Contoh Sistem ERP untuk Retail
Korporasi Solusi B2B

Manfaat Sistem ERP untuk Tingkatkan Efisiensi Retail

Sistem ERP (Enterprise Resource Planning) sudah menjadi kebutuhan dasar bagi industri retail. Sistem ERP untuk retail sangat penting agar perusahaan retail bisa mempertahankan dan mengikuti perubahan permintaan pelanggan dan meningkatkan persaingan. Retail yang banyak menangani tugas kompleks akan sangat terbantu karena satu sistem ERP dapat menangani banyak macam tugas.

ERP untuk retail adalah sekumpulan aplikasi yang membantu perusahaan untuk: Menangani toko cabang, sering memindahkan stok, mengubah harga, beri penawaran diskon, memenuhi pesanan offline dan online, memastikan kepuasan pelanggan, dan masih banyak lagi. Semua pekerjaan tersebut akan memakan waktu lama dan rumit jika dilakukan secara manual.

Risiko Tidak Memakai Sistem ERP

Sistem ERP untuk retail membuat manajemen perusahaan untuk mendapatkan solusi yang cepat, sederhana, dan bisa diandalkan untuk menjalankan bisnis lebih efisien. Tanpa sistem ERP, retail Anda akan menghadapi berbagai masalah, seperti:

  • Buang waktu dan tenaga. ERP membantu toko retail untuk bekerja lebih cepat. Tidak ada lagi pekerjaan manual yang menyita banyak waktu dan tenaga. Karyawan retail tak perlu hitung belanjaan pelanggan, cek inventaris di spreadsheet, atau sinkronisasi data terbaru ke data lama secara manual.
  • Salah hitung inventaris produk. Inventaris toko yang terus berubah menyulitkan karyawan menghitung secara pasti stok yang masih tersedia dan sudah terjual. Terkadang ditemukan kesalahan input kode atau deskripsi produk yang menyulitkan proses stock opname. Jika terus dibiarkan, Anda akan terus mengalami kehilangan barang dan pendapatan tanpa tahu penyebabnya.
  • Memesan stok terlalu banyak/sedikit. Kesalahan hitung saat stock opname memungkinkan Anda membuka celah kerugian lebih besar. Misalnya, memesan stok terlalu banyak atau sedikit. Hitungan yang tidak tepat menyulitkan perusahaan retail untuk membuat pesanan ke pemasok. Memesan ulang atau menangani kelebihan stok akan membuang lebih banyak uang.

Manfaat Menggunakan ERP untuk Retail

Berikut ini beberapa manfaat sistem ERP untuk bisnis retail.

1. Update Informasi Real-Time

Bisnis retail membutuhkan informasi yang relevan, akurat, dan real-time. Semua informasi seperti inventaris, pembelian, harga, diskon, promo yang berjalan, dan lainnya membantu manajemen untuk mengambil keputusan lebih cepat dan tepat. Sistem ERP membantu mengumpulkan semua informasi dari setiap divisi dan disimpan dalam satu database. Selain itu, sistem ERP untuk retail juga meneruskan informasi ke divisi yang membutuhkan sehingga tak akan menggangu operasional.

Contoh Sistem ERP untuk Retail

2. Integrasi Data dari PoS

PoS (Point of Sale) banyak digunakan di industri retail modern. Manfaat dari PoS adalah memasukan rincian transaksi ke dalam sistem sehingga menghilangkan kebutuhan hitung transaksi secara manual atau metode tradisional yang rentan pada human error. Sistem ERP dapat diintegrasikan dengan mesin PoS supaya data transaksi bisa tercatat secara real-time. Sistem ERP memanfaatkan mesin PoS agar semua data transaksi langsung tersimpan sistem ERP pusat.

3. Manajemen Karyawan Retail

Sistem ERP dapat menyimpan data karyawan, absensi, slip gaji, tunjangan, catatan cuti, dan pencapaian kinerja (KPI). Manajemen retail bisa menggunakan data tersebut untuk membuat jadwal shift karyawan, melacak kehadiran, menetapkan tugas baru, dan melacak program yang sedang berjalan. Sistem ERP membuat efisiensi operasional karyawan lebih baik, menghindari tugas yang berulang, dan menghasilkan lebih banyak pendapatan.

4. Manajemen Hubungan Pelanggan (CRM)

Sistem ERP bisa digunakan untuk simpan semua data pelanggan retail. Dengan begini, pemilik retail bisa dapat akses cepat dan mudah ke profil pelanggan, riwayat pembelian, preferensi pelanggan, dan masih banyak lagi. Tim marketing bisa menggunakan data tersebut untuk merancang program kampanye pemasaran dan memberi penawaran yang sesuai dengan kesukaan pelanggan. Pemasaran yang tepat sasaran dapat bantu tingkatkan loyalitas pelanggan.

