Tips & Tutorial

5 Masalah Kesehatan yang Bikin Rentan Terinfeksi Virus Corona

Pandemi virus Corona (Covid-19) terus menyebar ke sejumlah wilayah di dunia. Bukan hanya jumlah orang yang terpapar virus tersebut, angka kematiannya pun terus meningkat dan akan semakin banyak orang yang rentan terinfeksi virus corona.

Jumlah pasien positif terinfeksi Virus Corona (Covid-19) di Indonesia, hingga Jumat (27/3/2020) angkanya mencapai 1046 kasus. Dari jumlah itu, korban meninggal mencapai 87 orang, dengan jumlah yang sembuh 46 orang.

Menurut Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Achmad Yurianto dalam keterangan persnya, di gedung BNPB, ada penambahan kasus cukup signifikan, yakni 153 kasus baru.

Sementara itu, sejumlah penyebab penyebaran virus Corona masih dianlisis. Dan, ternyata jika ada yang memiliki masalah kesehatan fisik tertentu atau gangguan kesehatan mental, kemungkinan akan lebih rentan terinfeksi virus corona.

Data awal dari China, tempat Covid-19 pertama kali dimulai, menunjukkan bahwa beberapa orang berisiko lebih tinggi mengalami komplikasi kesehatan serius dari virus baru ini. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), beberapa masalah kesehatan ini membuat Anda rentan terinfeksi virus corona, seperti dilansir Triasse:

penyakit jantung

Penyakit Jantung

Orang dengan penyakit jantung cenderung memiliki kondisi mendasar lainnya seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, dan penyakit paru-paru. Ini tentu akan melemahkan sistem pertahanan kesehatan tubuh (termasuk sistem kekebalan) terhadap infeksi dan kondisinya rentan virus corona.

William Li, MD, ilmuwan dan penulis Eat To Beat Disease: Ilmu Baru tentang Bagaimana Tubuh Anda Dapat Menyembuhkan Diri, menjelaskan demam yang dikaitkan dengan Covid-19 menambah ketegangan pada tuntutan metabolisme tubuh, membuat jantung yang sudah lemah semakin parah.

“Pneumonia, yang biasanya terlihat dengan Covid-19, membuat paru-paru lebih sulit untuk mengoksigenasi darah. Ini membuat jantung semakin stres,” katanya.

Pada bulan Februari lalu, American College of Cardiology mengeluarkan buletin untuk memperingatkan pasien tentang potensi peningkatan kondisinya rentan virus corona, yang mencakup tindakan pencegahan tambahan yang harus diambil.

Buletin tersebut merekomendasikan bahwa orang dengan penyakit jantung tetap up to date dengan vaksinasi, termasuk untuk pneumonia, dan mendapatkan suntikan flu untuk mencegah sumber demam lain. Li menyarankan olahraga teratur, sambil menjaga jarak sosial, dan diet sehat untuk membantu memperkuat jantung agar tidak rentan terinfeksi virus corona.

Penyakit Pernapasan Kronis

penyakit pernapasan kronis

Penyakit pernapasan kronis (CRD), yang meliputi asma dan hipertensi paru, adalah penyakit pada saluran udara dan bagian lain dari paru-paru. Orang dengan CRD harus sangat mewaspadai virus corona, karena salah satu kemungkinan komplikasi penyakit ini adalah pneumonia.

“Pneumonia membahayakan paru-paru, yang membawa oksigen ke tubuh,” jelas Dr. Li. “Pada pasien yang sudah memiliki penyakit pernapasan kronis, itu bisa mematikan.”

Selain mengikuti pedoman CDC untuk mencuci tangan, menjaga jarak sosial (social distancing), dan langkah-langkah pencegahan lainnya, The COPD Foundation telah mengeluarkan saran lebih lanjut untuk orang-orang dengan penyakit paru obstruktif kronik (seperti bronkitis kronis atau emfisema).

Diabetes

Diabetes

Pekan lalu, aktor Tom Hanks mengungkapkan di Instagram bahwa ia dan istrinya, Rita Wilson, dinyatakan positif Covid-19. Hanks sebelumnya berbagi bahwa dia menderita diabetes tipe 2, yang berarti dia termasuk kondisi rentan virus corona.

Apa yang membuat penderita diabetes rentan terinfeksi virus corona? Pertama, karena sistem kekebalan tubuh terganggu. Menurut International Diabetes Foundation (IDF) sulit bagi tubuh untuk melawan virus korona. Pasalnya, virus juga dapat berkembang ketika kadar glukosa darah tinggi.

Penderita diabetes mengalami peningkatan tingkat peradangan di seluruh tubuh mereka. Ini merupakan faktor risiko lain.

“Jika Anda memiliki infeksi virus, itu bisa menjadi pneumonia lebih mudah, karena diabetes itu sendiri adalah penyakit radang,” kata Maria Pena, MD, direktur layanan endokrin di Mount Sinai Doctors Forest Hills.

Sebelumnya ia juga mengatakan kepada Health. “Penting juga untuk dicatat bahwa Ketika seseorang menderita diabetes, episode stres, seperti infeksi virus, dapat meningkatkan kadar gula darah, yang juga dapat menyebabkan komplikasi.”

Semua orang, termasuk mereka yang memiliki masalah kesehatan tubuh yang sudah ada sebelumnya atau tidak, harus mengambil tindakan pencegahan selama wabah masih menyebar, karena termasuk kondisi rentan virus corona.

Penderita diabetes harus sangat berhati-hati tentang kontak sosial. “Sebagai penderita diabetes, saya akan menghindari supermarket atau pertemuan publik lainnya,” kata Dr. Pena.

Depresi dan Kecemasan

depresi dan kecemasan

Covid-19 tidak hanya mempengaruhi orang-orang dengan kondisi fisik yang sudah ada sebelumnya. Masalah ini juga bisa berdampak serius pada mereka yang memiliki masalah kesehatan mental, seperti kecemasan dan depresi.

“Ketakutan terhadap virus dan semua perubahan yang ditimbulkannya mendorong tingkat kecemasan untuk semua orang, tetapi bagi orang-orang yang memiliki gangguan kecemasan, itu jauh lebih buruk,” ujar Gail Saltz, MD, profesor psikiatri di Rumah Sakit Presbyterian NY Weill-Cornell.

Dr. Saltz memperingatkan bahwa orang-orang yang telah mengatasi gangguan mereka mungkin akan kambuh, dan mereka yang aktif berjuang mengatasi masalah mungkin menjadi jauh lebih rentan terinfeksi virus corona.

“Kecemasan juga memperburuk depresi, terutama mereka yang depresi adalah jenis ‘gelisah’, subtipe penyakit yang ditandai dengan perilaku gelisah, gelisah, mudah tersinggung,” tambahnya.

Dengan secara aktif berfokus pada kesehatan mental, gejala-gejala tersebut dapat dikurangi. Dr. Saltz merekomendasikan berolahraga selama 30 menit setiap hari dan mencoba teknik relaksasi seperti pernapasan dalam dan perhatian untuk membantu mencegah kecemasan.

Leave a Reply