Merchant

Step by Step Cara Ganti Password Gmail Dengan Mudah

Agar pergantian password Gmail Anda tidak gagal, wajib tahu cara ganti password gmail yang benar. Seperti yang diketahui sekarang pengguna akun gmail sangat banyak sekali. Hampir semua dokumen penting tersimpan di sana. Maka dari itu agar terhindar dari hal hal yang tidak di inginkan sangat dianjurkan untuk melakukan perubahan password.

Cara Ganti Password Gmail

Alasan Kenapa Mengganti Password Gmail Secara Berkala

Tidak sedikit orang ketika membuat akun Gmail, menggunakan password yang sederhana, hal ini berbahaya karena akan mudah diretas. Kebiasaan ini tentu bisa berdampak buruk dan bukan tidak mungkin akun Gmail Anda akan disalahgunakan oleh orang lain. Apalagi bila sering masuk akun gmail dari perangkat umum seperti komputer kantor.

Oleh karena itu, sangat penting untuk melakukan yang namanya pergantian password secara berkala untuk terhindar dari permasalahan ini. Sebenarnya untuk melakukan perubahan password di akun Gmail tidaklah rumit. Dan ketika melakukannya pastikan untuk memberikan kombinasi kata kunci yang lebih kompleks agar akun benar benar aman.

Cara Mudah Mengganti Password di Akun Gmail

Agar akun gmail bisa diproteksi dengan baik, tidak ada salahnya untuk melakukan pergantian password secara berkala. Apalagi bila password yang lama diketahui memiliki kombinasi yang sangat lemah, sangat dianjurkan untuk mengganti password. Adapun cara ganti password gmail sebagai berikut :

1. Masuk ke Akun Gmail

Tentu saja hal pertama dalam melakukan pergantian password adalah masuk ke akun Gmail. Dengan cara memasukan username dan password lama anda.

Masuk ke Akun Gmail

2. Pilih Tab Pengaturan

Bila sudah berhasil masuk dan login, maka secara otomatis Gmail akan menampilkan berbagai macam menu dan pilihan. Tekan tab setelan yang biasannya berlambangkan gerigi / gir. disana Anda akan menemukan pilihan menu seperi data pribadi, keamanan, dan lain sebainya.

Bila sudah masuk ketahap ini masuklah ke menu Akun dan impor, pilih menu Ubah sandi untuk melakukan proses bergantian password.

Jika kamu berhasil login, maka secara otomatis akan muncul laman utama yang berisi berbagai macam.

Pilih Tab Pengaturan

3. Membuat Password Baru

Langkah terakhir untuk memproses pergantian password di akun anda adalah dengan memasukan sandi baru. Akan tetapi biasannya akan diminta untuk memasukan password yang lama terlebih dahulu baru setelahnya anda dapat memasukan kombinasi sandi yang baru.

Dibawah form tersebut akan ada tulisan ubah sandi, bila kiranya password lama dan password baru sudah dimasukan dan Anda yakin klik tombol ubah sandi. Tidak lama kemudian Anda akan mendapatkan sebuah notifikasi dari pihak Gmail yang menyatakan perubahan password telah berhasil dilakukan.

cara ganti password gmail Membuat Password Baru

4. Melakukan Pengecekan

Setelah password sudah diganti, kini saatnya melakukan pengecekan. Hal ini bertujuan untuk memastikan apakah sandi yang baru tadi sudah benar dan dapat dilakukan untuk masuk akun Gmail. Agar selalu ingat, jangan lupa untuk catat perubahan password baru tersebut..

Tips Membuat Password Gmail yang Aman

Sekarang terdapat banyak sekali kasus pencurian data yang membuat Anda harus waspada. Jangan sampai hal buruk ini terjadi. Karena data yang dicuri dapat disalahgunakan dan tentunya sangat merugikan si pemilik data.

Seperti yang dijelaskan di atas, melakukan pergantian password di akun Gmail bukanlah hal yang sulit. Bisa dilakukan dan diselesaikan dalam waktu kurang dari lima menit. Namun bila kita sering mengganti password kadang juga bisa lupa dan tidak bisa akses akun gmailnya.

Untuk itulah agar memiliki sebuah password yang aman, sangat dianjurkan untuk secara cerdik menentukan kapan harus mengganti password, lalu pastikan telah menentukan kombinasi yang kira kira tidak sulit untuk di ingat. Inilah beberapa trik membuat password yang aman dan tidak sulit dilupakan.

  • Pastikan untuk membuat kata sandi dengan kombinasi huruf kapital, kecil, simbol, serta angka.
  • Carilah sebuah kata yang mudah anda ingat tapi sulit untuk diingat orang seperti “Speaker berjalan”, atau “Gelas isi Susu”.
  • Tentukan panjang kata sandi yang kira kira tidak sulit untuk di hafalkan.
  • Jangan memasukan informasi personal seperti tanggal lahir, nomor hp, dan sebagainya.

Dengan menerapkan beberapa langkah di atas, maka password baru yang Anda buat bisa menjadi kata sandi yang akan sulit ditebak orang. Hal ini bisa membuat Akun Gmail menjadi lebih aman. Dengan mengetahui cari ganti password ini, akun gmail anda bisa terhindar dari masalah pencurian data dari para pembobol atau hacker. Jika anda berniat untuk mengganti gadget anda, pastikan anda telah logout akun google anda dari gadget yang lama, silakan baca Cara Logout Akun Google (PC, Android, iPhone) untuk info selengkapnya.

Leave a Reply