Info Bisnis

Manfaat dan Cara Daftar Kartu Prakerja

Kartu prakerja merupakan sebuah program yang pemerintah untuk membantu masyarakat yang belum mendapat pekerjaan, terutama para korban PHK. Pada tahun ini, pemerintah berkomitmen untuk meneruskan program yang berjalan dari 2020 ini. Jika Anda salah satu korban dari PHK bisa mendaftar dengan mempelajari cara daftar kartu prakerja.

Manfaat Kartu Prakerja

Manfaat dari Kartu Prakerja

Tujuan dari kartu prakerja sejatinya untuk membantu para pekerja yang masih memiliki potensi namun harus terkena PHK. Kehadirannya dapat mengembalikan Kembali para pekerja tersebut ke dunia pekerjaan dan mengembangkan kewirausahaan. Jika masih bingung berikut beberapa manfaat Kartu prakerja :

1. Mendapatkan Biaya Pelatihan

Apabila seseorang berhasil mendaftar diri dan memperoleh kartu prakerja, maka pemerintah akan memberikan dana sebesar Rp. 1 juta. Bantuan ini akan membantu dan dapat seseorang pergunakan untuk mengikuti sebuah kelas online atau digital platform.

Sekarang terdapat banyak sekali program pembelajaran online yang dapat membuat Anda dapat memperoleh skill secara cepat. Dengan memanfaatkan dana tersebut, tentunya seseorang dapat memperoleh kemampuan baru untuk kembali mencari pekerjaan.

2. Mengikuti Pelatihan Kerja

Terdapat beberapa digital platform yang memang sudah bekerja sama dengan pemerintah sehingga para pemilik kartu prakerja bisa langsung mendapatkan diri. Beberapa platform yang bekerja sama dengan pemerintah antara lain Tokopedia, Kementerian Tenaga Kerja, Pijar, Bukalapak dan masih banyak lagi.

Jenis dan ragam dari pelatihan ini juga cukup banyak sehingga Anda dapat memilih yang sesuai dengan kriteria dan juga hobi masing masing. Ragam dan jenis tersebut antara lain latihan kebugaran jasmani, keterampilan kecantikan dan Bahasa.

3. Memperoleh Sertifikat Pelatihan

Selanjutnya Anda juga dapat memperoleh sertifikat pelatihan yang akan muncul secara otomatis di dashboard ketika telah menyelesaikan sebuah pelatihan. Sertifikat ini biasanya muncul di dashboard akun paling lambat satu hari kerja setelahnya.

Tentunya dengan kehadiran sertifikat ini Anda dapat memiliki kesempatan lebih besar untuk mendapatkan kembali kesempatan bekerja. Apabila tidak kurun mendapatkan sertifikat bisa langsung menghubungi pihak pemberi pelatihan agar dapat segera membuatkan sertifikatnya.

4. Memperoleh Insentif Cari Kerja

Menariknya dari program kartu prakerja ini, setiap kali Anda menyelesaikan sebuah pelatihan akan mendapatkan insentif. Ini merupakan sebuah apresiasi setiap kali pemegang kartu perakarja ini menuntaskan pelatihan pertamanya. Konsep ini memang sangat menarik dan cukup menjanjikan juga.

Terdapat dua jenis pemberian insentif cari kerja ini, pertama ketika melakukan pencarian kerja dan kedua adalah saat melakukan survey. Insentif biaya kerja bisa mencapai Rp. 600.000 dengan pemberian selama 4 bulan. Sementara untuk menuntaskan survei Anda akan memperoleh Rp. 50.000.

Cara daftar kartu Prakerja

Cara Daftar Kartu PraKerja yang Benar

Program Kartu Prakerja memang menjadi salah satu usaha pemerintah untuk mengembangkan potensi kerja para korban PHK atau pemutusan hubungan kerja. Ini juga jadi salah satu langkah mengurangi pengangguran. Berikut cara daftar kartu prakerja step by step:

Tahap 1: Registrasi di Prakerja.go.id

Pertama tama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan registrasi atau mendaftar akun terlebih dahulu di website resmi prakerja.go.id. Tujuannya tentu saja untuk melancarkan pendaftaran dan pembuatan kartu prakerjannya. Berikut langkah langkah registrasi di prakerja.go.id :

  1. Pertama gunakan perangkat ponsel atau laptop Anda
  2. Kemudian kunjungi website resmi https://www.prakerja.go.id/
  3. Ada kolom email yang perlu Anda isikan, masukan email kemudian klik daftar
  4. Selanjutnya verifikasi email Anda dan kirim Kembali verifikasi tersebut
  5. Pendaftaran atau pembuatan akun berhasil

Tahap 2: Mulai Pendaftaran dan Pembuat Kartu Prakerja

Setelah Anda menyelesaikan proses atau tahap pertama yaitu pembuatan akun, berikutnya barulah dapat mengajukan pendaftaran pembuatan kartunya. Jika masih bingung bisa mengikuti langkah langkah pendaftaran dan pembuatan kartu prakerja sebagai berikut :

  1. Pertama login menggunakan akun Anda di website resmi prakerja
  2. Selanjutnya masuklah ke halaman Dashboard
  3. Isi kolom verifikasi KTP dengan klik berikutnya
  4. Terdapat beberapa kolom lengkapi biodata Anda
  5. Pastikan menyiapkan Foto, KTP, Swafoto, untuk Anda upload ke system
  6. Kemudian lakukan verifikasi semua data tersebut
  7. Jika sudah verifikasi tinggal kirim saja
  8. Lalu Anda harus menuliskan deklarasi survey
  9. Setelah itu akan ada beberapa tes
  10. Ikuti saja semua tes secara teratur lewat seleksi Batch
  11. Pilihlah batch sesuai dengan domisili Anda
  12. Tunggu proses evaluasi pendaftaran

Demikian pembahasan tentang Manfaat dan Cara Daftar Kartu Prakerja. Semoga dapat membantu anda dalam memulai usaha dan meningkatkan kemampuan yang dibutuhkan untuk pekerjaan anda.

Leave a Reply