Tips & Tutorial

7 Langkah dalam Cara Membersihkan Kipas Angin Yang Baik

Sangat penting untuk  menjaga kebersihan alat alat yang ada di rumah, khususnya kipas angin yang paling banyak orang menggunakannya. Alat pendingin ini sangat cepat kotor, maka dari itu penting untuk mengetahui cara membersihkan kipas angin agar bisa melakukan pembersihan secara rutin.

Pentingnya Membersihkan Kipas Angin

Salah satu peralatan elektronik rumah tangga yang sering orang gunakan untuk mendinginkan ruangan adalah kipas angin. Selain harganya yang murah mendinginkan ruangan dengan alat ini juga bisa menghemat listrik dari pada memakai AC.

Supaya angin pendingin yang keluar dari alat ini selalu segar dan bagus, maka melakukan pembersihan secara rutin menjadi langkah yang tepat. Banyak sekali manfaat yang bisa Anda peroleh bila memiliki kondisi kipas angin yang selalu bersih.

Kipas angin dalam kondisi bersih umumnya dapat bekerja dengan baik. Tidak hanya itu, keadaan bersih pada alat pendingin ini juga bisa mencegah pemiliknya mengalami berbagai resiko masalah kesehatan. Debu dan kotoran yang menumpuk pada permukaan kipas cukup berbahaya bila tidak Anda bersihkan.

Cara Membersihkan Kipas Angin

Bagaimana Cara Membersihkan Kipas Angin dengan Benar?

Kipas angin memiliki fungsi yang sama dengan AC sebagai alat pendingin ruangan. Akan tetapi kipas angin sangat mudah perawatan dan pembersihan nya dari pada AC. Membersihkan kipas angin sebenarnya tidak rumit, bila masih bingung ikuti langkah sebagai berikut :

1. Langkah pertama matikan kipas Angin dan Mencabut Kabelnya

Untuk membersihkan perabotan jenis elektronik, memastikan bahwa alat tersebut dalam keadaan mati dan tidak tersalurkan listrik menjadi hal penting. Jadi langkah awal adalah mematikan kipas angin, lalu pastikan kabel pada perangkat ini telah tercabut.

2. Langkah Kedua Menyiapkan Alat Pendukung

Ketika hendak membersihkan kipas angin, Anda memerlukan beberapa peralatan pendukung seperti, obeng, kain lap, sabun pencuci cair, dan spon atau kuas cat untuk membersihkan sela sela pada jaring dan kipas. Pastikan untuk menyiapkan alat alat ini.

3. Langkah Ketiga Membuka Penutup Kipas

Beberapa komponen kipas angin memiliki sifat mudah dilepas, saat hendak membersihkan kipas angin terutama bagian baling baling. Maka membuka penutup kipas menjadi hal penting. Lakukan tahap ini menggunakan obeng.

4. Langkah Empat Mencuci Penutup Kipas

Setelah melepaskan penutup kipas, langsung lanjutkan dengan mencucinya. Mencuci penutup kipas tidaklah sulit, Anda hanya perlu menggunakan air sembari menggosoknya bersama spon yang telah diolesi oleh sabun. Bilas sampai terlihat sangat bersih, lalu jemur hingga kering.

5. Langkah Kelima Membersihkan Baling-baling kipas

Langkah selanjutnya dalam proses membersihkan kipas setelah penutupnya selesai dicuci adalah dengan membersihkan baling baling. Komponen ini menjadi yang paling penting untuk Anda bersihkan.

Untuk membersihkan baling baling sebenarnya Anda tidak perlu melepaskannya cukup lakukan gerakan melap sampai komponen ini terlihat sangat bersih. Bisa menggunakan kain lap basah agar hasil yang terlihat menjadi lebih sempurna.

Setelah melap kipas angin dengan seksama dan sudah terlihat bersih maka lap kembali dengan kain kering yang steril. Lakukan gerakan melap lagi hingga baling baling mulai terlihat sangat bersih. Kemudian letakan saja tunggu sampai sisa air pada baling baling benar benar menghilang.

Bila kipas angin tidak terlalu kotor melakukan pembersihan dengan pengering rambut juga bisa anda gunakan. Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyalakan Hair dryer ini dengan suhu sedang. Kemudian dekatkan dengan kipas angin. Tepatkan pada area area yang berdebu dan kotor.

6. Langkah Keenam Lap Area Kepala dan Banda

Setelah Anda selesai berurusan dengan penutup debu atau baling baling, Lakukan pembersihan juga di area badan dan kepala kipas, Tidak jarang debu dan kotoran menempel di area ini, terlebih lagi bila melekat di sela sela.

Cara membersihkan area ini juga tidak sulit, Anda hanya perlu menggunakan lap basah agar kotoran dan debu hilang secara efektif. Lalu lanjut dengan mengelapnya lagi dengan kain kering sehingga cepat menghilangkan sisa sisa air dari lap basah tadi.

7. Pasang dan Rakit Kembali Seluruh Komponen Kipas Angin

Bila semua komponen yang telah Anda bersihkan nampak sudah kering, maka rakitlah kembali dengan menyambungkan satu persatu antar komponen hingga kembali sedia kala. Bila sudah selesai maka kipas angin sudah siap bekerja lagi dengan performa lebih baik.

Demikian pembahasan tentang cara membersihkan kipas angin. Silakan kunjungi halaman Kipas Angin Bhinneka untuk cek harga dan model kipas angin terbaru.

Leave a Reply