Teknik Bernapas
Tips & Tutorial

Beberapa Cara Menurunkan Darah Tinggi Secara Alami

Anda seorang penderita hipertensi atau darah tinggi ? Belum tahu cara menurunkan darah tinggi dengan benar ? Untuk itu dalam tulisan kali ini kita akan sama sama mengetahui cara paling efektif untuk menurunkan darah tinggi, karena tidak sedikit orang yang menyepelkan darah tinggi.

Banyak yang belum tahu bila tekanan darah tinggi ini mampu menyebabkan berbagai masalah kesehatan yang cukup serius seperti serangan jantung , stroke , sirkulasi yang buruk , dan kerusakan otot dan jaringan jantung .

Cara menurunkan tekanan darah tinggi agar normal umumnnya bisa kita lakukan dengan hal hal sederhana, seperti merubah gaya hidup dengan mengatur makanan dengan baik, olahraga teratur, mengontrol berat badan ideal dab berhenti merokok. Dibawah ini terdapat beberapa tips cepat menurunkan darah tinggi sebagai berikut :

Mengurangi Minuman Berkafein, Gula, Dan Alkohol

Minuman Kafein, Gula, Alkohol

Dengan mengurangi konsumsi minuman alkohol dan berkafein anda dapat menjaga arteri anda terhindar dari kotoran makananan dalam tubuh sakligus meringkankan beban kerja jantung Anda sehingga pembuluh darah berfungsi baik, kafein dan alkohol diyakini sangat cepat meningkatkan tekanan darah, dan minuman manis juga sangat cepat meningkatkan tekanan selama pencernaan.

Mengurangi Makanan Kemasan Atau Kaleng

Makanan Kemasan atau Kaleng

Seperti yang kita ketahui banyak sekali makanan olahan dan kaleng yang instan di zaman modern ini. makanan instan zaman modern diketahui banyak mengandung natrium, kandungan ini dipercaya sangat cepat membuat tekanan darah menjadi tinggi. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan masakan sendiri saja.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Teknik Pernapasan

Teknik Bernapas

Selain menghindari makanan anda juga bisa menurunkan darah tinggi dengan mengdendalikan pernafasan. Carannya ambil napas dalam-dalam melalui perut Anda, bukan bahu Anda, sambil perlahan-lahan menghitung sampai empat. Kemudian lakukan jeda atau istirahat dalam dua hitungan dan lepaskan nafas dalam empat hitungan lagi dengan hati hati dan perlahan – lahan.

Cara Menurunkan Darah Tinggi dengan Buah-buahan

Cara Mengurangi Darah Tinggi Dengan Buah

Ini penting karena mineral seperti potasium dan kalsium yang ditemukan dalam kategori makanan ini memainkan peran kunci dalam mengontrol tekanan darah. Untuk itu mengonsumsi buah dan sayur secara rutin cukup efektif menurunkan darah tinggi dalam badan.

Makanan  seperti semangka dan nanas memiliki diuretic alami yang baik untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Makanan dengan diuretic alami memberikan efek yan bagus pada pembuangan cairan selama proses pencernaan. Penurunan kelebihan cairan pada jaringan akan mengurangi beban kerja pada jantung dan menurunkan tekanan darah.

Selain itu, direkomendasi mengkonsumsi beberapa makanan alami lainnya seperti berikut:

1. Almond Mentah

Almond Mentah

Seperti yang banyak orang ketahui almond kaya akan lemak tak jenuh tunggal, yang dikenal mampu mengurangi kadar kolestrol, menurunkan tekanan darah, dan menurunkan peradangan darah. Jadi Almond sangat efektif menurunkan darah tinggi.

2. Cabe Rawit

Cabe Rawit

Efek vasodilatornya pada cabe rawit dipercaya mampu menghasilkan perluasan pembuluh darah dan peningkatan aliran darah. Cabe rawit mampu meningkatkan kecepatan aliran darah ke sistem peredaran darah, yang menghilangkan sebagian tekanan dari dinding arteri. Dengan mengolah makanan yang di padukan dengan cabe rawit secukupnnya anda bisa menghasilkan makanan yang bisa menurunkan darah tinggi.

3. Kakao Mentah

Kakao Mentah

Flavonoid yang terkandung dalam kakao dipercaya sangat mampu membuat tubuh kita mengatasi stress secara efesien, salah satu penyebab stress adalah hipertensi. Kakao Mentah juga diyakini sangat efektif mengontrol kadar hormone stress dalam tubuh, kdar horomon diketahui memiliki peran fundamental dalam mengatur tekanan darah agar menjadi lebih baik.

4. Kunyit

Kunyit

Kunyit mampu mengurangi peradangan dalam tubuh, yang merupakan salah satu penyebab utama kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi. Apa lagi bila dipadukan dengan lada hitam yang belum terkena radiasi, kunyit membantu mengendurkan pembuluh darah dan menghilangkan penumpukan lemak yang bisa membuat tekanan darah jadi tinggi.

5. Bawang Putih

Bawang Putih

Dalam Sebuah survei 2010 mengidentifikasi bawang putih menjadi salah satu bahan olahan makanan yang efektif menurunkan darah tinggi. Bersumber dari situs BBC, penelitian ini dilakukan oleh peneliti Australia dari University of Adelaide, yang melakukan percobaan pada 50 pasien.

Leave a Reply