cara menambah ram hp
Tips & Tutorial

4 Cara Menambah RAM Hp Android Tanpa Root (Semua Merk)

Bagaimana cara menambah RAM Hp Android ? Berapa banyak kapasitas RAM yang bisa ditambah ? Apakah RAM Hp Android bisa ditambah ? Itu adalah 3 pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak orang. Terutama bagi yang memiliki hp dengan RAM kecil.

Kapasitas RAM hp yang kecil akan menggangu aktifitas Anda. RAM kecil menyulitkan Anda menggunakan banyak aplikasi dalam waktu bersamaan. Kinerja aplikasi juga lebih lambat. Oleh karena itu, RAM punya peran yang sangat penting di Hp Android. Bagaimana cara menambah RAM Hp Android ?

Pengertian dan Fungsi RAM di Hp Android

cara menambah ram hp

RAM adalah singkatan dari Random Access Memory. RAM berfungsi menyimpan memori aplikasi atau sistem operasi yang sedang berjalan. Memori yang disimpan di RAM bersifat sementara. Saat aplikasi atau hp dimatikan, memori di dalam RAM akan dihapus.

Di tahun 2021, kapasitas RAM minimal yang direkomendasikan untuk hp Android adalah 4GB. Jika kurang dari itu, hp Anda mungkin akan kesulitan menjalankan beberapa aplikasi. Selain itu, aplikasi Android yang berat memakan banyak kapasitas RAM.

Kalau Anda tidak ingin mengalami kendala saat menggunakan banyak aplikasi, atau main game disarankan beli hp dengan RAM besar minimal 6GB. Kapasitas sebesar ini memungkinkan Anda bisa pindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dengan mudah. Main game juga lebih lancar karena bebas lag.

Apakah RAM Hp Bisa Ditambah ?

Cara kerja hp Android berbeda dengan laptop atau PC. Kapasitas RAM Hp Android tidak bisa ditambah. Kenapa ? Karena komponen RAM langsung ditanam di mainboard. RAM tidak bisa dilepas pasang dan diganti kapasitas yang lebih besar. Misalnya, Anda punya hp dengan RAM 3GB, Anda tidak bisa menambah kapasitasnya jadi 4GB atau 6GB.

Kalau Anda ingin menambah RAM Hp Android, cara satu-satunya adalah beli hp Android baru. Karena tidak ada cara lain untuk menambah kapasitas RAM hp Anda. Yang bisa dilakukan hanya memperluas kapasitas RAM yang sudah ada. Bagaimana caranya ?

Cara Menambah RAM Hp Android

RAM Android tidak bisa ditambah. Jika Anda punya hp dengan RAM kecil, cara terbaik adalah membatasi aplikasi yang berjalan di latar belakang dan memakan kapasitas memori RAM. Berikut ini cara memperluas kapasitas RAM Hp Android:

1. Hapus Aplikasi yang Memakan Memori RAM

cara menambah ram hp android

Semakin banyak aplikasi yang diinstal, makin banyak pula aplikasi yang berjalan di latar belakang. Setiap aplikasi juga punya kebutuhan kapasitas memori yang berbeda. Misalnya game akan memakan kapasitas RAM lebih besar dibanding aplikasi chat seperti WhatsApp.

Jika Anda ingin mengosongkan kapasitas RAM, sebaiknya hapus aplikasi yang jarang digunakan. Hapus aplikasi dengan cara uninstal. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke menu Setting lalu ke pilih Manage Apps
  • Pilih aplikasi yang ingin di-uninstal
  • Sebelum uninstal, bersihkan memori aplikasi dengan tekan Clear Cache dan User Data
  • Setelah itu pilih Uninstal.

2. Gunakan Aplikasi Cleaner

bersihkan cache untuk nambah ram

Cara menambah RAM Hp Android yang selanjutnya adalah dengan instal aplikasi Cleaner. Aplikasi ini biasanya sudah terinstal sebagai aplikasi bawaan di berbagai merk hp. Fungsi aplikasi Cleaner adalah menghapus memori cache aplikasi dan aplikasi yang memakan kapasitas RAM.

Aplikasi Cleaner bisa mendeteksi aplikasi mana yang sedang berjalan di latar belakang. Dengan menekan tombol bersihkan RAM, aplikasi yang tidak penting dan memakan RAM akan dimatikan. Fitur ini dapat memperbaiki hp yang lemot atau ngelag. Dengan aplikasi ini, kapasitas RAM bisa ditambah tanpa root.

3. Matikan Aplikasi Bawaan

cara disable app android

Aplikasi bawaan Google dan brand juga dapat memakan RAM. Sebenarnya tidak semua aplikasi tersebut berguna. Kadang ada aplikasi yang tidak sering digunakan, tapi tetap berjalan di latar belakang. Sayangnya, aplikasi bawaan tidak bisa di-uninstal. Cara satu-satunya untuk membatasi aktivitas aplikasi bawaan adalah dengan menggunakan fitur Disable.

Fitur Disable akan mematikan aplikasi bawaan yang berjalan di latar belakang. Cara ini cukup ampuh untuk menambah kapasitas RAM hp Android Anda. Berikut ini caranya:

  • Masuk ke aplikasi Play Store
  • Tekan Ikon Profile Picture di kanan atas
  • Pilih menu Help & Feedback
  • Di kolom pencarian, ketik Disable App
  • Klik link Tap to go to Application Settings
  • Pilih aplikasi yang bisa di-Disable
  • Tekan tombol Disable.

4. Gunakan Fitur Extended RAM

menambah ram hp dengan rom

Beberapa Hp terbaru di tahun 2021 punya fitur Extended RAM. Fitur ini punya cara kerja yang sama seperti Virtual RAM di PC dan laptop. Fitur ini dapat mengambil sebagian kapasitas ROM untuk diubah menjadi RAM. Dengan fitur, ini kapasitas RAM hp bisa ditambah.

Contoh hp yang sudah menggunakan fitur ini adalah Vivo V21 5G. Hp ini punya kapasitas RAM 8GB. Namun ada fitur Extended RAM 3GB. Saat diaktifkan, Anda akan mendapat kapasitas RAM tambahan sebesar 3GB. Kinerja hp jadi lebih lancar untuk multitasking. Beli Hp Vivo Terbaru dengan Extended RAM.

Cara menambah RAM Hp Android yang paling benar adalah dengan fitur Extended RAM. Fitur ini memang belum tersedia di beberapa merk hp. Namun kelak akan semakin banyak hp, terutama kelas menengah yang punya fitur ini. Contohnya, Xiaomi sudah punya fitur Extension Memory yang fungsinya sama.

2 Comments

Leave a Reply