Elektronik Rumah Tangga

Tips Memilih Mesin Cuci Yang Bagus & Berkualitas

Memilih mesin cuci tidak dapat dilihat hanya berdasar merek dan harga saja. Untuk memilih mesin cuci yang bagus ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan agar tidak salah memilih. Pemilihan mesin cuci yang salah selain merugikan terutama bila harganya mahal, juga sia – sia bila fitur mesin cuci tersebut tidak terpakai.

Mesin cuci merupakan salah satu peralatan elektronik yang dapat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga sehari – hari dalam urusan mencuci dan mengeringkan pakaian. Berbeda dengan cara mencuci tradisional yang membutuhkan tenaga ekstra dan cukup memakan waktu, mencuci dengan mesin cuci jauh lebih efisien. Untuk itu sebaiknya Anda menginvestasikan untuk membeli mesin cuci untuk di rumah Anda.

Bagaimana Cara Memilih Mesin Cuci Bagus

Memilih mesin cuci yang bagus dari segi kualitas, jauh lebih menguntungkan dan lebih murah dalam jangka panjang. Mesin cuci dengan harga murah tapi dengan kualitas yang kurang, dapat merugikan apabila mesin cuci tersebut tidak awet dan cepat rusak.

Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memilih mesin cuci yang bagus dan menghemat pengeluaran

Memilih Mesin Cuci Bagus Berdasar Harga

Harga menentukan kualitas. Pernyataan tersebut ada benarnya. Namun, harga bukan menjadi satu satunya faktor yang harus diperhatikan dalam memilih mesin cuci. Umumnya mesin cuci yang memiliki banyak fitur atau semakin canggih, akan memiliki harga yang lebih mahal. Sehingga saat memilih mesin cuci, harga mahal tidak berarti mesin cuci tersebut lebih bagus dibandingkan yang lebih murah.

fitur mesin cuci

Namun pertanyaan yang harus Anda jawab adalah apakah fitur tersebut diperlukan oleh Anda? Apakah Anda akan menggunakan fitur tersebut? Misalnya fungsi smart pada mesin cuci yang dapat membuat mesin cuci terhubung ke jaringan internet atau smartphone

Apabila tidak, Anda dapat memilih mesin cuci dengan fitur standar sesuai yang Anda butuhkan. Anda dapat menghemat pengeluaran.

Berapa Kapasitas Mesin Cuci Yang Perlu Dibeli

Dalam memilih mesin cuci, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu kapasitas mesin cuci yang diperlukan. Untuk menentukan besarnya kapasitas mesin cuci, dapat dilakukan dengan menghitung seberapa banyak baju yang mau dicuci bersamaan.

Misalnya saja, mesin cuci dengan kapasitas 6 kg, biasanya dapat untuk mencuci sekitar 30 pakaian, kapasitas 8 kg untuk mencuci sekitar 40 kaus atau pakaian. Jangan mencuci melebihi kapasitas mesin cuci dalam waktu bersamaan karena dapat membuat mesin cuci menjadi cepat rusak.

Semakin besar kapasitas, biasanya harganya akan lebih mahal. Jadi pilih mesin cuci yang sesuai dengan kebutuhan mencuci Anda sehari – hari untuk menghemat pengeluaran.

Pilih Mesin Cuci yang Hemat Daya

Mesin cuci yang hemat daya serta dapat menguntungkan dan membuat Anda berhemat banyak dalam jangka panjang. Mesin cuci yang efisien biasanya membutuhkan air lebih sedikit dan konsumsi daya listriknya juga tidak besar. Anda dapat berhemat pada tagihan listrik dan air di rumah Anda

Mesin Cuci Front Loading / Top Loading

Mesin cuci dapat dibedakan menjadi dua berdasarkan jenis bukaan tabungnya. Ada mesin cuci dengan bukaan depan / front loading. Selain itu ada juga mesin cuci dengan bukaan atas / top loading.

mesin cuci bukaan

Mesin cuci bukaan atas atau top loading sendiri ada terbagi lagi menjadi mesin cuci dengan 1 tabung atau mesin cuci dengan 2 tabung.

Masing – masing dari jenis mesin cuci ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, misalnya:

  1. Mesin cuci bukaan atas umumnya lebih murah dibandingkan front loading
  2. Mesin cuci bukaan depan umumnya lebih hemat energi dan efisien
  3. Mesin cuci bukaan atas jauh lebih praktis saat memasukkan pakaian. Tidak perlu membungkuk seperti pada mesin cuci bukaan depan

Dalam memilih mesin cuci berdasar jenis bukaan, perlu juga diperhatikan kapasitas ruangan atau tempat untuk menaruh mesin cuci nantinya. Jika ruangan sempit, ada baiknya gunakan mesin cuci bukaan atas, karena bukaan pintu tabung mesin cuci jauh lebih mudah.

Garansi

Saat memilih mesin cuci, pastikan juga soal garansi dan layanan purna jual yang diberikan. Layanan garansi dan purna jual yang jelas akan sangat membantu apabila dalam pemakaiannya, mesin cuci Anda mengalami kerusakan.

Leave a Reply