Tips & Tutorial

5 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat (Mudah Dipraktekkan)

Cara menghilangkan bekas jerawat seperti menjadi hal wajib diketahui khususnnya para remaja. Jerawat diperkirakan mempengaruhi 90% remaja saat ini. Jerawat juga tidak jarang dapat meninggalkan bekas. Bekas jerawat menyebabkan banyak ketidaknyamanan psikologis, terutama pada remaja.

Berikut akan dibahas beberapa metode atau cara alami yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat yang sering membuat resah. Tapi perlu diingat juga bila beberapa metode ini tidak memberikan jaminan dapat bekerja dengan baik di semua jenis kulit. Sangat disarankan unutk mengkonsultasikannya ke dokter kulit sebelum mempraktekannya.

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

Seperti yang kita ketahui bila bekas jerawat sering terlihat jelas dan jarang bisa menghilang. Bekas jerawat adalah bintik-bintik kecil, datar, gelap yang disebabkan oleh hiperpigmentasi pasca-inflamasi yang sebenarnnya bisa hilang dalam beberapa minggu. Memencet jerawat menjadi salah satu faktor terbesar munculnnya bekas bekas ini.

Sebenarnnya bila jerawat dibiarkan saja tidak akan menimbulkan kerusakan jangka panjang. Akan tetapi bila di pecahkan secara paksa akan meninggalkan bekas yang cukup lama untuk hilang. Tidak usah berlama lama berikut cara menghilangkan bekas jerawat :

1. Menggunakan Bubuk Kulit Jeruk

Bubuk Kulit Jeruk

Beberpaa peneliti di jepang mencoba mengamati kinerja dari ekstrak bubuk kulit jeruk pada melanogenesis, sebuah proses kompleks yang melibatkan pembentukan melanin. Alhasil Ekstrak ini dinyatakan dapat membantu menekan melanogenesis. Maka diambil kesimpulan bila ekstrak bubuk kulit jeruk dapat hilangkan noda jerawat.

Yang dibutuhkan dalam metode ini adalah Bubuk kulit jeruk. Caranya adalah:

  1. pertama-tama Campur madu dan bubuk kulit jeruk untuk membuat pasta kental.
  2. Lalu Oleskan pasta pada area dengan bekas jerawat dan jerawat.
  3. Kemudian Cuci bersih setelah kering.

2. Menggunakan Minyak Pohon Teh

Minyak Pohon Teh

Minyak pohon teh ternyata mempunyai zat yang dapat mengurangi lesi jerawat dan pengelupasan. Sifat antimikrobanya dapat membantu menghambat munculnya jerawat. Namun, bekum ditemukan bukti otentik bila zat ini mampu menghilangkan bekas jerawat. Karena minyak pohon teh topikal dianggap aman bagi kebanyakan orang, bahan alami ini bisa menjadi obat untuk penghalang jerawat muncul.

Yang Dibutuhkan dalam metode ini adalah 2-3 tetes minyak esensial pohon teh dan Minyak pembawa (minyak almond manis atau jojoba). Caranya adalah:

  1. Pertama tama Campurkan beberapa tetes minyak pohon teh dengan minyak pembawa pilihan Anda.
  2. Kemudian Oleskan campuran ini pada bekas luka.
  3. Lalu Biarkan selama satu jam sebelum dicuci.

3. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Teh hijau

Teh Hijau

Teh hijau diketahui mengandung polifenol, dengan kemampuan antimikroba dan anti-inflamasi yang membantu mencegah dan mengobati jerawat  yang muncul. Teh hijau juga diketahui dapat membantu memudarkan bekas luka.

Yang Dibutuhkan dalam metode ini adalah 1 kantong teh hijau dan Madu. Caranya adalah:

  1. Pertama tama Buat kompres wajah dengan mencampurkan daun teh hijau basah dengan madu.
  2. Kemudian Oleskan kompres ke seluruh wajah Anda dan biarkan selama 15 menit.
  3. Lalu Bilas dengan baik di bawah air mengalir.

4. Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Menggunakan Kunyit

Kunyit

Kunyit menjadi rempah tertua yang digunakan untuk pengobatan kulit. Penggunan topikal kunyit pada kulit menunjukkan perbaikan kondisi kulit seperti jerawat, psoriasis, dan alopecia. Oleh karena itu, kunyit dapat memudarkan bekas jerawat. Namun penelitian saat ini cukup terbatas, sehingga belum ada data otentik akan tetapi banyak yang menggunakan yang mendapat hasil maksimal.

Yang Dibutuhkan dalam metode ini adalah Satu sendok teh bubuk kunyit dan 1 jeruk nipis.  Caranya adalah:

  1. Pertama tama Peras jeruk nipis dalam mangkuk dan campur dengan bubuk kunyit.
  2. Kemudian Oleskan campuran ini dengan lembut ke wajah Anda dan area lain yang terkena.
  3. Lalu Biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dicuci.

5. Menggunakan Mentega Kakao

Mentega Cocoa

Mentega Kako kaya akan polifenol dan mineral yang menjadikannya salah satu bahan alami yang bisa menuntaskan masalah kulit. Dengan sifat anti-inflamasi dan antioksidan yang tentunnya bisa menghambat dan mengurangi jerawat dan meningkatkan perbaikan jaringan kulit yang rusak. Ini dapat membantu meringankan bekas jerawat telah terjadi.

Yang Dibutuhkan dalam metode ini adalah 1 sendok makan mentega kakao. Caranya adalah:

  1. Pertama-tama Ambil satu sendok makan mentega kakao dan hangatkan dengan menggosokkannya di antara telapak tangan Anda.
  2. Kemudian Oleskan pada bekas luka dan biarkan sepanjang malam.
  3. Lalu Cuci bersih dengan pembersih ringan keesokan paginya.

Leave a Reply