Info Bisnis Inspirasi Bisnis Kewirausahaan Kreatif

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Cara cek saldo Jaminan Hari Tua (JHT) BPJS Ketenagakerjaan penting dan perlu diketahui oleh setiap orang, khususnya pekerja. Adapun cara untuk mengecek saldo dari JHT dapat dilakukan dengan mudah secara online baik melalui aplikasi maupun website.

BPJS Ketenagakerjaan atau dulunya dikenal dengan Jamsostek ini sifatnya wajib sehingga setiap perusahaan atau pemberi kerja wajib untuk mendaftarkan karyawannya sebagai peserta. Oleh karenanya, Anda perlu mengetahui cara untuk mengecek status BPJS TK untuk memastikan apakah peserta yang bersangkutan sudah benar terdaftar atau belum, terdaftar untuk program apa saja, serta status dan kondisi iuran serta total saldo yang ada saat ini.

Jenis Layanan / Program BPJS Ketenagakerjaan

BPJS TK memiliki berbagai program atau manfaat yang disesuaikan dengan program kepesertaan pekerja. BPJS TK sendiri memiliki program atau layanan utama yaitu:

  1. Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK)
  2. Jaminan Kematian (JKM)
  3. Jaminan Hari Tua (JHT)
  4. Jaminan Pensiun
  5. Jaminan Kehilangan Pekerjaan

Berbagai manfaat dari layanan BPJS TK di atas dapat dinikmati pekerja baik saat masih pekerja maupun saat sudah pensiun atau tidak bekerja lagi. Tentu saja untuk menikmati manfaatnya, status keanggotaan harus aktif.

Apa Itu Program Jaminan Hari Tua

JHT adalah program perlindungan yang diselenggarakan dengan tujuan untuk menjamin agar peserta menerima uang tunai ketika memasuki masa pensiun, mengalami cacat total tetap, atau meninggal dunia.

Adapun untuk karyawan atau penerima upah, setiap bulannya perlu membayar iuran sebesar 5,7% dari upah sebulannya, dengan ketetapan 2% ditanggung pekerja dan 3,7% ditanggung perusahaan/pemberi kerja.

Cara Cek Saldo JHT BPJS Ketenagakerjaan

Dikarenakan setiap bulannya karyawan atau pekerja menanggung dan membayar iuran untuk Jaminan Hari Tua, maka penting bagi pekerja untuk mengetahui cara untuk mengecek saldo JHT dari BPJS Ketenagakerjaan.

Adapun untuk mengecek saldo Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan dapat dilakukan dengan cara:

Melalui Aplikasi JMO

Untuk mengecek saldo JHT melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO), Anda perlu terlebih dahulu men-download aplikasi tersebut. Berikut caranya:

  1. Download dan install aplikasi JMO
  2. Lakukan registrasi akun jika belum pernah mendaftar
  3. Apabila sudah mendaftar / sudah terdaftar, login ke dalam aplikasi JMO

cara cek bpjs ketenagakerjaan

Pada tampilan antar muka, akan terlihat program layanan apa saja yang Anda ikuti. Untuk mengecek saldo JHT, Anda dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Klik Jaminan Hari Tua
  2. Klik Cek Saldo
  3. Pilih Nomor Kartu Peserta yang ingin ditampilkan Saldonya
  4. Saldo JHT akan ditampilkan

Selain menampilkan saldo, Anda juga dapat melihat detil berupa status kepesertaan, segmen peserta, serta tanggal pembayaran iuran terakhir.

Melalui Situs Resmi

Selain melalui aplikasi JMO, Anda juga dapat mengecek saldo JHT melalui situs resmi https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Adapun langkah yang perlu Anda lakukan antara lain:

  1. Buka situs https://www.bpjsketenagakerjaan.go.id/
  2. Pilih Cek Saldo JHT
  3. Lakukan login jika sudah memiliki akun atau lakukan registrasi akun baru
  4. Selanjutnya klik Lihat Saldo JHT
  5. Saldo terbaru dari saldo JHT yang Anda miliki akan ditampilkan

Demikian cara untuk mengecek besaran dari saldo JHT yang Anda miliki hingga saat ini. Adapun untuk mencairkan saldo JHT, peserta perlu memenuhi syarat tertentu terlebih dahulu sebelum bisa mencairkannya.

Leave a Reply