bisnis retail adalah
Info Bisnis Inspirasi Bisnis

Apa itu Bisnis Retail ? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Bisnis retail adalah jenis usaha yang menggunakan toko untuk menjalankan retail. Bisnis retail menjual barang atau jasa langsung ke konsumen akhir. Perkembangan jaman membuat toko retail tidak lagi berbentuk fisik. Anda bisa menjalankan usaha retail dengan bermodalkan situs website untuk jualan secara online. Produk yang dijual toko retail adalah yang bisa langsung digunakan oleh konsumen, bukan untuk dijual kembali.

Bisnis retail adalah salah satu jenis usaha yang berkontribusi besar menggerakan roda ekonomi. Mulai dari retail kecil lokal sampai toko retail multinasional punya peran penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Jika Anda ingin memulai bisnis retail, Anda perlu mengetahui pengertian bisnis retail, jenisnya, dan strategi bisnis retail, dan apa yang harus ditawarkan:

Pengertian Bisnis Retail

Seperti yang sudah pernah kita bahas di artikel pengertian bisnis retail, retail adalah bidang usaha yang menjual barang dan jasa dari suatu individu atau bisnis ke pengguna akhir (end user). Jadi, pengertian bisnis retail adalah kegiatan menjual barang dan jasa kepada konsumen biasanya dalam bentuk toko, situs website, atau aplikasi.

bisnis retail adalah

Penjualan di bisnis retail bisa dalam berbagai cara, mulai dari toko fisik, online, penjualan langsung, atau melalui layanan pos dan telepon. Banyak sekali bentuk toko retail yang kita temukan, mulai dari toko kelontong di dekat perumahan penduduk hingga departement store. Pemilik usaha toko retail atau pengecer menjual barang dan jasa ke konsumen yang membeli produk untuk langsung digunakan.

Peran Bisnis Retail untuk Perekonomian

Bisnis retail memiliki pengaruh besar pada perkembangan ekonomi suatu negara. Toko menjual barang yang sudah dikenakan PPN, kemudian pajak tersebut dibayar ke negara. Perusahaan retail juga menyediakan lowongan kerja untuk masyarakat. Ini berkontribusi untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat, memungkinkan negara bisa menarik pajak dari masyarakat, dan menurunkan pengganguran.

Bisnis retail adalah salah satu bidang usaha yang membantu masyarakat. Toko retail menghadirkan produk yang siap untuk dikonsumsi. Retailer menyediakan produk atau jasa yang berguna untuk memenuhi kebutuhan hidup masyarakat. Pelanggan tidak perlu repot mencari yang diinginkan. Mulai dari bahan makanan, pakaian, obat, hingga kendaraan bisa didapatkan di toko. Pengecer online menawarkan pengiriman produk langsung ke rumah pelanggan.

Bisnis retail adalah salah satu bagian dalam sistem besar yang disebut rantai pasokan (supply chain). Retail adalah bagian dari rantai pasokan yang menghubungkan produsen ke konsumen. Toko retail menghubungi vendor dan beli produk dalam jumlah besar lalu dijual secara eceran. Bisnis retail bisa berhubungan dengan banyak produsen supaya bisa menawarkan macam-macam produk.

Jenis Bisnis Retail

Berikut ini beberapa macam dan ukuran bisnis retail yang populer saat ini:

1. Supermarket

Supermarket adalah salah satu jenis bisnis retail yang menjual berbagai macam kategori dan lini produk. Setiap orang bisa menemukan apapun yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, seperti: bahan makanan, buah-buahan, sayuran, roti, makanan ringan, sabun, sampo, minuman sachet, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

Peran Retail untuk Perekonomian

Konsumen bisa menemukan semua yang dibutuhkan untuk rumah tangga di satu tempat. Mereka tidak perlu pergi ke banyak toko untuk beli semua yang diinginkan. Supermarket membuat belanja lebih nyaman dan hemat waktu. Untuk menarik perhatian konsumen dan mengalahkan kompetitor, biasanya menawarkan diskon, promo, dan produk unik.

