Tips & Tutorial

Tips Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi

Asam urat tinggi dalam darah dapat menyebabkan sendi tubuh terutama pada sendi jari dan pergelangan terasa nyeri dan membengkak. Ini merupakan salah satu tanda utama dari penyakit asam urat / gout.

Nyeri pada sendi sendiri diakibatkan menumpuknya asam urat / uric acid dalam tubuh akibat terlalu tinggi dan menyebabkan timbulnya kristalisasi dan menumpuk pada sendi – sendi tubuh. Pada orang dengan tingkat asam urat tinggi, rasa nyeri dapat menyerang sewaktu – waktu.

asam urat tinggi

Penyebab Asam Urat Tinggi

Asam urat dalam tubuh memiliki fungsi dasar untuk memecah purine yang dihasilkan oleh tubuh maupun purine yang berasal dari makanan yang dikonsumsi. Umumnya asam urat ini akan dibuang bersama dengan urine.

Namun ada kalanya kadar asam urat terlalu tinggi dalam tubuh dan tidak terbuang semua dalam urine. Asam urat ini lalu membentuk kristalisasi dan mengendap di sekitar sendi sehingga menyebabkan peradangan. Asam urat sendiri dapat tinggi karena beberapa faktor seperti:

  1. Mengkonsumsi makanan kaya purine seperti daging merah
  2. Konsumsi obat – obatan tertentu
  3. Minuman Beralkohol

Cara Menurunkan Asam Urat Tinggi

Kadar asam urat normal umumnya berada dibawah 7 mg/dL untuk pria dan berada di bawah 6 mg/dL untuk wanita. Hasil diatas angka tersebut menandakan kadar asam urat Anda tinggi dan berpotensi terkena gout.

Untuk menurunkan asam urat tinggi dapat dilakukan dengan berbagai cara, selain dengan mengkonsumsi obat – obatan penurun asam urat. Berikut ini adalah beberapa cara menurunkan asam urat.

Hindari Makanan Berpurin Tinggi

Membatasi makanan berpurin dapat membantu agar asam urat dalam tubuh dapat terjaga dalam rentang normal. Purin sendiri memiliki beberapa manfaat untuk tubuh. Oleh karenanya dibandingkan menghindari, lebih baik Anda membatasi makanan dengan purin tinggi seperti:

  1. Daging merah
  2. Kerang
  3. Makanan / Minuman Beralkohol
  4. Kepiting

Konsumsi Makanan Tinggi Vitamin C

Selain membatasi makanan yang tinggi purin, perbanyak makan buah atau sayuran yang mengandung vitamin C tinggi. Kandungan vitamin dapat membantu untuk memecah asam urat. Beberapa makanan dengan vitamin C tinggi misalnya:

  1. Sayuran hijau
  2. Jeruk
  3. Lemon
  4. Jus Jeruk Nipis

Menjaga Berat Badan Ideal

Salah satu cara untuk menjaga agar kadar asam urat dalam tubuh tetap normal adalah menerapkan gaya hidup sehat dan rajin berolahraga. Anda dapat mengkonsumsi dan menerapkan pola makan seimbang serta menjaga agar berat badan tetap ideal.

Salah satu cara yang dapat dilakukan dan paling mudah adalah menghitung angka BMI. Jika BMI Anda berada jauh diatas angka ideal, maka lakukan diet sehat dan perlahan turunkan BMI Anda ke BMI ideal.

Konsumsi Teh Hijau

Teh hijau yang dikonsumsi secara rutin dan porsi yang tidak berlebihan dapat membantu menurunkan dan menjaga agar kadar asam urat tetap normal. Ini dikarenakan teh hijau memiliki sifat anti inflamasi yang dapat membantu tubuh mengendalikan asam urat

Perbanyakan Makan Makanan Tinggi Serat

Makanan berserat seperti brokoli, mentimun, gandum dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Kompres Sendi & Obat Asam Urat

Bukan tidak mungkin sendi Anda akan terasa nyeri akibat peradangan. Untuk meringankan rasa nyeri Anda dapat memberikan kompres pada area yang sakit. Selain itu Anda juga dapat konsultasi pada dokter.

Dokter umumnya akan meresepkan obat – obatan yang dapat membantu untuk meringankan gejala serta membantu untuk menurunkan tingkat asam urat dalam tubuh. Namun konsumsi obat asam urat hendaknya sesuai dengan resep dan petunjuk dokter.

Leave a Reply