Upgrade laptop kantor dengan Snapdragon X Elite
Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

5 Alasan untuk Upgrade Laptop Kantor di Tahun 2024

Di tahun 2023, kita nyaris tidak mendengar banyak inovasi baru yang ditawarkan pada produk laptop. Dari segi desain masih nampak serupa seperti tahun sebelumnya. Peningkatan performa jadi satu-satunya faktor yang terus diulang setiap tahun untuk memberi penyegaran pada lini seri produk. Ini yang membuat banyak pemilik bisnis tidak punya cukup alasan upgrade laptop kantor di tahun 2024.

Akan tetapi, di tahun 2024 dipercaya jadi momen yang tepat untuk upgrade laptop perusahaan Anda. Berakhirnya dukungan Windows 7 dan 8, serta semakin dekatnya masa berakhir dukungan Windows 10 (Oktober 2025) mau tak mau membuat perusahaan harus mempersiapkan budget untuk upgrade perangkat kerja karyawannya. Ditambah lagi, pengguna Windows mulai bisa mencicipi Windows 12 sebagai versi refresh dari Windows 11.

Selain upgrade dari sistem operasi, ada beberapa alasan upgrade laptop kantor lainnya di tahun 2024, yaitu:

1. Snapdragon X Elite dengan Efisiensi Kelas Tinggi

Tidak lama setelah akuisisi Nuvia, Qualcomm meluncurkan prosesor Snapdragon X Elite. Prosesor ini menggunakan CPU Qualcomm Oryon yang merupakan prosesor Arm kustom untuk sistem operasi Windows. Qualcomm tidak menggunakan desain prosesor Arm, melainkan membuat lisensi arsitektur Arm untuk merancang prosesor yang benar-benar baru.

Upgrade laptop kantor dengan Snapdragon X Elite

Snapdragon X Elite merupakan salah satu jenis SoC di mana CPU, GPU, dan NPU terintegrasi menjadi satu. Chip ini memiliki 12 Performance Core yang masing-masingnya memiliki kecepatan 3.8 GHz. Menariknya, ada dua core yang dapat bekerja kencang dengan kecepatan hingga 4.25 GHz. Fabrikasi 4nm yang digunakan menjamin konsumsi daya lebih efisien untuk ukuran laptop.

Prosesor Snapdragon X Elite sudah teruji bisa mengalahkan beberapa prosesor terbaru. Konsumsi daya 68% lebih hemat dibanding Intel Core i7-1260P. Saat dites dengan Intel Core i7-13800H, kinerja prosesor Snapdragon ini bisa bekerja 60% lebih cepat dan konsumsi daya 65% lebih irit. Jika dibandingkan dengan Apple M2, kinerjanya bisa 50% lebih cepat.

2. Teknologi AI Jadi Senjata Baru di Laptop

Di tahun 2024, AI adalah teknologi yang penting. Hal ini senada dengan prediksi teknologi AI akan memasuki dunia komputasi dan mobile secara masif di tahun 2024. Intel dan AMD berusaha membangun NPU ke dalam chipset untuk mendukung implementasi AI lebih baik lagi.

Intel memanfaatkan AI untuk meningkatkan masa pakai baterai. AI digunakan untuk mengubah cara CPU dalam melakukan transisi daya dan menyesuaikan penggunaan daya. Kemampuan AI untuk meningkatkan grafis juga hadir karena adanya tambahan AI berbasis perangkat keras di laptop. Dukungan NPU yang membuat AI bisa bekerja secara offline jadi alasan upgrade laptop kantor paling baik di tahun 2024.

Kesimpulannya, teknologi AI dapat memberikan banyak manfaat di laptop, seperti:

  • Meningkatkan pemrosesan data, rendering grafis, dan kecepatan respon sistem
  • Mengelola konsumsi daya dan meningkatkan daya tahan baterai
  • AI membantu laptop berinteraksi dengan pengguna lebih alami
  • AI dapat meningkatkan keamanan laptop dengan mendeteksi ancaman siber
  • Laptop memahami permintaan pengguna, termasuk peningkatan kemampuan asisten virtual
  • Sistem AI meningkatkan teknologi pengenalan wajah dan sidik jari
  • Meningkatkan masa pakai perangkat keras dan lunak
  • Meningkatkan kemampuan pemrosesan gambar dan video untuk mengenali objek
  • Memungkinkan laptop mengoptimalkan kinerja sesuai kebiasaan pengguna
  • Kemampuan AI bisa dimanfaatkan untuk menjalankan aplikasi lebih pintar dan responsif.