2. Toko Serba Ada (Toserba)

Berbeda dengan supermarket, toko serba ada bisa ditemukan di berbagai tempat atau dekat perumahan penduduk. Toserba memiliki ukuran toko yang lebih kecil dibanding supermarket. Jumlah dan varian produk yang dijual lebih sedikit. Kelebihan toserba adalah dekat dengan penduduk dan cocok untuk pembelian dalam jumlah kecil. Pembeli bisa datang ke toserba lalu beli 1 atau 2 barang, tak perlu antri panjang, bayar, lalu pulang.

3. Toko Khusus

Toko khusus bisa memiliki ukuran kecil seperti toserba dan besar seperti supermarket. Bedanya, toko khusus hanya menjual produk kategori tertentu saja. Kelebihan toko khusus adalah Anda bisa temukan produk yang tidak Anda temukan di toko retail yang menjual berbagai macam barang. Karena menjual produk khusus, Anda bisa temukan pilihan yang lebih beragam yang tak bisa ditemukan di mana saja.

4. Toko Online (e-Commerce)

Toko online adalah bisnis retail yang menjual berbagai macam produk atau kategori tertentu saja. Terkadang toko online menjual produk dan jasa yang tidak bisa ditemukan di toko retail fisik. Harga produk dan jasa bisa lebih murah karena toko online tidak butuh sewa toko fisik. Toko online bekerjasama dengan jasa ekspedisi untuk mengirim produk langsung ke rumah pelanggan.

Kelebihan toko online ini cocok untuk konsumen yang ingin belanja tapi tidak punya waktu untuk keluar rumah. Perkembangan teknologi dan internet, memungkinkan setiap orang bisa belanja online. Tidak ada batas jam operasional, pelanggan bisa pesan produk kapan saja. Bayar produk bisa melalui online banking, transfer bank, atau bayar di mini market.

Kebutuhan yang semakin beragam melahirkan jenis toko online yang beragam. Ada toko online B2C yang menjual produk dan konsumen individu. Ada juga toko online B2B yang menjual produk ke pemilik usaha atau instansi pemerintah. Kenali perbedaan toko online B2C dan B2B.

5. Toko Diskon

Toko diskon adalah bisnis retail yang membeli produk dalam jumlah besar dengan harga murah. Margin produk yang dijual lebih rendah dibanding supermarket atau toserba sehingga harga jual akhirnya lebih murah. Supaya lebih menarik, harga murahnya dibalut dengan diskon. Karena margin lebih rendah, toko diskon mengincar konsumen yang ingin belanja dalam jumlah banyak.

6. Toko Obat (Apotek)

Toko obat adalah bisnis retail yang menjual produk spesifik. Pengertian bisnis retail ini tidak jauh berbeda dengan toko khusus. Namun, karena untuk menjual obat-obatan butuh izin khusus tidak semua orang boleh menjual obat. Selain menawarkan obat-obatan, toko retail ini juga menjual produk kesehatan dan kecantikan, alat bantu medis, alat cek kesehatan mandiri, vitamin, dan layanan konsultasi kesehatan oleh dokter umum.

Contoh Bisnis Retail

Berikut ini beberapa contoh bisnis retail yang biasa Anda temukan. Semoga bisa jadi inspirasi ide usaha.

