Tips & Tutorial

Tips Memanaskan Mobil: Seberapa Sering dan Lama Sebaiknya

Artikel kali ini akan berbagi mengenai tips memanaskan mesin mobil yang benar dan optimal bagi pengendara. Manfaat memanaskan mobil secara rutin saat mobil tidak digunakan, seringkali tidak diketahui atau diabaikan oleh pengendara mobil. Memang, mobil tidak akan rusak atau tidak bermasalah apabila tidak dipanaskan setiap hari. Namun, apabila Anda jarang menggunakan mobil, sebaiknya mobil dipanaskan secara rutin, setidaknya satu hingga dua kali dalam seminggu.

Ternyata memanaskan mobil secara rutin memiliki manfaat yang berdampak pada performa mobil. Dalam artikel ini akan dibahas seputar tips memanaskan mobil, seberapa lama mobil perlu dipanaskan dan apakah memanaskan mobil dalam waktu lama berbahaya.

Manfaat Memanaskan Mobil

Memanaskan mobil memang tidak perlu dilakukan setiap hari. Akan tetapi, apabila mobil didiamkan dalam kondisi dingin untuk beberapa hari ataupun sudah lama tidak dipakai dan didiamkan di garasi, maka ada baiknya mobil dipanaskan.

Berikut ini beberapa alasan dan manfaat memanaskan mobil yang perlu diketahui:

Menjaga Sirkulasi Oli

Rutin memanaskan mobil dapat membantu menjaga agar oli mobil dapat tersirkulasi dengan baik ke seluruh bagian mesin mobil. Apabila mobil tidak digunakan untuk waktu lama akan berdampak pada oli yang turun sehingga bagian atas pada mesin menjadi kering.

Menjaga dan Mengisi Daya Aki

Aki mobil berperan untuk menyuplai listrik ke sejumlah sistem kelistrikan mobil. Apabila aki soak akan berdampak seperti misalnya lampu mobil tidak terang, mobil susah dinyalakan dan sebagainya. Mobil yang jarang digunakan berisiko membuat aki menjadi lemah.

Hal ini karena pada aki terdapat self discharge, dimana meski mobil tidak digunakan, daya listrik pada aki akan berkurang dan melemah. Memanaskan mobil dan menyalakan mesin dapat membatu untuk menambah suplai daya listrik ke aki agar kapasitas aki tetap terjaga.

Menjaga Kebocoran Kompresi

Memanaskan mobil dengan rutin dapat membantu menjaga mobil dari potensi kebocoran kompresi. Kebocoran kompresi dapat membuat proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara menjadi tidak sempurna dan membuat mesin jadi boros bahan bakar.

Apakah Memanaskan Mesin Terlalu Lama Berbahaya

Pertanyaan yang sering ditanyakan saat memanaskan mobil adalah berapa lama sebaiknya memanaskan mobil yang optimal. Ada kalanya seseorang memanaskan mobil hanya selama lima menit saja. Ada juga yang memanaskannya hingga setengah jam.

tips memanaskan mobil

Ternyata memanaskan mobil tidak perlu dilakukan dalam waktu lama. Mobil konvensional biasanya hanya perlu dipanaskan selama 5 menit saja. Sedangkan mobil injeksi lebih cepat lagi, hanya perlu dipanaskan sekitar 30 detik saja.

Lantas apakah ada manfaat memanaskan mesin mobil dalam waktu lama? Ternyata hal ini hanya sia – sia saja dan berpotensi membuat mesin overheat serta boros bahan bakar.

Tips Memanaskan Mobil

Memanaskan mesin mobil apabila dilakukan dengan benar dapat membantu mesin mobil menghasilkan performa yang optimal. Beberapa tips yang dapat Anda coba terapkan saat memanaskan mesin mobil antara lain:

  1. Panaskan mesin mobil secara rutin apabila mobil jarang digunakan. Seminggu dapat dipanaskan 1 hingga 2 kali
  2. Panaskan mesin mobil tidak perlu terlalu lama
  3. Saat memanaskan mobil, juga sebaiknya mobil tidak dibiarkan dalam kondisi diam. Anda dapat mengendarai mobil Anda keliling komplek rumah misalnya. Hal ini bertujuan agar komponen mobil seperti transmisi dan juga ban dapat ikut bergerak

Leave a Reply