tips menghemat baterai hp xiaomi
Tips & Tutorial

7 Cara Menghemat Baterai Hp Xiaomi yang Paling Ampuh

Bagaimana cara menghemat baterai Hp Xiaomi yang paling ampuh ? Baterai adalah salah satu komponen penting di Hp Xiaomi. Tanpa daya dari baterai, hp tidak bisa digunakan untuk telepon, chatting, browsing, hingga main game. Saat ini, Xiaomi banyak mengeluarkan fitur dan teknologi terbaru untuk menghemat konsumsi baterai.

Hp dengan baterai besar tidak menjamin bisa bertahan lama. Percuma kapasitas baterai besar kalau konsumsi daya boros. Saat ini banyak chipset dengan fabrikasi kecil (5nm – 7nm) dikeluarkan. Kehadiran chipset ini membantu menghemat konsumsi daya hp. Ditambah lagi, ada teknologi pengisian cepat yang bisa isi ulang baterai penuh dalam hitungan menit.

Jika Anda ada masalah dengan konsumsi baterai, Berikut ini cara menghemat baterai Hp Xiaomi:

1. Gunakan Battery Saver

Secara default, Hp Xiaomi sudah dibekali fitur untuk menghemat baterai yaitu Battery Saver. Ini adalah cara menghemat baterai Hp Xiaomi yang paling umum. Saat fitur diaktifkan, aplikasi yang memakan daya di latar belakang akan dimatikan. Fitur ini juga akan menurunkan kinerja hp agar performanya lebih efisien.

tips menghemat baterai hp xiaomi

Anda masih bisa menggunakan beberapa aplikasi. Notifikasi hp juga masih bisa diakses. Beberapa fitur MIUI juga tidak bisa digunakan, seperti: Bluetooth, NFC, GPS, kecerahan layar, dan fitur lain yang memakan daya. Berikut ini cara mengaktifkan fitur Battery Saver:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Battery & Performance
  • Aktifkan opsi Battery Saver.

Saat fitur ini diaktifkan, estimasi masa pakai baterai otomatis bertambah. Waktu pemakaian hp jadi lebih panjang karena memangkas aplikasi yang memakan daya baterai di latar belakang. Fitur ini bisa bisa Anda aktifkan saat sisa baterai hp di bawah 20%.

2. Gunakan Ultra Battery Saver

Fitur Ultra Battery Saver adalah fitur penghemat baterai ekstrem yang lebih baik dari Battery Saver. Fitur ini dapat memangkas konsumsi baterai lebih banyak. Estimasi masa pakai baterai juga lebih panjang dibanding saat Anda menggunakan Battery Saver. Bagaimana cara kerja Ultra Battery Saver ?

tips menghemat baterai

Selain mematikan fitur yang dinonaktifkan oleh Battery Saver, fitur Ultra Battery Saver juga membatasi beberapa penggunaan fitur hp. Fitur ini mematikan jaringan 5G yang menguras baterai. Selain itu, performa hp diturunkan. Selama mode ini diaktifkan, Anda hanya bisa menerima telepon dan SMS saja.

Berikut ini cara mengaktifkan fitur Ultra Battery Saver:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Battery & Performance
  • Aktifkan opsi Ultra Battery Saver.

3. Perbaiki Battery Usage Issue

Battery Saver Hp Xiaomi punya fitur khusus untuk menganalisa mana saja aplikasi yang menguras baterai. Selain aplikasi, fitur ini juga dapat memberi rekomendasi setingan untuk menghemat baterai Hp. Misalnya, mengaktifkan Auto Brightness, matikan Always-on display, aktifkan Dark Mode, atau turunkan refresh rate ke 60 Hz.

