Tips WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan
Tips & Tutorial

Cara Menggunakan WhatsApp Business untuk Tingkatkan Laba

WhatsApp Business adalah aplikasi pesan singkat yang wajib digunakan pegiat UMKM atau pemilik usaha saat ini. Kehadiran aplikasi WhatsApp khusus bisnis ini banyak disambut gembira oleh pemilik usaha di dunia. Aplikasi ini memudahkan Anda berkomunikasi dengan banyak konsumen dengan cepat dan mudah. Terlebih lagi, WhatsApp Business punya fitur berguna lainnya, seperti: balas cepat, statistik pesan, sortir pesan, dan menampilkan informasi perusahaan secara lengkap.

Tips WhatsApp Business untuk Tingkatkan Penjualan

Cara menggunakan WhatsApp Business pun sangat mudah karena aplikasi ini tersedia di Google Play Store dan Apple App Store. Berbeda dengan WhatsApp versi personal, versi bisnis ini ditujukan untuk memudahkan pemilik usaha terhubung langsung dan promosi produk langsung ke pelanggan. Aplikasi pesan instan untuk bisnis ini bisa Anda maksimalkan untuk meningkatkan laba. Bagaimana caranya ?

1. Lengkapi Profil Bisnis Anda

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat menggunakan WhatsApp Business adalah melengkapi profil bisnis, seperti: nama toko, lokasi toko, kategori bisnis, foto produk atau jasa, deskripsi bisnis secara singkat, dan situs web atau link URL toko Anda. Anda juga bisa menambahkan informasi jam operasional toko dan alamat email untuk memudahkan pelanggan menghubungi Anda.

Isi profil bisnis dengan lengkap supaya membuat toko Anda terlihat profesional. Untuk mengisi profil bisnis bisa dengan mengakses menu Settings > Business Settings. Setelah mengisi semua kolom yang disediakan lalu tekan tombol Save.

2. Gunakan Fitur Greeting Message dan Quick Replies

WhatsApp Business punya fitur pesan otomatis yang berfungsi merespon pelanggan secara cepat, bahkan saat Anda sedang tidak online. Fitur ini dapat mengirim pesan ke pelanggan dengan cepat sehingga memberi kesan positif. Ada 3 layanan pesan otomatis yang disediakan yaitu:

  • Away Message. Otomatis kirim balasan ke pelanggan yang kirim pesan di luar jam operasional
  • Greeting Message. Otomatis menyapa pelanggan yang kirim pesan untuk pertama kali atau setelah 14 hari tidak mendapat balasan
  • Quick Replies. Membalas pesan secara otomatis yang dipicu oleh kata kunci tertentu. Cara ini bisa menghemat waktu dan tenaga karena tidak perlu balas pesan satu per satu.

Untuk mengakses menu ini, bisa dengan tekan tombol Settings > Business Settings. Kemudian pilih jenis pesan yang ingin Anda lengkapi di bawah menu Messaging Tools. Ada banyak kalimat sapaan yang perlu Anda siapkan. Pastikan Anda sudah lengkapi semua pesan otomatis sebelum publikasi nomor WhatsApp Business ke pelanggan.

3. Buat Broadcast Produk Baru atau Promo

WhatsApp Business menyediakan fitur Broadcast untuk memudahkan Anda memasarkan produk dan promo terbaru. Fitur ini sangat penting digunakan untuk meningkatkan penjualan. Melalui fitur Broadcast, Anda bisa kirim pesan hingga ke 256 pelanggan dalam waktu bersamaan. Untuk membuat pesan Broadcast bisa dengan tekan tombol menu dan pilih New Broadcast. Kemudian pilih pelanggan potensial yang jadi target pesan ini.

Kelebihan WhatsApp Business

4. Beri Label Kontak Pelanggan

Aplikasi WhatsApp untuk bisnis punya fitur Label untuk menandai chat atau nomor pelanggan. Label memudahkan Anda untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Anda bisa kenali pelanggan lebih awal sebelum berkomunikasi dengan mereka. Anda juga bisa buat label yang disesuaikan dengan kebutuhan pelanggan tersebut. Secara default, ada label yang bisa langsung digunakan, seperti: New customer, New order, Pending payment, dan lainnya. Cara menggunakan label WhatsApp Business adalah dengan ketuk dan tahan chat yang ingin diberi label > label > pilih label yang ingin disematkan.

5. Periksa Statistik Pesan dan Evaluasi

WhatsApp Business memiliki fitur statistik untuk menginformasikan berapa banyak pesan yang Anda terima dan kirim ke pelanggan. Melalui fitur ini kita juga bisa melihat ada berapa pesan yang dibaca (read). Pesan yang berhasil dibaca bisa dianggap sukses sehingga bisa ditiru untuk ke depannya. Rancang pesan yang komunikatif dan tidak spam. Targetkan agar semua pesan yang Anda kirim melalui Broadcast dibaca supaya bisa menjadi transaksi baru. Akses fitur statistik di Settings > Business Settings > Statistic.

WhatsApp Business adalah layanan chat kekinian yang wajib dioptimalkan pemilik usaha. Dengan aplikasi ini, Anda bisa berkomunikasi dengan pelanggan lebih cepat dan mudah. Di Bhinneka, kami menyediakan banyak layanan manajemen bisnis, untuk memudahkan Anda mengelola pemasaran melalui WhatsApp Business.

Leave a Reply