Tips meningkatkan gaya hidup sehat
Tips & Tutorial

6 Tips Meningkatkan Gaya Hidup Sehat

6 tips meningkatkan gaya hidup sehat pada 2023 ini sangat dianjurkan untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik dari sebelumnya.

Menjaga pola hidup sehat dapat meningkatkan imunitas tubuh lebih kuat serta dapat mencegah dari berbagai infeksi virus yang ada.

Pada tahun 2023 ini jadikan gaya hidup sehat sebagai salah satu resolusi yang harus kalian capai untuk hidup yang lebih baik.

Tips meningkatkan gaya hidup sehat

6 Tips meningkatkan gaya hidup sehat

1. Makan makanan yang sehat

6 tips meningkatkan gaya hidup sehat yang pertama yaitu ada makan makanan yang sehat, seperti buah-buahan dan sayuran. Menurut World Health Organization (WHO) orang dewasa harus makan setidaknya lima porsi (400gr) buah dan sayuran per hari.

Untuk dapat meningkatkan asupan buah dan sayuran per harinya selalu sertakan dalam makanan Anda buah dan sayur sebagai cemilan.

Dengan makan makanan yang sehat, Anda dapat mengurangi risiko kekurangan nutrisi dan penyakit tidak menular seperti diabetes, penyakit jantung, stroke, dan kanker.

2. Konsumsi lebih sedikit garam dan gula

Menurut data WHO negara Filipina merupakan negara yang mengonsumsi garam dua kali lipat lebih banyak dari jumlah yang disarankan, menempatkan mereka pada risiko tekanan darah tinggi serta dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Kurangi asupan garam Anda menjadi 5g per hari, setara dengan sekitar satu sendok teh. Lebih mudah melakukannya dengan membatasi jumlah garam, kecap, kecap ikan, dan bumbu tinggi natrium lainnya saat menyiapkan makanan.

Selain itu, mengonsumsi gula dalam jumlah berlebihan meningkatkan risiko kerusakan gigi dan penambahan berat badan yang tidak sehat. Baik pada orang dewasa maupun anak-anak, asupan gula bebas harus dikurangi hingga kurang dari 10% dari total asupan energi.

Hal ini setara dengan 50g atau sekitar 12 sendok teh untuk orang dewasa. WHO merekomendasikan mengkonsumsi kurang dari 5% dari total asupan energi untuk manfaat kesehatan tambahan. Anda dapat mengurangi asupan gula dengan membatasi konsumsi makanan ringan manis, permen, dan minuman manis.

3. Hindari penggunaan alkohol

Menghindari konsumsi alkohol merupakan tips ketiga dari artikel 6 tips meningkatkan gaya hidup sehat ini karena dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti gangguan mental dan perilaku, termasuk ketergantungan alkohol.

Selain itu, mengonsumsi alkohol dapat menyebabkan penyakit tidak menular utama seperti sirosis hati, beberapa jenis kanker dan penyakit jantung, serta cedera akibat kekerasan dan bentrokan serta tabrakan di jalan raya.

4. Berolahraga

Aktivitas fisik didefinisikan sebagai setiap gerakan tubuh yang dihasilkan oleh otot rangka yang memerlukan pengeluaran energi. Ini termasuk olahraga dan aktivitas yang dilakukan saat bekerja, bermain, melakukan pekerjaan rumah tangga, bepergian, dan terlibat dalam kegiatan rekreasi.

Jumlah aktivitas fisik yang Anda butuhkan tergantung pada kelompok usia Anda, tetapi orang dewasa berusia 18-64 tahun menurut WHO harus melakukan aktivitas fisik intensitas sedang setidaknya 150 menit sepanjang minggu. Tingkatkan aktivitas fisik intensitas sedang hingga 300 menit per minggu untuk manfaat kesehatan tambahan.

5. Kurangi asupan lemak berbahaya

Lemak yang dikonsumsi sebaiknya kurang dari 30% dari total asupan energi Anda. Ini akan membantu mencegah penambahan berat badan yang tidak sehat.

Ada berbagai jenis lemak, tetapi lemak tak jenuh lebih disukai daripada lemak jenuh dan lemak trans. WHO merekomendasikan pengurangan lemak jenuh hingga kurang dari 10% dari total asupan energi.

Lemak tak jenuh yang lebih disukai ditemukan dalam ikan, alpukat dan kacang-kacangan, dan dalam bunga matahari, kedelai, kanola, dan minyak zaitun.

Sedangkan, lemak jenuh ditemukan dalam daging berlemak, mentega, minyak sawit dan kelapa, krim, keju, dan lemak babi. Lemak trans ditemukan dalam makanan yang dipanggang dan digoreng, serta camilan dan makanan kemasan, seperti pizza beku, kue kering, biskuit, serta minyak goreng dan olesan.

6. Lakukan tes kesehatan

Tips meningkatkan gaya hidup sehat

Melakukan tes kesehatan pada diri sendiri adalah langkah penting untuk mengetahui status kesehatan Anda, terutama terkait dengan HIV, hepatitis B, infeksi menular seksual (IMS), dan tuberkulosis (TB).

Jika tidak diobati, penyakit ini dapat menyebabkan komplikasi serius dan bahkan kematian. Mengetahui status Anda berarti Anda akan tahu bagaimana cara terus mencegah penyakit ini.
Kunjungi fasilitas kesehatan pemerintah atau swasta, di mana pun Anda merasa nyaman, untuk menjalani tes.

Demikian artikel 6 tips meningkatkan gaya hidup sehat ini, jangan ragu untuk memulai pola hidup yang lebih sehat dari sebelumnya. Semoga artikel ini dapat membantu kalian yang ingin memulai pola hidup yang lebih baik pada 2023.

Baca juga: Tips hidup sehat untuk menurunkan berat badan

Leave a Reply