Potensi Bisnis Digital Printing di Indonesia
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Masa Depan Bisnis Digital Printing di Indonesia

Pada tahun 2020, pertumbuhan industri Digital Printing di Indonesia mencapai 14.9%. Hal ini sebanding dengan pertumbuhan industri cetak dan printing dunia yang sebesar USD 47 miliar. Industri percetakan yang terus tumbuh juga mendorong pertumbuhan industri packaging atau kemasan produk yang naik sebanyak 13.2% dan periklanan mencapai 12.1%. Lalu bagaimana peluang bisnis Digital Printing di tahun ini dan seterusnya ?

Potensi Bisnis Digital Printing di Indonesia

Menurut Direktur Industri Hasil Hutan dan Perkebunan Kementerian Perindustrian, Merriyanti Punguan industri percetakan adalah bisnis yang unik karena dapat mencapai pelosok negeri dan menunjang untuk pembelajaran di sekolah. “Industri percetakan itu sampai ke pelosok-pelosok ada. Jadi, ini adalah salah satu jenis industri yang cukup unik.” ucap Merriyanti.

Menurut Merriyanti, industri percetakan digital yang mampu mengjangkau seluruh daerah di Indonesia adalah pertanda baik karena artinya dapat menyerap tenaga kerja dan menyediakan kesempatan usaha bagi masyarakat. Industri percetakan dan grafika juga punya peran strategis dalam pembangunan masyarakat.

Namun, pasar percetakan yang sudah sangat luas di Indonesia ini masih menghadapi tantangan. Peran industri cetak di Indonesia masih sangat kecil di perdagangan internasional. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2021 nilai ekspor komoditi barang percetakan hanya 58.5 juta Dollar AS. Sedangkan, nilai impornya mencapai 168.3 juta Dollar AS. Ini artinya industri cetak masih menyumbang defisit pada neraca perdagangan.

Potensi Bisnis Digital Printing di Indonesia

Untuk mengatasi tantangan ini, industri Digital Printing di Indonesia harus berbenah dengan mengadopsi teknologi cetak terbaru. Selain untuk meningkatkan kualitas cetak, mesin Digital Printing terbaru meningkatkan efisiensi bisnis cetak. Mesin cetak generasi terbaru juga lebih ramah lingkungan karena menggunakan tinta berbasis air. Ini memungkinkan Anda mendapat pesanan dari perusahaan yang peduli dengan isu perubahan iklim.

Bhinneka DPS (Digital Printing & Signage) adalah salah satu unit bisnis Bhinneka yang melayani penjualan mesin Digital Printing dan layanan purna jual, seperti: service, instalasi, dan suku cadang. Kami menjual mesin Digital Printing dengan sertifikat Greenguard Gold. Tinta berbasis air dan proses cetak yang ramah lingkungan tidak membahayakan manusia dan alam. Selain mesin cetak, kami juga menjual mesin Engraving, Laser Cutting, dan Digital Cutter untuk melengkapi bisnis cetak kreatif. Cek selengkapnya di Solusi Digital Printing Indonesia.

Mesin Digital Printing vs Mesin Cetak Tradisional

Upgrade mesin cetak tradisional ke mesin Digital Printing membantu bisnis cetak di Indonesia bertumbuh. Hal ini diharapkan akan sejalan dengan prediksi pertumbuhan industri cetak di 2029 yang mencapai USD $230 miliar. Cetak digital membuat proses cetak lebih efisien dan ramah lingkungan. Tidak perlu membuat pelat cetak yang berpotensi jadi limbah, mesin Digital Printing dapat mencetak langsung dari file digital.

Bisnis percetakan digital di Indonesia diprediksi menggunakan dua jenis metode cetak, yaitu: fotografi elektro (berbasis toner) dan inkjet (berbasis tinta). Mesin cetak digital inkjet berbasis tinta biasa disebut sebagai cetak offset atau sablon. Mesin printer Inkjet atau laser format besar sangat diandalkan untuk jasa cetak komersial dengan volume tinggi. Mesin ini dapat mencetak berbagai jenis file digital di berbagai jenis media.