  • Toko Sembako. Makanan dan minuman adalah kebutuhan primer. Toko sembako pasti selalu laku karena termasuk kebutuhan dasar manusia. Anda bisa jual beras, bahan makanan, telur, bahan kue, jajanan anak, sampai minuman ringan. Toko sembako yang sukses biasanya menjual dengan harga lebih murah, mampu menjaga hubungan baik dengan pelanggan, dan punya jam operasional yang pasti.
  • Toko Makanan Ringan. Toko retail ini menjual snack atau makanan ringan dengan harga lebih murah dan jumlah lebih banyak. Masyarakat yang suka stok makanan ringan di rumah pasti suka karena harga satuan lebih murah. Toko retail khusus snack juga bisa untuk konsumen yang ingin menjualnya kembali.
  • Toko Kosmetik. Industri kecantikan mengalami pertumbuhan hingga 4.75% di seluruh dunia. Anda bisa buat toko retail khusus kosmetik untuk menyasar segmen menengah, ke atas atau bawah. Pastikan Anda sudah memiliki lisensi untuk menjual kosmetik karena berhubungan dengan kesehatan konsumen. Jual produk kosmetik yang sudah memiliki izin edar resmi supaya aman dari masalah di kemudian hari.
  • Toko Olahraga. Hobi olahraga bisa membantu Anda untuk membuka toko retail khusus olahraga. Anda bisa pilih produk dari vendor atau produsen yang tepat untuk dijual. Pastikan pilihan produk yang lengkap supaya pelanggan bisa membeli banyak pilihan peralatan olahraga yang diinginkan. Sebelum membuka toko retail, sebaiknya lakukan riset untuk identifikasi permintaan spesifik di wilayah Anda.
  • Toko Barang Bekas. Tingkat konsumsi yang tinggi membuat banyak orang melakukan pembelian secara berlebihan. Barang yang belum tentu bermanfaat dibeli untuk kesenangan. Sehingga saat sudah bosan barang tersebut dibuang begitu saja. Toko retail khusus barang bekas jadi solusi untuk orang-orang yang sudah bosan dengan barangnya dan ingin dijual. Orang yang melihat kondisi barang masih layak pakai akan membelinya karena harganya lebih murah.
  • Toko Makanan Organik. Makin banyak orang peduli dengan kesehatan dan alam. Mereka memilih untuk beli makanan organik supaya tetap sehat. Jumlah orang yang sadar kesehatan semakin meningkat. Hal ini dapat menciptakan peluang mendirikan toko khusus makanan organik.
  • Toko Buku dan Peralatan Sekolah. Toko buku dan peralatan sekolah selalu ramai saat menjelang penerimaan murid baru dan kenaikan kelas. Jual alat tulis yang unik dan berbagai perlengkapan tugas sekolah. Tugas praktik membutuhkan peralatan pendukung, seperti: karton, sampul, pernak-pernik, lem, dan lain sebagainya. Cari toko dekat sekolah dan pasang harga murah supaya menarik banyak pembeli.
  • Toko Tanaman dan Bunga. Toko retail tanaman membantu orang untuk menciptakan suasana rumah yang nyaman. Banyak orang mengunjungi toko ini untuk membuat suasana rumah terlihat asri. Bunga juga biasa dipakai di acara khusus atau oleh-oleh. Untuk meningkatkan penjualan, isi informasi toko Anda di media sosial dan Google untuk memudahkan pemasaran lokal.
  • Toko Furnitur. Untuk menghidupkan suasana rumah tidak butuh tanaman saja, namun juga furnitur baru. Toko peralatan furnitur cocok untuk orang-orang yang baru pindah rumah atau memulai hidup baru bersama pasangan. Selain menjual furnitur, Anda juga bisa jual peralatan kebersihan rumah.
  • Toko Peralatan Gaming. Gamer tidak segan mengeluarkan banyak uangnya untuk hobi. Anda bisa jual berbagai macam peralatan gaming, seperti: laptop gaming, PC desktop, monitor, mouse, keyboard, dan aksesoris lainnya. Jangan lupakan gamer mobile, sediakan aksesoris gaming untuk smartphone dan voucher game.

Di Bhinneka, Anda bisa temukan berbagai solusi bisnis untuk mempermudah operasional toko retail. Salah satu layanan unggulan kami adalah ERP untuk Retail yang membuat kinerja toko lebih efektif dan efisien. Hubungi kami untuk mempelajari layanan ERP lebih lanjut:
Telepon : (021) 2929-2828
WhatsApp : 0821-1252-9122
Email : corporate@bhinneka.com

Leave a Reply