Info

Ini 4 Macam Gaya Renang dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Mengetahui serta menguasai berbagai macam gaya renang serta rutin atau hobi berenang dapat mendatangkan banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Berenang adalah salah satu golongan olahraga kardio yang cocok untuk segala usia.

Berenang meski merupakan olahraga kardio, namun memiliki risiko cedera yang lebih rendah dibandingkan dengan olahraga kardio lainnya. Selain memiliki banyak manfaat kesehatan, olahraga renang juga dapat dijadikan salah satu sarana rekreasi atau aktivitas yang menyenangkan.

Dalam berenang terdapat berbagai macam gaya renang. Tentu saja untuk memaksimalkan manfaat untuk tubuh serta pembakaran kalori dari renang, Anda perlu berenang dengan pola atau form yang tepat dan sesuai untuk masing – masing gaya renang.

macam gaya renang

Bagi Anda yang sedang belajar berenang, pada artikel ini akan dibahas berbagai macam gaya renang yang dapat Anda coba dan praktekkan di kolam renang. Masing – masing gaya renang ini memiliki sejumlah manfaat dan juga kesulitannya tersendiri.

Macam – Macam Gaya Renang

Gaya renang yang dasar dan umum terbagi menjadi 4 macam. Keempat gaya renang ini juga merupakan jenis gaya renang yang seringkali dilombakan dalam kontestasi olahraga. Gaya berenang yang umum antara lain:

  • Gaya Bebas (Freestyle atau front crawl)
  • Gaya Dada (Gaya katak atau breaststroke)
  • Gaya Punggung (Backstroke)
  • Gaya Kupu – Kupu (Butterfly Stroke)

Teknik Renang dan Manfaatnya

Keempat gaya renang di atas diurutkan mulai dari tingkat kesulitannya. Oleh karenanya, disarankan bagi Anda yang sedang belajar berenang dan mencoba menguasai berbagai teknik gaya renang, untuk memulainya dengan gaya bebas terlebih dahulu dan diteruskan dengan gaya berikutnya setelah menguasainya.

Gaya Bebas atau Freestyle

Gaya renang ini mudah untuk dipelajari dan gerakan yang dilakukan pun cukup sederhana dan tidak rumit. Gaya renang ini juga merupakan gaya renang yang efisien dan juga cepat. Untuk mempelajari gaya ini, perenang pemula juga dapat mulai dengan mempelajari gerakan meluncur terlebih dahulu.

Gaya renang ini melibatkan seluruh otot tubuh terutama otot inti, punggung, lengan, dada, hingga kaki. Berikut beberapa manfaat dari gaya renang bebas:

  1. Gaya renang ini melibatkan berbagai macam otot tubuh sehingga otot – otot tubuh dapat terlatih kekuatannya.
  2. Gaya renang ini juga dapat membantu menurunkan berat badan. Renang intensif dengan gaya renang ini dipercaya dapat membakar kalori hingga 400 – 500 kalori per jamnya
  3. Untuk anak – anak atau remaja yang dalam masa pertumbuhan, berenang dengan gaya renang ini dapat membantu meninggikan badan karena otot – otot tubuh tertarik saat melakukan gerakan gaya renang bebas

Gaya Dada atau Gaya Katak

Gaya dada merupakan gaya renang yang memiliki gerakan unik dan berbeda dengan gerakan pada gaya renang lainnya. Pada gaya ini, gerakan tangan dan kaki terbilang lebih lambat dan santai. Gaya ini disebut juga dengan gaya katak, karena gerakannya menyerupai gerakan katak saat berenang.

Teknik ini mengunakan dorongan dari tangan dan kaki, serta memungkinkan perenang untuk mengambil napas singkat dalam setiap gerakannya. Teknik ini cenderung santai dan tidak banyak menghabiskan energi dibandingkan dengan gaya bebas maupun gaya kupu kupu.

Manfaat renang dengan gaya katak antara lain:

  1. Mengurangi stres. Hal ini dikarenakan gerakan pada gaya dada yang relatif santai dan lambat sehingga tubuh lebih rileks dan dapat menikmati renang dengan maksimal
  2. Menguatkan tulang dan otot terutama otot dada dan seluruh kaki.
  3. Untuk orang tua ataupun orang yang memiliki sakit di sendi atau otot dapat menggunakan gaya ini karena lebih tidak memberikan beban untuk otot tubuh

Gaya Punggung

Renang gaya punggung menggunakan punggung sebagai tumpuan. Dapat dikatakan posisi gaya punggung merupakan kebalikan dari posisi gaya bebas. Pada gaya ini, Anda berbaring mengapung dengan posisi telentang dan gerakan kaki dan tangan sama seperti gaya bebas, hanya saja posisi tangan mendayung ke belakang.

Gaya ini juga memungkinkan perenang untuk tetap bernapas selama berenang karena wajah tidak masuk ke dalam air. Berikut ini manfaat dan kelebihan dari gaya punggung:

  1. Salah satu gaya yang mudah dipelajari juga untuk pemula
  2. Memungkinkan perenang untuk tetap bernapas saat berenang
  3. Dapat memperkuat otot punggung dan membantu orang – orang yang menderita masalah punggung

Gaya Kupu Kupu

Gaya kupu – kupu merupakan gaya renang tersulit dan banyak menguras tenaga. Hal ini dikarenakan seluruh bagian tubuh aktif bergerak. Meski tersulit, namun gaya renang ini memiliki manfaat antara lain:

  1. Membakar kalori lebih besar dibandingkan dengan gaya renang lainnya
  2. Seluruh otot tubuh aktif bergerak dan terlatih saat berenang dengan gaya ini, mulai dari otot dada, perut, punggung, dan lainnya
  3. Membentuk postur tubuh

Demikian pembahasan mengenai berbagai macam gaya renang dan juga manfaatnya untuk kesehatan tubuh. Anda dapat rutin berenang dengan pilihan gaya renang favorit Anda karena setiap gaya renang memiliki manfaat yang sama dan berguna untuk kesehatan tubuh Anda.

Leave a Reply