3. Intel Meteor Lake Mengguncang Laptop di Tahun 2024

Intel Meteor Lake menggunakan arsitektur Tile terbaru. Prosesor terbaru Intel membawa perubahan yang cukup signifikan di tahun 2024. Penggabungan fabrikasi 7nm pada arsitektur prosesor 4 Tile yang terdiri dari: Graphics Tile, SoC Tile, I/O Tile, dan Compute Tile. SoC tile memperkenalkan NPU yang hemat daya, GPU Tile hadir dengan grafis Intel Iris Xe LPG lebih cepat, I/O Tile membawa dukungan Thunderbolt 4 dan PCIe Gen 5, serta Compute Tile menghadirkan Performance dan Effiecient Core lebih cepat dan efisien.

Alasan upgrade laptop dengan Intel Terbaru

Intel juga memperkenalkan grafis Intel Arc yang ada di prosesor terbarunya. Performanya dijanjikan naik hingga 2 kali lipat dibanding GPU terintegrasi yang digunakan sebelumnya. Prosesor Meteor Lake juga dibekali dua inti khusus yang digunakan untuk menjalankan tugas dasar komputasi. Tidak lupa NPU menjadikan proses AI lebih mudah diakses. Semua hal baru yang ditawarkan tersebut membuatnya lebih bersaing dengan Qualcomm.

4. Windows 12 Siap Dicicipi di Tahun 2024

Saat artikel ini ditulis, Microsoft belum memberi nama resmi untuk pembaruan besar pada Windows 11 di tahun 2024. Beberapa rumor menyebutkan varian terbaru OS Windows akan dinamai Windows 12. Fokus utama yang dibawa update besar ini adalah dukungan AI yang lebih sempurna. Ini akan menguntungkan bagi laptop Intel dan Qualcomm di tahun 2024 yang mengutamakan fitur AI.

Windows 12 juga menerapkan optimasi besar untuk prosesor berbasis Arm. Hal ini tentu menguntungkan prosesor Snapdragon X Elite dan PC dengan prosesor berbasis Arm yang ada di pasaran. Sementara itu, laptop Intel akan mendapatkan peningkatan daya tahan baterai berkat bantuan AI Windows 12. Pengembangan fitur Microsoft yang berbasis AI seperti Copilot juga memungkinkan vendor besar menciptakan inovasi besar di tahun 2024.

5. Penyegaran Lini MacBook dengan Chip M3 Terbaru

Chip Apple M3 adalah chip pertama Apple yang dibuat pada fabrikasi 3nm. Konsumsi dayanya otomatis lebih irit dibanding Chip seri M1 dan M2 yang dibuat pada 5nm. Chip Apple M3 memiliki CPU 8-core, GPU 10-core, dan memori terintegrasi dengan kapasitas 24GB.

Upgrade PC dan Laptop Apple M3

Chip ini diperkenalkan pertama kali pada Oktober 2023 dan langsung dipakai di MacBook Pro 14 inci. Kecepatan performanya 40% lebih cepat dibanding MacBook Pro 13 inci dengan chip M2. GPU generasi terbaru lebih cepat dan efisien. Apple memperkenalkan teknologi baru yaitu Dynamic Caching yang menghadirkan rendering ray tracing yang dipercepat perangkat.

Seperti biasanya, chip terbaru Apple rencananya akan dipakai di beberapa seri MacBook. Setelah MacBook Pro, chip kencang ini rencananya akan dipakai di MacBook Air di tahun 2024. Ini jadi informasi segar bagi Anda yang ingin mendapat peningkatan performa dan efisiensi yang lebih signifikan. Ditambah lagi, harga MacBook Air yang lebih ramah kantong membuatnya jadi opsi upgrade terbaik di tahun 2024.

Kesimpulan

Alasan upgrade laptop kantor yang paling tepat di tahun 2024 adalah untuk mendapatkan perangkat yang mendukung teknologi masa depan, yaitu AI. Prosesor yang dibekali NPU canggih dapat mengenali kebiasaan Anda saat bekerja. Prosesor yang mendukung AI secara offline juga dibutuhkan. Kerja Anda bisa lebih cepat dan lancar tanpa harus bergantung koneksi internet.

Tahun 2024, Microsoft sudah mengakhiri dukungan sistem operasi Windows 7 dan 8. Ini tandanya Anda harus segera upgrade ke sistem Windows 10 atau 11. Namun, untuk pengguna Windows 10 harus bersiap karena tahun 2025 dukungan Windows 10 akan berakhir. Jika Anda ingin upgrade laptop baru di tahun 2024, bukan hanya bisa pakai Windows 11 yang dukungannya masih lama, namun juga bisa pakai Windows 12 terbaru.

Leave a Reply