Info Bisnis

Tips Membeli dan Memilih High Pressure Cleaner

Membeli dan memilih High Pressure Cleaner atau High Pressure Washer perlu memperhatikan beberapa hal agar Anda tidak salah dalam membeli. Penggunaan mesin High Pressure Cleaner yang tidak sesuai tentu berakibat proses pembersihan tidak optimal dan juga mesin menjadi tidak awet apabila tidak digunakan sesuai spesifikasinya.

Setelah sebelumnya membahas mengenai apa itu mesin High Pressure Cleaner dan apa saja fungsinya, dalam artikel kali ini kita akan membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih dan membeli mesin High Pressure Cleaner.

Fungsi High Pressure Washer

Seringkali kita alami perlu upaya lebih untuk membersihkan noda atau kotoran misalnya lumpur pada kendaraan atau noda di area kerja seperti pabrik. Penggunaan selang air biasa tidak akan efektif untuk membersihkan noda yang sudah menempel lama dan membutuhkan waktu lama untuk membersihkannya.

Untuk itu diperlukan High Pressure Cleaner atau High Pressure Washer yang dapat menghasilkan air bertekanan tinggi. Berdasarkan tipe penggunaannya, HPC sendiri dibedakan menjadi HPC yang digunakan untuk keperluan sehari – hari dan juga keperluan profesional.

High Pressure Cleaner untuk keperluan sehari – hari misalnya digunakan untuk membersihkan noda dan kotoran pada mobil, motor, membersihkan pekarangan rumah atau membersihkan karpet. Sedangkan High Pressure Cleaner untuk kebutuhan profesional biasanya digunakan untuk kebutuhan berbagai industri misalnya untuk membersihkan permukaan beton, lantai pabrik, membersihkan alat berat, dan banyak lagi.

Tips Memilih dan Membeli High Pressure Cleaner

Ada banyak mesin High Pressure Cleaner yang tersedia di pasaran. Umumnya masing – masing tipe atau model memiliki fitur khusus masing – masing dan juga spesifikasi yang berbeda. Misalnya saja mesin high pressure cleaner yang khusus digunakan untuk air dingin atau juga dapat digunakan untuk air panas.

Selain itu mesin HPC juga dibedakan dari kapasitas output dan seberapa kencang atau besar tekanan air yang dihasilkan. Tentunya perbedaan kegunaan akan membutuhkan tingkat kekencangan atau tekanan yang berbeda juga.

memilih high pressure cleaner

Berikut ini beberapa tips dalam memilih dan membeli mesin High Pressure Cleaner:

Tujuan Penggunaan

Umumnya mesin High Pressure Cleaner dibedakan secara dasar atas tujuan penggunaan yaitu apakah akan digunakan secara profesional, misal untuk usaha atau untuk industri ataupun digunakan secara sehari – hari seperti untuk membersihkan pekarangan rumah, membersihkan karpet.

Jet Washer atau High Pressure Cleaner untuk kebutuhan profesional biasanya dilengkapi dengan fitur atau fungsi khusus tambahan dan juga aksesoris tertentu. Pastikan bahwa Anda menggunakan mesin yang tepat dan sesuai untuk menunjang pekerjaan Anda agar mesin awet dan dapat bekerja secara optimal bebas masalah.

Perhatikan Spesifikasi Mesin

Spesifikasi mendasar yang perlu Anda perhatikan adalah kekuatan tekanan air dan juga debit aliran air. Besaran tekanan aliran air dinyatakan dalam satuan pound per inci persegi (PSI) atau BAR. Kekuatan tekanan air ini berkaitan dengan kekuatan daya semprot air untuk menghilangkan kotoran. Semakin tinggi tekanan air, semakin efektif dalam menghilangkan kotoran.

Selain PSI / BAR, Anda juga perlu memperhatikan debit aliran air yang biasa dinyatakan dalam satuan liter per menit (LPM) atau liter per hour (LPH). Makin banyak debit aliran air setiap menitnya, maka makin efektif pembersihan yang dilakukan.

Pilih Cold Washer atau Hot & Cold Washer

Temperatur air juga perlu disesuaikan dengan objek yang akan Anda bersihkan. Beberapa tipe mesin hanya dapat digunakan dengan air biasa atau air dingin saja. Sedangkan tipe Hot & Cold memungkinkan Anda untuk menggunakan air panas. Mesin hot and cold pressure washer menawarkan pengaturan air panas yang ideal untuk permukaan berminyak.

Cek Daya Listrik yang Tersedia

Anda harus memastikan bahwa tegangan listrik Anda stabil saat menggunakan High Pressure Cleaner. Beberapa tipe mesin dapat bekerja dengan daya yang cukup rendah, namun beberapa tipe mesin membutuhkan daya hingga 1600 watt.

Pastikan Ketersediaan Suku Cadang

Ketersediaan suku cadang juga menjadi hal yang perlu diperhatikan. Sehingga apabila mesin rusak Anda dapat dengan mudah mencari suku cadang pengganti dan memperbaiki mesin tersebut.

Demikian sejumlah hal yang perlu Anda ketahui dan perhatikan saat hendak memilih dan membeli mesin pembersih bertekanan tinggi atau High Pressure Cleaner.

Leave a Reply