Kerja sama Bhinneka.Com untuk UMKM Solo
Bhinneka Events Bhinneka News

Bhinneka.Com Bantu Pemkot Surakarta untuk UMKM Solo Go Digital

Sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai kota Indonesia, baik ibu kota provinsi dan kabupaten maupun kota, terus mendapat perhatian besar dari banyak pihak. Mulai dari pemerintah di tingkat pusat hingga daerah, perbankan dan lembaga keuangan, perusahaan swasta, termasuk perusahaan e-commerce, termasuk Bhinneka.Com.

Kerja sama Bhinneka.Com untuk UMKM Solo
VP Government Relations Bhinneka.Com, Bima Laga dalam penandatanganan kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta, disaksikan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Selasa (12/10/2021), Bhinneka.Com diwakili Bima Laga selaku VP Government Relations menandatangani perjanjian kerja sama dengan Pemerintah Kota Surakarta untuk mendukung percepatan digitalisasi UMKM. Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta, Heri Purwoko, disaksikan oleh Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

Kerja sama ini merupakan tindak lanjut atas Kesepakatan Bersama antara Pemerintah Kota Surakarta dan Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) tentang Fasilitasi Kerjasama Anggota idEA Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Go Digital di Kota Surakarta.

Melalui kerja sama ini, Bhinneka.Com memfasilitasi penyediaan dan penggunaan sistem atau platform Marketplace bagi pelaku UMKM di Solo. Dengan platform ini, proses bisnis bisa berlangsung secara online termasuk seluruh mekanisme sistem belanja, pembayaran, pengiriman, dan manajemen toko. Berikut juga dukungan kurasi produk, dan trik pemasaran produk, seperti pelatihan-pelatihan yang telah dilakukan di berbagai kota.

Kehadiran para pelaku UMKM Kota Solo di platform Marketplace dari Bhinneka.Com ini, diharapkan mendorong pemberdayaan dan transformasi ekonomi digital mandiri, terfokus pada lebih dari 3.000 pelaku UMKM di bawah binaan Dinas Koperasi dan UKM Kota Surakarta berdasarkan data resmi di situs instansi tersebut.

Adapun bidang-bidang bisnis UMKM Kota Solo terdiri atas beberapa kategori:

  • Batik
  • Busana (Fashion)
  • Makanan Kemasan
  • Kerajinan Tangan (Handicraft)
  • Jasa
  • Kuliner
  • Perdagangan

Kegiatan penjualan dan pembelian di platform itu akan melibatkan seluruh perangkat masyarakat, baik warga, lembaga-lembaga, perusahaan lokal, hingga instansi pemerintah. Secara praktis, warga Kota Solo, warga dari provinsi lain di seluruh Indonesia, perusahaan, dan lembaga pemerintahan bisa berbelanja produk lokal Kota Solo di platform tersebut.

Leave a Reply