redmi buds 3
Aksesoris Gadget & Komputer Review Produk

Perbedaan Redmi Buds 3 dan Redmi Buds 3 Lite

Redmi Buds 3 dan Redmi Buds 3 Lite adalah dua headset TWS (True Wireless Stereo) terbaru yang diluncurkan Xiaomi pada akhir tahun 2021. Keduanya dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Meski memiliki penamaan seri yang sama, namun dari desain, harga, dan speknya punya banyak perbedaan.

redmi buds 3

Apa saja kelebihan Redmi Buds 3 dan Buds 3 Lite ? Mana varian headset yang paling cocok untuk Anda ? Berikut ini penjelasan spesifikasi dan keunggulan masing-masing headset TWS terbaru Xiaomi di tahun 2021.

Harga Redmi Buds 3 dan Redmi Buds 3 Lite

Harga Redmi Buds 3 dijual lebih mahal dibanding Buds 3 Lite. Namun, selisih harga kedua TWS Xiaomi terbaru ini tidak begitu jauh. Saat artikel ini ditulis, Redmi Buds 3 dijual dengan harga Rp 449.000. Sedangkan, seri Buds 3 Lite dijual lebih murah dengan harga Rp 249.000.

Untuk varian warna, Buds 3 Lite punya varian warna hitam dan putih. Redmi Buds 3 hanya punya satu varian warna yaitu putih.

Spesifikasi Redmi Buds 3 dan Buds 3 Lite

Berikut ini perbandingan spesifikasi Redmi Buds 3 dan Buds 3 Lite.

Redmi Buds 3 Redmi Buds 3 Lite
Dimensi Earbud 40.7 x 16.9 x 18.7 mm 24.5 x 16.7 x 24.6 mm
Dimensi Charger Dock 49.6 x 49.6 x 24.4 mm 60 x 46 x 23.7 mm
Berat Earbud 4.5 g 4.2 g
Jangkauan 10 meter 10 meter
Konektivitas Bluetooth 5.2 Bluetooth 5.2
Daya Tahan Baterai hingga 20 jam hingga 18 jam
Jenis Baterai Polimer Lithium-Ion Polimer Lithium-Ion
Jenis Port USB Type C USB Type C

Desain dan Dimensi Headset

Kedua TWS terbaru Xiaomi ini memiliki desain yang berbeda jauh. Redmi Buds 3 merupakan TWS semi in ear pertama yang diklaim bisa memberi kenyamanan lebih baik saat digunakan di telinga. Sedangkan, Buds 3 Lite punya desain layaknya TWS pada umumnya.

spek redmi buds 3

Kalau dilihat dari segi ukuran dan desain, Buds 3 Lite masih lebih ringkas dibanding kakaknya. Bentuk yang kecil dengan berat yang lebih ringan, relatif lebih nyaman saat dikenakan. Permukaan earbud juga lebih halus di kulit sehingga tidak memberatkan telinga Anda saat terlalu lama menggunakannya.

spek redmi buds 3 lite

Koneksi Bluetooth

Headset TWS Buds 3 dan Buds 3 Lite sama-sama didukung versi Bluetooth 5.2. Redmi Buds 3 dibekali chipset Qualcomm QCC3040 Bluetooth terbaru. Dengan ini, Buds 3 bisa menghasilkan transmisi suara yang lebih cepat dan konsisten. Sedangkan Buds 3 Lite tidak dibekali chipset Qualcomm dan hanya punya fitur anti-interferensi untuk menjaga koneksi lebih stabil.

Kualitas Suara Headset TWS

Redmi Buds 3 dibekali driver dinamis berukuran besar 12 mm yang dibuat dari material komposit. Driver sudah dikalibrasi oleh Xiaomi Sound Lab agar bisa menghasilkan suara bass lebih kaya, jernih, dan kualitas suara yang konsisten.

Buds 3 dilengkapi mikrofon ganda dengan Qualcomm cVc Echo Cancelling dan teknologi Noise Suppresion. Gabungan keduanya bisa mengurangi kebisingan area di sekitar secara dinamis dan mengurangi gema. Mikrofon ganda ini bisa memaksimalkan pengalaman menelepon dengan suara lebih jelas.

harga redmi buds 3 lite

Di sisi lain, Buds 3 Lite dibekali driver dinamis 6 mm, yang lebih kecil dibanding Buds 3. Driver ini juga sudah dirancang oleh laboratorium suara Xiaomi untuk memastikan suara yang didengar lebih konsisten. Buds 3 Lite menggunakan algoritma peredam kebisingan untuk mengurangi kebisingan saat menerima telepon.

Daya Tahan Baterai

Kapasitas dan daya tahan baterai Redmi Buds 3 lebih tinggi dibanding versi Lite. Hanya dengan satu kali isi daya, baterai di earbud Buds 3 bisa bertahan hingga 5 jam. Jika digabung dengan baterai di charger dock, daya tahan baterai bisa bertahan hingga 20 jam.

Kapasitas baterai Buds 3 Lite lebih kecil pada charger dock-nya. Daya tahan baterai pada earbud bisa hingga 5 jam. Namun jika dengan charger dock, daya tahan baterai hanya 18 jam saja. Kedua TWS Xiaomi ini sama-sama bisa dicharge melalui port USB Type C.

Kelebihan Lain Redmi Buds 3 dan Buds 3 Lite

Kedua heaset TWS ini sama-sama memenuhi standar tahan air dan debu dengan rating IP54. Daya tahan debu di level 4 dan tahan air di level 4. Earbud ini aman dari tumpahan air dan keringat. Dengan begini, Anda bisa menggunakan TWS saat olahraga atau gym.

redmi buds 3 lite

Keunggulan yang hanya ada di Redmi Buds 3 adalah punya fitur deteksi Smart Wear. Dengan fitur ini, musik akan otomatis di-Pause ketika Anda melepas earbud dari telinga. TWS Buds 3 juga punya One-Touch Reset agar Anda bisa me-reset earbud dengan mudah. Jadi mana yang Anda suka ? Redmi Buds 3 atau Buds 3 Lite ? Beli headset TWS terbaru di Bhinneka.

Leave a Reply