Info Bisnis Teknologi dan Bisnis

Awas Salah Beli, Ini Perbedaan Purifier dan Humidifier

Perbedaan purifier dan humidifier seringkali membuat banyak orang keliru dalam membedakan dan membeli kedua produk elektronik tersebut. Baik air purifier maupun air humidifier sama – sama memiliki fungsi membuat kualitas udara dalam ruangan menjadi lebih baik. Akan tetapi keduanya meskipun serupa, tapi tidak sama.

Baik Air Purifier maupun Air Humidifier berbeda dari segi pengertian, fungsi, cara kerja, hingga penempatannya. Anda perlu membedakan fungsi dari kedua alat tersebut dan kapan perlu memakai air purifier maupun air humidifier. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas singkat mengenai perbedaan purifier dan humidifier agar Anda tidak keliru dan salah dalam menggunakannya.

Apa itu Air Purifier

Air purifier, sesuai namanya dari bahasa inggris purify memiliki arti menjernihkan. Air purifier adalah salah satu produk elektronik yang dapat memperbaiki kualitas udara dengan cara menjernihkan udara dari partikel – partikel kotor seperti debu, alergen, dan bakteri.

air purifier

Apa itu Air Humidifier

Air humidifier, berasal dari kata humidify artinya melembabkan. Air humidifier adalah produk elektronik yang berfungsi untuk memperbaiki kualitas udara dalam ruangan yang kering agar menjadi lebih lembab dengan cara menyemprotkan uap air ke udara.

Perbedaan Purifier dan Humidifier

Dari pengertian di atas, tampak jelas perbedaan fungsi dari air purifier maupun air humidifier. Air purifier bekerja dengan cara menyaring udara kotor dan memerangkap partikel seperti debu, alergen atau bakteri, sehingga udara dalam ruangan menjadi lebih segar dan steril.

Pada bagian dalam air purifier terdapat filter yang dapat menyaring debu, alergen atau bakteri dalam ukuran kecil. Beberapa jenis air purifier juga memiliki filter yang khusus untuk menyaring asap dan banyak digunakan dalam ruangan yang terdapat asap rokok misalnya.

Setelah menyaring udara kotor, air purifier akan melepaskan udara bersih, sehingga udara yang dihirup terasa lebih segar dan steril. Air purifier biasanya ditempatkan dalam ruangan seperti kamar tidur, ruang keluarga atau ruangan yang membutuhkan penjernih udara. Air purifier perlu disesuaikan dengan besar atau luas ruangan agar dapat menyaring udara dengan efektif.

perbedaan purifier dan humidifier

Selanjutnya adalah air humidifier. Alat ini bekerja dengan menyemprotkan uap air ke udara untuk mengembalikan atau menambah kelembapan di ruangan yang kering. Ruangan yang kering dapat membawa berbagai masalah kesehatan. Untuk itulah diperlukan air humidifier agar kelembapan udara dalam ruangan dapat dikembalikan ke kelembapan ideal.

Air humidifier membutuhkan banyak air untuk dapat bekerja karena alat ini akan menyemprotkan uap air ke udara. Beberapa air humidifier yang dijual biasanya memiliki kapasitas tangki air yang berbeda – beda.

Untuk penempatan, air humidifier cocok ditempatkan di ruangan atau kamar dengan udara yang terasa kering. Hindari menempatkan air humidifier jenis warm mist atau yang menyemprotkan uap panas dalam kamar tidur, terutama kamar tidur anak untuk menghindari risiko kulit terbakar akibat uap panas secara tidak sengaja.

Perlu diingat juga agar pemakaian air humidifier tidak berlebihan dan jangan terus menerus. Apabila kondisi kamar sudah mencapai kelembapan ideal, ada baiknya hentikan pemakaian air humidifier. Kondisi ruangan dengan udara yang terlalu lembab juga dapat berbahaya untuk kesehatan, serta dapat menjadi sarang tumbuhnya jamur. Untuk mengetahui tingkat kelembapan dalam ruangan Anda dapat menggunakan bantuan alat hygrometer digital.

Demikian perbedaan dari air purifier dan air humidifier yang perlu Anda ketahui. Anda dapat menggunakan air purifier dan air humidifier dan meletakkannya dalam ruangan di rumah atau kantor Anda sesuai dengan kebutuhan.

Leave a Reply