Bhinneka News

Adobe Hentikan Layanan Shockwave Player pada April 2019

Berita bahwa Adobe akan menghentikan  layanan Adobe Flash pada tahun 2020 mendatang membuat beberapa situs telah beralih kel layanan dengan mengadopsi teknologi baru yang nantinya akan menggantikan peran Adobe Flash tersebut. Tetapi tidak hanya itu, Adobe juga akan menghentikan satu layanannya lagi yakni Adobe Shockwave Player, di mana penutupan layanan akan dimulai 9 April 2019 mendatang.

Layanan tersebut akan berhenti untuk sistem operasi Windows, di mana layana pada Mac telah lebih dulu di berhenti dua tahun lalu. Tentunya, bagi konsumen enterprise yang masih terikat kontrak, layanan ini baru akan berhenti total di tahun 2022 mendatang. Hal ini dapat dilihat pada pengumuman yang dilayangkan secara resmi pada situs Adobe bila Anda membuka halaman download Adobe Shockwave seperti gambar di bawah ini.

Penghentian layanan dari Adobe bukanlah hal yang mengejutkan, mengingat situs-situs saat ini telah mengadopsi teknologi baru seperti HTML5 yang nantinya akan menggantikan fungsi Showckwave player tersebut. Beberapa pengembang situs saat ini juga sudah mulai meninggalkan Shockwave sehingga mereka takkan mengalami masalah atau bug pada situs yang mereka kembangkan untuk ke depannya.

Leave a Reply