beralih dari tv analog ke tv digital
Tips & Tutorial

Simak Cara Beralih TV Analog ke TV Digital dan Pengecekannya

Mengapa harus beralih ke TV digital? Mungkin itu adalah salah satu pertanyaan yang muncul dipikiran Anda setelah Kominfo mengeluarkan berita tentang pemberhentian TV analog dengan beralih ke TV digital.

Kominfo mengatakan bahwa peralihan TV analog ke TV digital dilakukan dengan tujuan untuk memberikan kualitas tontonan yang semakin berkualitas kepada masyarakat Indonesia.

Namun, pernyataan dari kominfo tersebut tentu membuat pertanyaan besar tentang bagaimana cara mengecek apakah TV yang ada di rumah kita sudah digital atau belum. Serta bagaimana cara beralih ke TV digital?

Nah, Untuk Anda yang masih belum mengetahui cara beralih dari TV analog ke TV digital, mari simak penjelasan secara ringkas berikut ini.

Perbedaan TV Analog dan TV Digital

TV Analog

Sebelum beralih ke tv digital, Anda harus mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara tv analog dan tv digital. Berikut merupakan beberapa perbedaan yang dapat dilihat dari kedua jenis tv tersebut:

Ciri-Ciri TV Analog

  • TV analog merupakan TV yang memancarkan sinyal dengan menggunakan sistem analog yang mirip dengan radio.
  • TV analog mendapatkan siaran dengan proses transmisi gelombang radio.
  • TV analog masih memperoleh audio dari transmisi FM dan video dari transmisi AM.
  • TV analog terkadang mendapatkan kendala pada kualitas sinyal karena cuaca atau letak geografis yang tidak mendukung.
  • TV analog masih memiliki batasan dalam memperoleh siaran tontonan sehari-hari.

Ciri-Ciri TV Digital

  • TV digital bisa memancarkan sinyal menggunakan sistem digital dan sistem analog sekaligus.
  • TV digital mendapatkan siaran dengan proses bit data informasi.
  • TV digital sudah memperoleh audio dan video melalui kode binary seperti data computer yang terdiri dari 1 dan 0.
  • TV digital tidak akan memiliki permasalahan sinyal meskipun cuaca dan letak geografis kurang mendukung karena jarak pemancaran sinyal yang cukup meningkat.
  • TV digital sudah bisa mengakses banyak siaran untuk tontonan sehari-hari.

Baca juga: Ingin Beli Televisi Baru Baca Dulu Tips Berikut

Cara Mengecek Apakah TV Sudah Digital

TV Digital

Setelah mengetahui perbedaan antara TV analog dan TV digital, Anda pasti ingin mengetahui jenis apa  TV di rumah Anda sebelum nanti beralih ke TV digital. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan saat ingin mengecek jenis TV Anda.

Pengecekan Melalui Situs Kominfo

Untuk mengecek apakah TV anda sudah digital atau belum, anda bisa memasuki situs Kominfo untuk mencari pengecekan merk TV yang anda miliki. Berikut langkah-langkah pengecekan melalui situs kominfo:

  • Langkah pertama buka halaman website resmi Kominfo pada https://siarandigital.kominfo.go.id/
  • Langkah selanjutnya pilih menu “Perangkat TV Digital”
  • Selanjutnya tekan “pilih kategori”
  • Lalu Pilih “Televisi”
  • Lanjutkan dengan menulis merek TV beserta tipenya
  • Selanjut apabila merk dan tipe TV muncul dalam daftar setelah pencarian, maka TV tersebut sudah terdaftar pada siaran TV digital.
  • Tetapi apabila merk dan tipe TV yang dicari tidak keluar pada daftar dan yang keluar adalah kalimat “Mohon maaf perangkat yang Anda cari tidak terdaftar pada database kami atau belum memiliki sertifikasi perangkat” maka TV tersebut masih berjenis TV analog.

