Tips & Tutorial

6 Cara Mengelola Stress: Sederhana & Efektif

Stress merupakan salah satu kondisi yang memang tidak mengenakan bagi setiap individu. Keadaan sulit ini apabila tidak Anda tangani dengan baik dapat memberikan dampak kurang baik dan mengganggu rutinitas. Untuk itulah mempelajari bagaimana Cara Mengelola Stress ini sangatlah penting.

Cara Mengelola Stress

Stress atau kondisi seseorang yang sedang tidak mengenakan secara mental ini bisa menghampiri siapa saja baik itu anak anak maupun orang dewasa. Sementara untuk penyebabnya sendiri bisa berasal dari berbagai permasalahan seperti tekanan ekonomi, beban kerja yang berat, konflik rumah tangga, sampai dengan hubungan bermasalah antar kelompok maupun individu.

Untuk mengatasi dan meminimalisir kondisi stress Anda menjadi berkepanjangan, penting mengetahui metode penanganannya. Terdapat beberapa tindakan yang bisa seseorang lakukan dalam mengelolanya. Berikut adalah beberapa cara mengelola stress.

Memperbaiki Pola Makan

Pola Makan Sehat

Mungkin hal ini terdengar sederhana, akan tetapi dengan memperbaiki pola makan, seseorang dapat mengatasi permasalahan dan mengelola stres dengan baik. Pola makan yang sehat dan kaya nutrisi bisa membuat energi tubuh membaik sehingga pikiran bisa selalu positif, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memperbaiki pola makan untuk kelola stress.

  1. Kandungan triptofan yang bisa kurangi efek hormon stress harus terpenuhi.
  2. Makanan dengan vitamin B12 tinggi seperti telur, daging sapi, atau daging ayam
  3. Makanan dengan lemak omega 3 seperti Ikan ikan serta biji bijian
  4. Makanan dengan kandungan magnesium seperti brokoli, Pisang atau alpukat.

Melakukan Olahraga atau Bergerak secara Rutin

Olah Raga Rutin

Fisik merupakan salah satu hal yang harus Anda jaga dengan baik ketika ingin mengelola stress. Salah satu cara terbaik adalah dengan berolahraga atau bergerak. Aktivitas ini secara signifikan dapat meningkatkan hormon dopamin dan serotonin.

Tidak hanya itu olahraga secara rutin atau bergerak dapat juga meningkatkan endorfin dalam tubuh. Baik hormon dopamin, serotonin, dan endorfin punya kontribusi sangat besar pada perasaan positif manusia. Apabila ketikannya dalam kondisi bagus, maka pikiran negatif bisa Anda minimalisir dan tentunya stres bisa dikelola secara baik.

Mengurangi Screen Time dan Tingkatkan Dukungan Sosial

Bersosial

Screen time juga menjadi salah satu hal yang perlu Anda perhatikan untuk mengelola stress. Pastikan untuk mengurangi waktu yang dihabiskan di depan layar baik laptop, gadget, ataupun smartphone. Mengurangi screen time juga jadi salah satu tindakan bagus.

Penggunaan berlebihan dari gadget memang bisa meningkatkan rasa kesepian dan emosi yang tidak orang inginkan. Dukungan sosial juga menjadi salah satu hal penting untuk menjadi perhatian karena interaksi dengan orang orang terdekat seperti pasangan dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Merawat Diri dan Mengalihkan Perhatian

Perawatan DIri

Merawat diri merupakan hal penting yang harus seseorang perhatikan untuk dapat mengelola stress. Penelitian menunjukan bahwa kesejahteraan mental bisa seseorang dapatkan dengan merawat diri. Misalnya untuk seorang wanita pergi ke salon atau ke pusat kecantikan.

Berikutnya untuk mengelola stress seseorang juga harus bisa mengalihkan perhatian dengan mencari aktivitas lain. Misalnya menciptakan suasana hati menjadi lebih tenang dengan membaca buku, bermain game, atau membaca novel.

Menerapkan Teknik Relaksasi dan Interaksi Bersama Hewan

Relax

Teknik relaksasi juga menjadi pilihan bagus untuk mengatasi dan mengelola stress. Melalui teknik relaksasi ini Anda akan mendapatkan ketenangan fisik. Contoh dari aktivitas relaksasi sendiri meliputi meditasi atau yoga. Meningkatkan kesejahteran dan meredakan ketegangan fisik secara keseluruhan.

Selain teknik relaksasi Anda juga bisa melakukan pengelolaan stress dengan interaksi bersama hewan. Biasanya memiliki hewan peliharaan juga menjadi salah satu keputusan terbaik dalam merelaksasi pikiran. Kucing atau Anjing menjadi hewan peliharaan yang dapat berinteraksi dengan baik dengan manusia.

Mencari Kesenangan atau Hiburan

Hiburan

Selanjutnya metode yang sangat baik dalam mengelola stress adalah mencari hiburan. Tentu saja setiap orang punya caranya masing masing untuk menemukan hiburan dan kesenangan ini. Misalnya saja menonton film komedi atau membaca buku dengan genre humor tinggi. Hal hal seperti ini sangat efektif untuk mengatasi dan mengelola stress.

Hal lainnya yang dapat Anda lakukan untuk mengelola stres adalah dengan menjelajahi tempat baru. Misalnya melakukan perjalanan ke tempat tempat baru yang belum pernah dikunjungi. Pengalaman baru dalam menikmati sebuah tempat akan menjadi salah satu aktivitas pengelolaan stress yang baik karena otak mendapatkan kesenangan serta hiburan.

 

 

 

Leave a Reply