memang masyarakat mulai menyukai dan banyak menggunakannya sebagai ruang penyimpanan pada komputer maupun laptop. Sekarang terdapat beberapa jenis SSD yang terjual di pasaran, berikut beberapa jenisnya :

1. Tipe SSD 2.5 Inch

Jenis SSD 2,5 inch

Salah satu tipe SSD yang mungkin paling sering orang lihat dan temukan di pasaran adalah SSD 2,5 Inch ini. Sesuai dengan namanya perangkat satu ini punya ketebalan dan format ukuran sebesar 2,5 inch, dan sering orang gunakan di laptop.

Cukup banyak orang yang sudah menggunakan tipe ini untuk menggantikan HDD pada laptop sebagai ruang penyimpanan. Kecepatan luar biasa yang SSD 2.5 Inch tawarkan, membuat pengguna atau produsen laptop mulai menggunakan pemasangan perangkat ini.

2. Tipe SSD mSATA

SSD MSATA

SSD mSATA mempunyai bentuk lebih kecil dari tipe SSD lainnya. Karena punya rancangan dan bentuk lebih kecil penggunaan SSD tipe ini sering ditemukan pada perangakat portable. Pengguna bisa melihatnya di beberapa perangkat seperti tablet dan digital scanner.

SSD jenis ini punya ukuran kurang lebih seperti kartu nama atau ID card. Keunggulan utama dari tipe ini adalah bentuknya yang mini serta konsumsi daya energi rendah. Selain itu SSD mSata juga tahan terhadap guncangan dan getaran.

3. Tipe SSD M.2 SATA

SSD M.2 SATA

Apabila Anda mencari media penyimpanan yang berkinerja tinggi dalam perangkat dengan konsumsi daya tak terbatas untuk laptop maupun tablet, opsi terbaik adalah SSD M.2 SATA. Tipe ini menawarkan kecepatan akses luar biasa dengan ukuran kecil.

Terdapat dua tipe yang bisa Anda pilih yaitu M.2 atau double-sided yang menawarkan ukuran 22 mm x 60 mm dan satunya lagi M.2 satu sisi berukuran 22 mm x 80mm. Perbedaan dari kedua produk ini terlihat dari kapasitasnya.

4. Tipe SSD PCIe

SSD PCIe

PCIe merupakan salah satu jenis SSD yang menawarkan sistem kerja berbasis PCIe, dimana proses akses data ke ruangan penyimpanan akan berjalan dengan begitu cepat. Hal ini lantaran penggunaan teknologi PCI-SIG atau Special Interest Group di dalamnya.

Sebagai salah satu teknologi terbaru dari pengembang SSD, PCIe dapat mempercepat tugas dan kinerja prosesor dalam mengakses ruang penyimpanan, di mana perangkat ini bekerja sebagai cache dan menyimpan semua data secara baik dan rapi. Kemampuannya dalam mengelola semua jenia file penyimpanan membuat SSD tipe ini menjadi andalan beberapa pihak.

5. Tipe SSD M.2 NVMe

SSD NVMe M.2

Untuk yang belum tahu NVMe merupakan singkatan dari Non-Volatile Memory Express, ini adalah standar atau protokol khusus untuk SSD dari brand terkenal seperti Dell, Samsung, sampai dengan Sandisk. NVMe memungkinkan pergerakan akses memori secara flash dan beroperasi secepat mungkin sehingga pengguna dapat merasakan pengalaman luar biasa.

Tipe SSD satu ini punya tingkat fleksibilitas tinggi sehingga dapat beroperasi di seluruh bus PCi yang memungkinkan percepatan maksimal dari sebuah laptop dalam melakukan aktivitas membaca serta penulisan dalam sebuah ruang penyimpanan, hal ini membuatnya kerap kali orang gunakan. SSD jenis ini juga menawarkan kemudahan dalam instalasi berbagai perangkat lunak pada system di laptop.

Demikian pembahasan tentang Jenis SSD beserta karakteristiknya. Untuk cek harga terbaru, silakan kunjungi daftar harga SSD terbaru di Bhinneka.com.

Leave a Reply