whatsapp
Tips & Tutorial

Cara Chat Whatsapp Tanpa Save Nomor ke Contact

Cara chat Whatsapp tanpa save nomor memungkinkan seseorang untuk dapat berikirim pesan atau file via Whatsapp (WA) tanpa menambahkan mereka ke contact. Seperti yang kita ketahui, untuk dapat saling bertukar pesan via WA, seseorang perlu menyimpang nomor yang akan dihubungi ke dalam contact list terlebih dahulu. Setelah menambahkan ke contact list smartphone, nantinya contact tersebut akan muncul di list contact Whatsapp.

Hal ini tentu tidak masalah jika contact tersebut adalah teman, keluarga ataupun kolega kerja dimana kita sering atau rutin berkirim pesan. Namun tentu ini menjadi suatu kerumitan tersendiri apabila kita ingin menghubungi atau chat seseorang yang tidak kita hubungi secara rutin / hanya saat itu saja, misalnya:

  • Chat whatsapp kepada seller online untuk menanyakan produk
  • Atau hanya menghubungi seseorang untuk satu keperluan tertentu saja

Apabila kita sebagai pihak yang mengirimkan pesan tentu akan malas bila perlu menyimpan nomor orang tersebut ke dalam smartphone, mengirimkan pesan whatsapp, lalu setelahnya menghapus kembali nomor tersebut dari contact.

whatsapp

Sebaliknya jika misal kita berjualan di media sosial atau online store, tentu akan membuat orang malas juga apabila untuk menghubungi kita, mereka perlu menambahkan nomor kita ke daftar contact mereka terlebih dahulu agar bisa chat kita via Whatsapp.

Cara Chat Whatsapp Tanpa Save Nomor

Untuk menghindari hal ini, Anda dapat menggunakan cara berikut sehingga baik Anda atau orang lain dapat saling berkirim pesan tanpa perlu menyimpan nomor terlebih dahulu. Syaratnya tentu saja:

  1. Anda perlu mengetahui nomor yang akan dikirimkan pesan (jika nomor orang lain) atau nomor Anda sendiri
  2. Baik nomor Anda atau orang lain perlu memiliki akun Whatsapp yang aktif.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan atau mengetikkan format url ini ke browser yang ada di komputer (jika menggunakan Whatsapp Web) ataupun browser pada smartphone Anda:

https://wa.me/<nomor telepon>

Atau gunakan alternatif format:

https://api.whatsapp.com/send/?phone=<nomor telepon>

Anda perlu mengganti bagian nomor telepon dengan nomor yang sudah terhubung atau memiliki akun Whatsapp. Perlu diperhatikan bahwa Anda perlu menulis nomor telepon ini dalam format internasional tanpa spasi, garis sambung.

Dicontohkan apabila Anda ingin menghubungi seseorang dengan nomor ponsel / wa : 08501234567

Maka Anda dapat merubah format diatas menjadi

https://wa.me/628501234567

Atau

https://api.whatsapp.com/send/?phone=628501234567

Selanjutnya cukup enter pada browser dan Anda akan dialihkan ke halaman Whatsapp seperti berikut:

cara chat whatsapp tanpa save nomor

Cukup klik Continue to Chat, maka Anda sudah dapat mengirimkan pesan ke nomor tersebut tanpa perlu menyimpannya terlebih dahulu ke contact. Anda dapat menyalin atau copy url format tersebut misalnya ke instagram atau facebook atau online shop Anda, sehingga orang lain cukup klik link tersebut untuk chat dengan Anda tanpa perlu save nomor terlebih dahulu.

Leave a Reply