Tips & Tutorial

Cara Membuat Infused Water yang Praktis, Sehat & Menyegarkan

Infused water menjadi salah satu alternatif minuman yang selain menyegarkan juga menyehatkan. Infused water memungkinkan Anda meminum air putih disertai dengan aneka rasa alami yang dapat Anda buat sendiri. Karena kandungan dan manfaatnya, tidak jarang infused water dijadikan salah satu pilihan saat memulai menerapkan pola hidup sehat. Dalam artikel ini akan membahas apa itu infused water dan cara membuat infused water yang praktis dan juga menyehatkan.

Apa itu Infused Water & Cara Membuat Infused Water

Infused water atau disebut juga detox water pada dasarnya adalah air biasa yang kita minum sehari – hari. Akan tetapi air ini ditambahkan dengan aneka buah – buahan atau sayuran yang direndam terlebih dahulu dalam air tersebut.

Tujuan dari perendaman ini adalah agar sari dan kandungan vitamin dari buah dan sayur akan keluar dan tercampur ke dalam air. Saat meminum infused water ini, selain mendapatkan kandungan vitamin dari sayur atau buah, Anda juga dapat menikmati aneka rasa alami buah dan sayuran tersebut.

infused water

Cara membuat infused water juga cukup mudah dan cepat. Anda dapat membuat infused water kapan saja dan dengan bahan buah atau sayur apapun yang menjadi favorit Anda. Berikut ini cara membuat Infused Water yang dapat Anda coba di rumah:

  1. Cuci bersih semua peralatan seperti botol air dan juga pisau yang akan digunakan agar tetap steril
  2. Selanjutnya mulai potong buah atau sayur yang akan digunakan untuk kandungan atau bahan infused water.
  3. Sayur dan buah yang digunakan dapat berupa campuran atau satu macam saja.
  4. Masukkan potongan buah dan sayur ke dalam botol dan isi air hingga penuh
  5. Lalu tutup dan biarkan buah atau sayur terendam di dalam botol

Berapa Lama Sebaiknya Infused Water Dibiarkan & Kapan Harus Dihabiskan

Setelah mengikuti cara membuat infused water diatas, selanjutnya Anda dapat membiarkan air terendam dengan buah atau sayuran selama 1 – 2 jam di suhu ruangan atau 3 – 4 jam jika disimpan dalam kulkas. Tujuannya adalah agar kandungan vitamin dan rasa dalam air optimal. Untuk rasa yang lebih, Anda juga dapat membiarkan infused water selama 12 jam terlebih dahulu sebelum diminum.

infused water fruit

Setelah membiarkan infused water selama 1 – 4 jam atau saat siap dikonsumsi, infused water dapat langsung Anda nikmati dan dihabiskan dalam hari yang sama. Jika Anda tidak menyimpannya dalam kulkas, maka disarankan untuk menghabiskannya di hari yang sama agar kesegaran dari infused water tetap terjamin.

Kelebihan dan Manfaat Infused Water

Meminum infused water memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Infused water juga dapat dijadikan alternatif minuman dengan rasa alami (tanpa rasa / pemanis buatan). Berikut beberapa kelebihan dari infused water:

  1. Memiliki kandungan gizi dan vitamin
  2. Nol kalori karena mengandung rasa alami dari buah dan sayur tanpa pemanis tambahan
  3. Menghilangkan racun dari sistem tubuh (detox)
  4. Mengurangi rasa lelah
  5. Menjaga tubuh tetap fit
  6. Menjaga tubuh agar tidak kekurangan cairan
  7. Rutin meminum infused water juga dapat membantu menurunkan berat badan

Tips Cara Membuat Infused Water yang Segar & Menyehatkan

Untuk mendapatkan hasil yang optimal dalam menikmati infused water, tentu ada beberapa hal yang sebaiknya dihindari saat menyiapkan infused water. Selain itu ada beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk memaksimalkan manfaat yang Anda dapatkan saat mengkonsumsi infused water.

detox water

Berikut beberapa tips yang dapat Anda ikuti untuk membuat infused water:

  1. Hindari menggunakan atau merendam buah dan sayur dalam air panas. Gunakan air suhu ruangan atau air dingin, karena air panas akan menghilangkan kandungan enzim dan vitamin dari buah dan sayuran
  2. Simpan infused water di dalam kulkas dan biarkan kandungan buah dan sayur terserap perlahan ke air.
  3. Hindari menyimpan infused water di suhu ruangan lebih dari 12 jam. Simpan dalam lemari es untuk menjaga kesegaran infused water
  4. Beberapa buah seperti lemon, jeruk dan nanas dapat digunakan untuk membuat infused water lebih dari 1x sebelum diganti.
  5. Namun beberapa buah seperti jenis berry, melon sebaiknya digunakan 1x saja, karena lebih cepat hancur dan dikhawatirkan dapat merubah rasa dari infused water karena sudah membusuk.

Leave a Reply