Info Press Release

Bhinneka dan Ok Oce Indonesia Gelar Webinar Optimalisasi Peran Youngpreneur di Era Digital

Webinar Optimalisasi Peran Youngpreneur di Era Digital, hasil kolaborasi antara Bhinneka dan Ok Oce Indonesia merupakan wujud kepedulian dan harapan agar UMKM di seluruh Indonesia dapat Go Digital dan memiliki penghasilan yang meningkat, Selasa (01/10/2022).

Webinar ini turut dihadiri oleh Founder Ok Oce Bapak Indra Uno, Ketua Umum OK Oce Bapak Iim Rusyamsi, VP Corporate Affairs Bhinneka Bapak Bima Laga, dan Head of Business Bhinneka sekaligus Co Founder Aronawa Bapak Dennis Kumara.

Kegiatan webinar ini dibuka oleh sambutan Ketua Umum Ok Oce Bapak Iim Rusyamsi, Beliau memperkenalkan website Okocemall.com serta cara untuk bergabung dan bertransaksi di Ok Oce Mall. Beliau juga menyampaikan harapannya pada 2024 nanti akan tercipta 30 juta UMKM yang Go Digital sehingga bisa menambah lapangan kerja di Indonesia.

Sambutan selanjutnya dilanjutkan oleh VP Corporate Affairs Bhinneka Bapak Bima Laga. Beliau menyampaikan kerja sama antara Bhinneka dan OkOce yang melahirkan  Okocemall.com. Bhinneka juga mendukung penuh program-program pemuda melalui kolaborasi seperti program Campus Marketplace yang sudah dijalankan 20 perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

Masuk ke sesi pembicara pertama dari Head of Business Bhinneka sekaligus Co Founder Aronawa Bapak Dennis Kumara. Membawakan topik presentasi dengan judul Optimalisasi Peran Youngpreneur di Era Digital, Beliau menyampaikan bahwa bisnis tidak selalu tentang uang dan modal untuk memulainya tetapi fokuslah pada peluang yang menghasilkan uang.

Bapak Dennis Kumara atau yang biasa disapa Kak Kumara berpesan untuk para pemuda jangan hanya menjadi pribadi yang konsumtif, tetapi ayo kreatif dan menjadi produktif. Peka terhadap kebutuhan masyarakat bisa menjadi peluang untuk kita terus berinovasi.

Selain itu, Bapak Kumara memberikan tips untuk berjualan di toko online yaitu konten adalah kunci. Konten yang sangat lengkap dan detail seperti foto, harga, deskripsi, varian, dan sebagainya akan membuat pembeli tidak kebingungan ketika masuk ke toko online kita.

Sebagai penutup, Bapak Kumara menyampaikan bahwa di era saat ini costumer sudah banyak beralih ke belanja digital. Bahkan, berdasarkan riset dari 100% customer yang pergi ke offline store, 87%-nya sudah melakukan riset terlebih dahulu di internet sebelum mereka berbelanja ke toko offline. Maka dari itu, saat ini UMKM harus Go Digital, think big, dream big, dan take action sekarang!

Dilanjutkan oleh Pembicara kedua, Founder Ok Oce Bapak Indra Uno. Beliau menyampaikan bahwa di era sekarang kita bisa berbisnis dengan memutar-balikan pola pikir. Jika dahulu kita berpikir untuk menjual produk baru menjajakannya, saat ini kita mencari dan menentukan target pasar terlebih dahulu baru memikirkan produknya.

Dalam memulai bisnis Beliau menyampaikan untuk bisa menggunakan Bisnis Model Canvas (BMC) yang disederhanakan. Ada 3 langkah yang perlu dipersiapkan yaitu siapa yang membeli? Bagaimana kita menjual dan mengelola produknya? terakhir, produk apa saja yang akan kita jual? Begitu, ungkap Beliau.

Bersama OkOce yang bekerjasama dengan Bhinneka dan Aronawa, Beliau mengatakan akan terus melakukan pendampingan kepada UMKM dengan tujuan untuk memperkecil resiko usaha.

Diakhir sesi, Bapak Indra Uno dan Bapak Dennis Kumara memberikan penutup dengan berpesan sebagai generasi muda ayo ciptakan lapangan kerja dan bulatkan tekad untuk berani melangkah mengimplementasikan bisnisnya sendiri.

Untuk melihat rekaman webinar bisa klik link berikut: Optimalisasi Peran Youngpreneur di Era Digital

Leave a Reply