Bhinneka News

Samsung Akan memproduksi sendiri SoC Exynos?

Samsung selama ini menggunakan SoC mereka sendiri untuk beberapa smartphone mereka, yang dinamakan Exynos. Bahkan, untuk SoC kelas atas, mereka juga menggunakan custom core mereka sendiri, yang disebut sebagai Mongoose, yang diharapkan bisa membawa mereka untuk bersaing di jajaran SoC kelas atas. Ke depan Samsung akan menghadirkan GPU besutan mereka sendiri untuk SoC Exynos ini.

Sepertinya Samsung akan merancang GPU untuk SoC Exynos terlihat dari lowongan pekerjaan yang mereka buka di LinkedIn, yang memang merupakan jejaring sosial untuk pencarian kerja dan sejenisnya. Samsung menyebutkan bahwa mereka mencari GPU Engineer untuk SoC berbasis ARM.

Sebelumnya, Samsung memang pernah dikabarkan akan menjalin kerja sama dengan AMD atau NVIDIA untuk GPU di SoC Exynos. Hal ini dilakukan untuk mengurangi ketergantungan Samsung terhadap ARM. Saat ini, SoC Exynos masih menggunakan GPU Mali yang merupakan kreasi dari ARM, bahkan hingga di Exynos 9810 yang digunakan di Samsung Galaxy S9/S9+ sekalipun.

Sayangnya, Samsung masih belum menyebutkan secara detail GPU seperti apa yang akan mereka kembangkan, apakah untuk kelas atas atau kelas menengah. Kemungkinan besar, sesuai prediksi beberapa pihak, Samsung akan menghadirkan GPU kreasi mereka terlebih dahulu di SoC kelas menengah. Hal itu dimaksudkan agar GPU mereka matang terlebih dahulu, termasuk dari sisi dukungan developer, sebelum digunakan untuk memperkuat produk kelas atas mereka.

Dapatkan berbagai smartphone Samsung untuk berbagai keperluan pada situs belanja Bhinneka dengan harga dan promo yang menarik serta ongkos kirim gratis dan juga garansi resmi yang Asli bikin Tenang.

Leave a Reply