Cara hemat baterai xiaomi

Berikut ini cara memperbaiki Battery Usage Issue:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Battery & Performance
  • Di bawah Ultra Battery Saver tekan tombol Fix battery usage issue
  • Perhatikan apa saja issue dan suggestion yang bisa diperbaiki
  • Jika ada opsi yang tidak ingin diperbaiki, silakan matikan logo centangnya
  • Kemudian, klik tombol Add….min di bagian bawah.

4. Matikan Aplikasi yang Berjalan di Latar Belakang

Terkadang ada aplikasi yang tetap berjalan di latar belakang meski sudah dimatikan. Salah satunya adalah aplikasi Instagram. Saat aplikasi ditutup ternyata aplikasi ini masih bisa aktif di background. Anda bisa cek aktivitas aplikasi ini di menu Apps pada Settings.

Cara hemat baterai hp xiaomi

Berikut ini cara cek aplikasi yang berjalan di latar belakang, meskipun sudah dimatikan:

  • Pastikan Anda sudah tutup aplikasi
  • Tekan tombol Recent Apps lalu tutup aplikasi yang ada
  • Kemudian masuk ke menu Settings
  • Pilih Apps
  • Pilih Manage Apps
  • Pilih Permissions
  • Pilih Autostart
  • Cari aplikasi dengan tulisan Running di sisi kanannya.

Jika Anda cukup terganggu dengan aplikasi yang masih berjalan di latar belakang, atau tidak membutuhkan aplikasi ini di Hp Xiaomi, segera uninstal. Aplikasi media sosial atau News yang sering berjalan di latar belakang sebenernya bisa diakses lewat Browser. Mengakses sosmed atau news lewat Browser lebih hemat baterai, RAM, dan memori penyimpanan.

5. Aktifkan Fitur Auto Brightness

Fitur Auto Brightness berfungsi menghemat baterai Hp Xiaomi. Fitur ini memanfaatkan sensor cahaya di bagian depan dan belakang hp untuk memantau kondisi pencahayaan di sekitar Anda. Sensor ini dapat mengenali siang, malam, terang, atau gelap. Dari sensor, Hp Xiaomi akan mengatur kecerahan layar secara otomatis.

Cara menghemat baterai xiaomi

Berikut ini cara mengaktifkan Auto Brightness:

  • Masuk ke menu Settings
  • Pilih Display > Brightness Level
  • Aktifkan mode Automatic Brightness.

6. Gunakan Wallpaper Dominan Hitam

Cara ini paling ampuh untuk menghemat baterai Hp Xiaomi yang menggunakan layar jenis AMOLED. Wallpaper yang penuh warna-warni menguras baterai lebih banyak dibanding wallpaper dominan hitam. Pada layar AMOLED, saat menampilkan gambar hitam, lampu LED dimatikan sehingga warna hitam lebih pekat dan konsumsi baterai lebih hemat.

wallpaper oled hitam hemat daya

Wallpaper AMOLED atau OLED tersedia luas di berbagai situs Download Wallpaper gratisan. Cari aplikasi yang gelap atau dominan warna hitam. Untuk bantu menambah efisiensi baterai, matikan fitur Always on display yang biasanya dimiliki hp Xioami dengan layar AMOLED.

7. Gunakan Dark Mode

Fitur Dark Mode juga lebih efektif digunakan di Hp Xiaomi dengan layar AMOLED. Mode Dark mengubah Theme hp menjadi dominan warna hitam. Mulai dari bar notifikasi sampai tampilan aplikasi diubah jadi warna hitam. Untuk aplikasi yang sudah mendukung Dark Mode, tampilannya akan berubah hitam. Namun jika belum support akan mengikuti tampilan bawaan.

Cara menghemat baterai hp xiaomi

Itulah 7 cara menghemat baterai Hp Xiaomi yang paling efektif. Banyak fitur penghemat baterai yang disediakan Xiaomi. Semua fitur bawaan ini sudah cukup untuk menghemat baterai. Jadi Anda tidak perlu instal aplikasi pihak ketiga untuk menghemat baterai hp.

Leave a Reply