Pengecekan Secara Mandiri

Selain mengecek melalui situs Kominfo, Anda juga bisa mengecek secara mandiri dengan beberapa cara seperti berikut:

  • Memeriksa fitur HDTV

Anda dapat memeriksa kabel-kabel pendukung yang ada pada body TV Anda seperti jack input built-in HDTV, DTV, Digital Turner, HD Ready, Digital Ready, Digital Tuner Built-In, Digital Receiver, dan lain sebagainya. Apabila salah satu kabel tersebut tidak ada di TV Anda, maka TV tersebut masih belum termasuk dalam TV digital.

  • Mengecek Saluran TV Digital

Anda bisa mencari beberapa siaran yang hanya ada pada TV digital melalui remot TV. Apabila TV Anda bisa mengakses siaran digital, maka akan terdapat pilihan DTV atau Channel Digital. Namun apabila TV tersebut tidak bisa mengakses channel tersebut, maka dipastikan TV tersebut masih berjenis TV Analog.

  • Mencari Tahu Spesifikasi TV

Sebelum membeli sebuah TV, Anda bisa mencari tahu terlebih dahulu apakah TV tersebut sudah bisa mengakses pada channel digital atau belum. Anda bisa memasukkan nomor model TV yang ingin Anda beli pada laman website resmi merk tersebut, atau Anda bisa bertanya terlebih dahulu pada penjual TV sebelum membeli.

Baca juga: 7 Rekomendasi Smart TV Terbaik 2022 Layar Besar

Cara Beralih dari TV Analog ke TV Digital

Terdapat dua cara yang bisa Anda lakukan untuk beralih dari TV analog ke TV digital. Dua cara tersebut yaitu:

Memasang Set Top Box (STB) Digital Pada TV

Apabila TV di rumah Anda masih baru, Anda tidak perlu membeli TV lain dulu untuk beralih ke TV digital. Anda cukup memasangkan STB yang mampu menangkap sinyal DVB-T2 untuk bisa akses pada siaran digital.

Harga dari STB biasanya berkisaran Rp. 200.000 saja. Cukup murah untuk Anda yang masih tidak ingin berganti ke TV baru. Namun, Anda harus mengecek terlebih dahulu jenis STB yang Anda beli apakah sudah bisa menangkap sinyal DVB-T2.

Untuk mencari tau apakah jenis STB sudah mampu menangkap sinyal DVB-T2, Anda bisa klik disini

Membeli TV Baru Dengan Jenis Digital

Cara yang kedua adalah membeli TV baru untuk rumah Anda. Jika Anda merasa TV dirumah Anda sudah bisa untuk diupgrade, Anda bisa melakukan pembelian TV baru baik di toko atau situs jual beli online.

Namun sebelum membeli TV baru, Anda harus memerhatikan lebih detail kelebihan dan kekurangan dari TV yang ingin Anda beli. Tentu hal yang paling penting adalah TV tersebut sudah bisa mengakses siaran digital.

Untuk melihat referensi merk TV baru, Anda bisa klik disini

Keuntungan Beralih ke TV Digital

Keuntungan Beralih TV Digital

Menurut pakar ahli teknologi, terdapat beberapa keuntungan yang akan diperoleh apabila kita beralih ke TV digital pada saat ini. Berikut merupakan beberapa kelebihan tersebut.

  • Siaran TV yang diperoleh akan lebih variatif
  • Layanan TV akan lebih berkualitas
  • Hasil siaran akan lebih jernih dan canggih
  • Siaran TV akan merata ke seluruh pelosok daerah
  • Siaran akan aman meskipun cuaca buruk
  • Interferensi pada negara tetangga akan hilang

Kesimpulan

Itulah pembahasan singkat tentang TV analog dan TV digital. Setelah mengetahui cara beralih dan mengecek TV digital, Anda bisa langsung mulai mencari tahu pada TV di rumah Anda untuk nanti bisa melakukan upgrade TV secara mandiri di rumah Anda.

Perlu diingatkan kembali bahwa penghapusan TV analog baru dilakukan pada beberapa daerah saja sampai saat ini. Oleh karena itu, Anda masih memiliki waktu yang banyak untuk menentukan cara seperti apa dalam beralih ke TV digital.

Leave a Reply