Tips & Tutorial

AC Mobil Terasa Panas? Kenali Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Salah satu penyebab AC mobil tidak dingin yang paling sering dialami oleh pengendara adalah freon yang habis atau kurang. Hal ini tentu sangat mengganggu dan dapat membuat berkendara menjadi tidak nyaman.

AC mobil yang tidak dingin biasanya hanya akan terasa hembusan angin saja tanpa adanya hawa dingin. Kondisi ini dapat membuat pengendara menjadi kesal terutama saat berkendara dalam cuaca panas atau dalam kondisi macet.

Namun ternyata, penyebab AC mobil tidak dingin tidak hanya karena freon yang habis atau kurang saja loh. Ada berbagai penyebab lain AC mobil tidak dingin. Dalam artikel ini akan dibahas informasi mengenai hal yang menyebabkan AC mobil tidak dingin.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Apabila AC mobil Anda terasa tidak dingin, pertama kali coba periksa terlebih dahulu pengaturan AC. Pengaturan yang salah misal temperatur atau pengaturan kipas dapat mempengaruhi dingin atau tidaknya hawa AC yang keluar.

ac mobil panas

Namun apabila semua pengaturan sudah sesuai dan AC tetap tidak dingin, ada beberapa hal yang dapat menyebabkannya, antara lain:

Freon yang Kurang atau Habis

Sama dengan AC rumah, seringkali penyebab AC mobil terasa panas dan tidak dingin adalah freon yang sudah berkurang atau habis. Anda dapat melakukan pengisian freon AC serta melakukan pengecekan apakah terdapat kerusakan atau kebocoran lain pada sistem AC untuk mencegah freon kembali bocor atau habis saat sudah diisi.

Kondensor AC Kotor

Fungsi kondensor adalah untuk membuang panas yang dilepaskan oleh kompresor AC. Apabila kondensor kotor, membuat pembuangan panas menjadi tidak optimal salah satunya karena kotoran yang menumpuk dan karat.

Evaporator AC Kotor

Penyebab lain AC tidak terasa dingin adalah bagian evaporator AC yang dipenuhi debu. Debu yang menumpuk dapat menyumbat evaporator sehingga aliran udara dari blower menjadi terhambat. Dampaknya adalah sirkulasi AC menjadi terganggu dan hawa yang keluar dari AC terasa tidak dingin.

Adanya Motor pada Extra Fan yang Mati

Kerusakan pada bagian motor extra fan juga dapat menyebabkan AC terasa panas dan pendinginan tidak optimal. Extra fan yang tidak berputar atau rusak dapat berpengaruh pada proses kondensasi atau pendinginan yang berjalan tidak optimal.

Korsleting pada Kelistrikan AC

Arus pendek yang terjadi pada sistem kelistrikan AC dapat membuat sekring AC menjadi putus. Efek yang terjadi adalah angin yang keluar dari AC mobil terasa panas.

Kerusakan pada Kompresor AC

Kompresor berfungsi untuk memompa freon agar dapat disalurkan ke seluruh sistem AC. Kompresor yang rusak dapat menyebabkan AC tidak dingin dan hanya terasa hembusan angin saja. Anda dapat mengetahui kerusakan kompresor berdasar ciri bunyi gesekan saat terjadi tekanan yang tidak normal pada kompresor.

Terjadi Overheat pada Mesin

Mesin mobil yang terlalu panas atau mengalami overheat juga dapat menyebabkan AC menjadi terasa panas. Panas mesin yang berlebih dapat merusak beberapa komponen AC dan mengganggu kinerja pendinginan AC.

penyebab ac mobil tidak dingin

Tips Menjaga AC Mobil

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan oleh Anda untuk menjaga agar performa dari AC mobilnya tetap dingin dan awet. Berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

  1. Hindari mengendarai mobil dengan posisi AC menyala dan jendela terbuka untuk mencegah debu masuk dan mengotori AC
  2. Saat hendak menghidupkan mobil, pastikan AC dalam kondisi mati
  3. Nyalakan AC pada saat mobil sudah menyala sebentar dan kinerja mesin sudah stabil
  4. Cari tempat teduh saat parkir agar AC tidak bekerja terlalu berat akibat kondisi kabin yang panas akibat terjemur.

Demikian informasi seputar penyebab AC mobil tidak dingin dan beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kinerja AC mobil Anda tetap dingin dan awet.

Leave a Reply