Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Arti 12 Istilah Medis yang Sering Anda Dengar

Dunia medis bisa dibilang memiliki bahasanya sendiri. Ini memang memiliki tujuan, agar orang awam tidak bisa sembarangan dan perlu dibantu oleh para tenaga profesional untuk perawatan kesehatan mereka. Tapi, bukan berarti Anda tidak perlu mengetahui beberapa istilah medis dasar.

Berikut adalah 12 istilah medis yang mungkin sering Anda dengar dan juga uraian definisinya:

Diagnosis
Diagnosis adalah identifikasi terhadap sesuatu penyakit. Istilah medis ini sering diucapkan dokter kepada pasiennya, ketika seorang pasien menderita penyakit tertentu, contohnya saja seperti “Anda di diagnosis penyakit diabetes mellitus“.

Skrining
Skrining adalah deteksi dini untuk mengetahui apakah seseorang memiliki penyakit atau tidak. Istilah medis ini sangat sering didengar didalam suatu paket pemeriksaan tes darah, contohnya saja seperti tes skrining pemeriksaan tumor payudara.

Akut
Akut adalah gambaran suatu kondisi atau penyakit yang terjadi secara tiba-tiba, dalam waktu singkat dan biasanya menunjukkan gangguan yang serius. Dan tentunya kata ini sangat identik dengan suatu “penyakit”.

Kronis
Kronis adalah gambaran suatu kondisi atau penyakit yang terjadi dalam periode berulang terjadi perlahan lahan dan semakin serius. Dan tentunya istilah medis ini sangat identik dengan suatu “penyakit”.
Faktor Resiko
Faktor resiko merupakan karakteristik, kebiasaan, tanda yang tampak atau tak tampak pada individu atau populasi sebelum terserang suatu penyakit. Dari faktor resiko ini yang kemudian dijadikan dasar penentuan tindakan pencegahan dan penanggulangan. Contohnya saja seperti seseorang yang sering merokok, maka orang tersebut memiliki faktor resiko penyakit jantung, maka alangkah lebih baik jika tidak merokok.
Mortalitas
Mortalitas adalah istilah yang digunakan untuk menghitung jumlah orang yang meninggal dalam suatu populasi. Contohnya saja seperti adanya bencana alam tanah longsor, maka kata ini akan menjadi salah satu kata yang akan Anda dengar.
Morbiditas

Morbiditas adalah istilah yang mengacu pada keadaan sakit atau tidak sehat dalam suatu populasi. Dengan kata lain, morbiditas merupakan angka yang sering digunakan untuk menggambarkan pola penyakit yang terjadi di masyarakat

Kemoterapi
Kemoterapi adalah pengobatan yang dilakukan untuk merusak atau membunuh sel-sel kanker secara menyeluruh. Tujuan kemoterapi ialah untuk mencegah kanker agar tidak menyebar, memperlambat pertumbuhan sel-sel kanker, membunuh sel kanker yang sudah menyebar dan meredakan atau mengurangi penyakit kanker.

Transfusi Darah
Transfusi darah merupakan proses menyalurkan darah satu orang ke sistem peredaran darah orang lainnya. Dan transfusi darah dengan donor darah merupakan kata yang sangat berbeda maknanya.

Trombus
Trombus adalah sumbatan akibat lemak di pembuluh darah. Dan tentunya kata ini sangatlah identik dengan “darah”.

Antibodi
Antibodi adalah suatu protein yang sudah di pecah yang terbentuk sebagai respon ketahanan tubuh terhadap benda asing (antigen) yang tidak dikenali tubuh dan akan bereaktif terhadap anti gen tersebut. Biasanya kata ini akan sangat identik dengan kata “imunisasi” dan “sistem kekebalan tubuh”.

Antigen
Benda asing yang tidak di kenali oleh tubuh. Banyak orang yang masih asing mendengar kata ini, padahal kata ini sangat identik dengan kata “antibodi”.

Setelah memahami berbagai istilah medis di atas, jangan lupa juga untuk memeriksakan kesehatan Anda secara rutin. Sekedar paham istilahnya saja tentu tidak ada gunanya tanpa mengambil tindakan untuk menjaga kesehatan. Dapatkan berbagai paket pemeriksaan kesehatan dari Triasse untuk Anda secara personal atau perusahaan di Bhinneka.Com pada link Triasse

Leave a Reply