Webinar teknologi AWS Indonesia
Bhinneka Events Bhinneka News

Jadi Select Partner AWS Indonesia, Bhinneka.Com Gelar Webinar untuk Instansi Pemerintahan

Sebagai perusahaan e-commerce Indonesia yang kuat di sektor business-to-government (B2G), Bhinneka.Com selalu hadir memberikan solusi pengadaan, serta pemenuhan beragam kebutuhan lain kepada berbagai instansi pemerintah di tingkat pusat maupun daerah. Termasuk dengan menyosialisasikan perkembangan teknologi terkini, yang diharapkan mampu meningkatkan pelayanan publik di bidang lembaga masing-masing. Teknologi cloud computing atau komputasi awan, misalnya, yang dipaparkan dalam webinar bertajuk “Pemanfaatan Teknologi Komputasi Awan untuk Sektor Pemerintahan”, Kamis (7/10/2021) kemarin.

Webinar yang diselenggarakan bersama AWS Indonesia ini terbagi menjadi tiga sesi paparan. Masing-masing dibawakan oleh Head of Product Solution Bhinneka.Com, Felix Huang; Policy Lead AWS Indonesia, Astrid Dita; dan Government Account Lead AWS Indonesia, DR Muhamad Yopan dengan pembahasan yang menarik dan saling melengkapi.

Dalam paparan pembuka dengan topik “AWS Cloud Infrastructure”, Felix Huang menjelaskan tentang teknologi komputasi awan dari AWS yang bisa dibangun secara efisien, dan efektif untuk menjawab tantangan-tantangan digitalisasi termasuk di sektor pelayanan publik. Dari sisi efisiensi, AWS memberikan kemudahan berupa skema pay as you go. Para pengguna cukup hanya membayar layanan selama digunakan. Hal ini tentu memberikan fleksibilitas yang tidak dimungkinkan dalam teknologi server dan data center atau pusat data konvensional.

Teknologi AWS Indonesia
Perbandingan efisiensi teknologi komputasi awan dibanding yang konvensional.

Kemudian, di sesi berikutnya, paparan Astrid Dita memberikan jawaban tentang landasan hukum dan peraturan perundangan yang berlaku atas pengadaan teknologi komputasi awan untuk pemerintahan di Indonesia. Dalam hal ini pula, Astrid menekankan komitmen AWS, yang telah memiliki dan akan terus menambah pusat-pusat data di Tanah Air. Lengkap dengan peladen enkripsi, dan kunci enkripsi yang ada di dalam negeri.

Teknologi AWS Indonesia
Diagram yang menjelaskan perbedaan karakteristik antara teknologi konvensional dan cloud computing.

Di sesi terakhir, DR Muhamad Yopan pun membeberkan best practices atau sejumlah langkah ideal bagi lembaga-lembaga pemerintahan yang ingin mengeksplorasi, atau bahkan bermigrasi dari teknologi konvensional ke komputasi awan. Ia bahkan menampilkan beberapa contoh nyata penerapan cloud computing oleh instansi-instansi di berbagai daerah Indonesia, yang membuahkan kesuksesan dalam peningkatan pelayanan bagi masyarakat. Salah satu di antaranya adalah operasional Jabar Digital Service (JDS) di bawah kendali Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Provinsi Jawa Barat (Jabar), yang menerapkan AWS sebagai backbone-nya.

Teknologi AWS Indonesia di sektor pemerintahan.
Salah satu contoh pemanfaatan teknologi komputasi awan untuk layanan publik.

Terlihat dari banyaknya pertanyaan dan subjek diskusi yang disampaikan para peserta, tampak jelas antusiasme untuk mengenal teknologi komputasi awan secara lebih mendalam. Terlebih, para peserta berasal dari pelbagai latar belakang lembaga. Baik instansi vertikal yang berada di daerah seperti Badan Pusat Statistik (BPS), instansi daerah seperti Dinas Kesehatan atau pun Diskominfo, hingga lembaga strategis nasional seperti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN). Dengan sumber daya Bhinneka.Com yang memiliki perwakilan di 33 provinsi seluruh Indonesia, komunikasi lebih lanjut setelah webinar ini pun dipastikan akan tertangani dengan baik. Didukung pula dengan posisi Bhinneka.Com yang telah diangkat menjadi Select Consulting Partner, AWS Public Sector Partner.

Untuk mengetahui lebih spesifik tentang layanan AWS untuk sektor pelayanan publik, silakan hubungi solution@bhinneka.com.

Leave a Reply