Mesin digital printing lebih cocok untuk menangani kebutuhan cetak saat ini yang ingin serba cepat. Tanpa buat pelat cetak yang makan banyak waktu, Anda bisa langsung cetak file yang dikirim pelanggan. Proses cetak lebih singkat dan pengiriman bisa lebih cepat. Pelanggan lebih puas karena tidak perlu menunggu lama.

Kelebihan Percetakan Digital

Kehadiran mesin cetak digital telah mengubah banyak pelaku bisnis dalam melakukan pemasaran. Kini, mereka bisa menciptakan produk sekreatif apapun tanpa batas. Materi promosi yang unik menambah nilai jual produk dan jasa Anda. Mesin Digital Printing dapat mewujudkan ide menjadi nyata. Kelebihannya lebih banyak dari mesin cetak tradisional. Apa saja ?

1. Cetak di Banyak Jenis Bahan

Mesin cetak digital yang dijual di Indonesia saat ini bisa digunakan untuk cetak di berbagai jenis bahan, mulai dari: kertas karton, kelas tebal, kaca, plastik, vinyl, linen, hingga poliester. Hal ini memungkinkan Anda bisa membuat berbagai macam karya kreatif di berbagai bahan dengan cepat. Tinta berbasis air pada mesin cetak ramah lingkungan memiliki kualitas warna lebih tajam tanpa mengorbankan kesehatan manusia dan lingkungan di sekitar.

2. Biaya Operasional Lebih Murah

Cetak digital lebih murah dibanding metode konvensional. Tidak perlu membuat pelat cetak yang mahal dan lama. Pelat cetak juga sangat tidak ramah lingkungan. Setelah tidak digunakan berpotensi jadi limbah menumpuk. Anda bisa langsung proses pesanan cetak setelah klien kirim file digital. Keuntungannya, biaya cetak bisa lebih terjangkau dan lebih cepat.

3. Kualitas Cetakan Lebih Tinggi

Digital Printing dapat menghasilkan cetakan berkualitas tinggi dari segi gambar dan teks. Meskipun saat ini menggunakan tinta berbasis air namun hasil cetaknya masih bisa bersaing dengan tinta lama yang mengandung limbah berbahaya. Cetakan tetap tahan dari perubahan cuaca, tidak mudah luntur, dan tahan lama. Warna cetakan lebih tajam apalagi dengan teknologi cetak yang makin canggih.

4. Kustomisasi Desain Apapun yang Dibutuhkan

Kehadiran mesin Digital Printing di Indonesia memungkinkan setiap pebisnis mampu menyesuaikan desain kemasan, materi pemasaran, surat pelanggan, kartu nama, souvenir atau merchandise, dan lainnya. Mesin cetak juga dilengkapi fungsi potong (cutting) sehingga setelah dicetak bisa langsung dipotong sesuai pola yang diinginkan. Produk yang biasa-biasa saja bisa diubah jadi unik sehingga akan lebih dilirik oleh konsumen.

Masa Depan Bisnis Cetak di Indonesia

Bisnis cetak dulunya hanya berkisar tentang buku, majalah, dan koran. Sangat terbatas dan tidak kreatif. Namun, kehadiran mesin Digital Printing di Indonesia telah mengubah semua itu. Pemilik bisnis tidak hanya bisa membuat media cetak konvensional saja. Mereka bisa membuat materi promosi kreatif, seperti: kemasan produk tematik yang unik, sablon baju yang desainnya dikustom, cetak sticker cutting untuk ditempel di toko, label makanan, atau buat neon box dengan cepat dan pola desain unik.

Layanan Digital Printing Lengkap Dibutuhkan UMKM

Mesin cetak dengan teknologi terbaru meningkatkan kualitas cetakan. Warna lebih cerah terlihat lebih profesional. Tidak akan mengecewakan pelanggan. Teknologinya terus dikembangkan supaya bisa beradaptasi dengan kebutuhan pelanggan yang terus berubah. Segmen konsumen semakin luas. Tidak hanya ke pengusaha media massa, kini Anda bisa tawarkan jasa cetak digital ke pemilik UMKM.

Leave a Reply