CRM toko retail dengan ERP

5. Manajemen Inventaris

Sistem ERP untuk retail bisa digunakan untuk manajemen inventaris yang otomatis dan efisien. ERP bisa Anda pakai untuk mengawasi stok produk, barang jadi, bahan mentah, stok barang yang disimpan, dan barang yang sedang dalam proses pengiriman. Kelebihan ERP juga membuat setiap pembaruan data inventaris terjadi real time. Sistem dapat memberitahu kapan persediaan akan habis sehingga bisa mencegah kekurangan stok atau kelebihan persediaan.

6. Integrasi Penjualan dari e-Commerce

Saat ini banyak toko retail yang berjualan di e-commerce. Sistem ERP bisa diintegrasikan dengan toko online agar semua data transaksi bisa terekam secara otomatis. Informasi yang didapat bisa digunakan untuk mengendalikan stok, memperkirakan permintaan, dan merancang program promo yang sesuai target market.

7. Manajemen Rantai Pasokan

Sistem ERP memungkinkan manajemen retail dapat melihat gambaran lengkap tentang pemesanan hingga penyelesaian pengiriman. Anda bisa gunakan ERP untuk melacak pengiriman, menangani pesanan, dan menjadwal kiriman ke pelanggan atau pengiriman stok dari pemasok. Proses pesanan dan pengiriman bisa otomatis sehingga bisa mengurangi biaya operasional pengiriman dan memenuhi pesanan dari toko cabang terdekat.

8. Integrasi Data dari Banyak Divisi

Bisnis retail memiliki banyak divisi. Sistem ERP untuk retail menjaga semua operasional divisi tetap lancar dengan data yang selalu diperbarui. Semua saluran ritel bisa diintegrasikan ke dalam satu platform. Setiap divisi dapat berbagi informasi secara real-time. Satu divisi tidak perlu mengabarkan divisi lain setiap kali ada update. Data bisa diakses cepat kapanpun dibutuhkan.

Manfaat ERP untuk Retail

9. Mengurangi Biaya

Kelebihan utama dari sistem ERP untuk retail adalah untuk menghemat biaya. Sistem ERP bantu kurangi biaya melalui otomatisasi, optimalisasi sumber daya, dan meningkatkan produktivitas. Ketika sudah diterapkan, Anda bisa mengelola inventaris, memproses pesanan, membuat promo, optimalisasi penyimpanan stok, dan melakukan penggajian dengan lebih mudah. Sistem ERP menghilangkan pekerjaan manual yang rentan human error.

10. Ekspansi Perusahaan Lebih Mudah

Sistem ERP untuk retail dapat ditingkatkan untuk mengakomodasi peningkatan jumlah produk, bertambahnya jumlah karyawan, bertambahnya pemasok, mengelola banyak toko cabang, dan mengelola basis pelanggan yang semakin luas. Sistem ERP dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis retail yang terus berkembang tanpa menimbulkan gangguan berarti.

Mengapa Sistem ERP Penting untuk Retail ?

Menggunakan sistem ERP retail sangat penting karena perangkat lunak ini bekerja secara real time. ERP dapat menyediakan fungsi lengkap yang dibutuhkan untuk alur kerja di bisnis retail. Toko retail bisa meninjau profit hanya dari SKU dan item produk yang dijual saja. Inventaris secara real time memudahkan retail menjaga stok dan menghindari kerugian.

Dengan sistem ERP, perusahaan retail bisa melakukan berbagai hal seperti:

  • Memesan inventaris
  • Memastikan stok tetap aman, tidak kurang dan tidak berlebihan
  • Integrasi semua data dari setiap divisi secara real time
  • Memudahkan operasional di berbagai channel penjualan
  • Integrasi toko fisik dan online lebih mudah
  • Mengoptimalkan layanan dan loyalitas pelanggan
  • Melakukan berbagai fungsi sekaligus: Manajemen persediaan, akuntansi, perencanaan, pelaporan, manajemen keuangan, dan pengelolaan sumber daya manusia (SDM).

ERP mampu tingkatkan efisiensi operasional bisnis retail. Jika bisnis Anda belum menggunakannya, kami menyediakan jasa implementasi ERP untuk toko retail. Hubungi tim sales kami di:
Telp : (021) 2929-2828
Wa : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply