LabInc Kampus Merdeka

Cara Mudah Daftar Jadi Merchant di Campus Marketplace

Program Campus Marketplace adalah salah satu program dari Bhinneka untuk menyediakan platform mini marketplace yang sudah dilengkapi dengan buyer dan seller center dan siap dipakai oleh pihak universitas/kampus. Program yang  kini sedang digalakkan secara massive  oleh Bhinneka bertujuan untuk menjadikan para mahasiswa Indonesia memiliki dan mampu mengembangkan jiwa entrepreneur untuk mendukung program penciptaan entrepreneur-entrepreneur muda yang saat ini sedang dijalankan pemerintah Indonesia.

Oleh karena itu, kampus-kampus yang sudah tergabung dalam program Campus Marketplace banyak menghimbau mahasiswanya untuk mendaftar menjadi merchant atau penjual di microsite campus marketplace mereka sendiri. Dengan bergabung menjadi merchant di campus marketplace, mahasiswa dapat memasarkan produk mereka di ranah yang lebih luas dan menjangkau lebih banyak segmen pasar.  Hal ini juga diharapkan menjadi salah satu cara untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan bagi UMKM dan bisnis yang dimiliki oleh para mahasiswa.

Contoh Banner Gabung Merchant Campus Marketplace

Apa itu Merchant Campus Marketplace?

Merchant Campus Marketplace adalah program yang ditujukan untuk mahasiswa Indonesia, UMKM, hingga brand untuk menjual produknya di microsite campus marketplace Bhinneka.  Dengan menjadi merchant di campus marketplace, para mahasiswa diharapkan dapat menjual produk ke konsumen, korporasi, hingga instansi pemerintah yang menjadi target pasar dari Bhinneka.

Ada tiga jenis merchant yang ada di Bhinneka, yaitu Regular Merchant, Managed Merchant, dan Associate Merchant. Untuk dapat berjualan di Campus Marketplace, Anda harus melakukan upgrade akun merchant dari Regular Merchant menjadi Managed Merchant.

Bagaimana Cara bergabung menjadi Merchant Campus Marketplace?

  1. Masuk ke website microsite campus marketplace
  2. Pilih registrasi sebagai seller. Pada Step 1 lengkapi nama, email, nomor telepon dan membuat password. Password harus terdiri dari delapan karakter, mengandung satu angka, satu huruf besar, satu huruf kecil, serta satu karakter spesial atau simbol
  3. Periksa email Anda. Email verifikasi akan dikirim ke email yang Anda gunakan untuk mendaftar sebagai merchant, lalu klik Konfirmasi Alamat Email
  4. Log in dengan email dan password yang sudah didaftarkan dan sudah diverifikasi sebelumnya
  5. Lengkapi formulir registrasi, dokumen persyaratan, dan konten toko (logo, banner, alamat toko, deskripsi toko, dan pengiriman). Beberapa dokumen yang diperlukan di antaranya adalah foto KTP, nomor NPWP (untuk mahasiswa diganti dengan Nomor Induk Mahasiswa), foto NPWP (untuk mahasiswa diganti dengan Kartu Tanda Mahasiswa).
  6. Kemudian klik Selanjutnya. Jika dari awal Anda memilih jenis usaha Perseorangan, pada Step 2 tidak perlu mengunggah dokumen legalisasi perusahaan. Anda dapat langsung klik Daftar Jadi Penjual.
  7. Selanjutnya akan ada aturan-aturan yang harus Anda baca dan patuhi ketika Anda sudah menjadi merchant di campus marketplace. Berikan tanda centang, lalu klik Setuju. Anda akan mendapat notifikasi email dan hal tersebut menandakan toko Anda sudah aktif.

Bagaimana Cara Upgrade toko menjadi Managed Merchant?

Upgrade Jadi Managed Merchant

  1. Untuk melakukan permohonan menjadi Managed Merchant, mohon pastikan alamat toko sudah diisi dengan detail dan Anda sudah memilih minimal 1 ekspedisi pengiriman. Pastikan juga akun merchant Anda telah diaktivasi oleh Bhinneka. Upgrade menjadi Managed Merchant memiliki tahapan dan pengisian data yang sama. Khusus mahasiswa, data perusahaan diisi dengan nama kampus dan dokumen diisi dengan Kartu Tanda Mahasiswa
  2. Selanjutnya penerimaan permohonan Managed Merchant akan dilakukan oleh Bhinneka
  3. Jika permohonan upgrade merchant sudah diterima, Anda dapat langsung mengunggah produk dan berjualan di campus marketplace. Anda juga bisa mengatur toko Anda agar dapat berjualan di https://www.bhinneka.com/
  4. Toko sudah aktif dan sudah siap digunakan untuk berjualan.

Sebagai informasi, proses upgrade akun merchant sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mengajukan permohonan upgrade akun merchant dan mengunggah dokumen-dokumen yang diperlukan. Proses verifikasi juga tidak memakan waktu lama dan akan dilakukan langsung oleh tim Bhinneka, tanpa perantara. Setelah melakukan upgrade akun merchant, Anda juga bisa berjualan di https://www.bhinneka.com/ untuk melayani pembeli individu. Untuk upgrade akun merchant, Bhinneka tidak memungut biaya apapun. Tetapi saat akun merchant Anda sudah menjadi Managed Merchant, akan ada penyesuaian untuk maintenance fee.

Leave a Reply