Tips & Tutorial

Cara Pasang Router Wifi di Kantor

Cara pasang router wifi untuk kebutuhan di kantor tidaklah sulit untuk dilakukan. Ada sejumlah kelebihan dan kemudahan yang Anda dapatkan dengan memasang router wifi. Dengan router wifi, Anda dapat berbagi koneksi internet dengan sejumlah pengguna lain. Tanpa adanya router wifi, maka hanya satu perangkat saja yang bisa terhubung ke internet dengan menggunakan kabel lan ke modem.

Meskipun mudah, namun proses pemasangan router tetap harus dilakukan dengan tepat. Apabila pemasangan tidak bagus, dapat berakibat ke sinyal wifi yang lemah atau tidak dapat menjangkau ke seluruh ruangan. Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara memasang router wifi untuk kebutuhan SOHO atau kantor.

fungsi router

Cara Memasang Router Wifi untuk SOHO dan Kantor

Sebelum mulai memasang router, ada beberapa hal yang perlu Anda persiapkan terlebih dahulu. Hal pertama adalah menyiapkan lokasi pemasangan router. Dalam pemilihan lokasi pemasangan atau peletakan router, usahakan berada di tengah bangunan. Hal ini akan mengoptimalkan jangkauan dari router dan meminimalisir blind spot.

Selain itu ada baiknya posisi atau lokasi dari router dengan modem tidak terlalu jauh atau berdekatan. Hal ini akan mempermudah Anda karena Anda tidak membutuhkan  kabel LAN yang terlalu panjang untuk menghubungkan modem dengan router.

Apabila bangunan kantor atau SOHO Anda besar, maka ada kemungkinan satu router tidak akan optimal untuk menjangkau seluruh ruangan. Hal ini dapat Anda atasi dengan menggunakan Wifi Range Extender yang dapat memperluas jangkauan jaringan sehingga blind spot pada ruangan dapat teratasi.

cara pasang router wifi

Adapun langkah – langkah sederhana untuk memasang router wifi antara lain:

  1. Tentukan lokasi pemasangan router, hindari meletakkan router pada area yang tertutup atau dalam ruangan yang berdinding tebal agar jangkauan dapat optimal
  2. Hubungkan modem ke router dengan menggunakan kabel ethernet
  3. Pastikan posisi kabel ethernet yang terhubung ke router berada pada port WAN
  4. Nyalakan router, dan amati lampu LED yang menyala
  5. Selanjutnya lakukan konfigurasi router seperti mengubah SSID dan Password serta mengatur sejumlah pengaturan lain yang dibutuhkan
  6. Simpan pengaturan dan biasanya router akan melakukan restart
  7. Test konektivitas router Anda dengan mencoba menghubungkan perangkat seperti smartphone atau laptop ke jaringan wifi dari router
  8. Apabila sudah terhubung, artinya pengaturan sudah berhasil baik

Pastikan Anda mengganti SSID dan Password standar bawaan pabrik. Memang Anda dapat terkoneksi ke jaringan internet dengan menggunakan nama SSID standar bawaan dari produsen. Namun hal ini tidak disarankan. Alasan utamanya adalah masalah keamanan apabila menggunakan nama SSID standar.

Selain alasan keamanan, menggunakan nama SSID bawaan produsen kurang khas karena biasanya hanya menggunakan nama produsen & tipe dari router tersebut untuk nama SSIDnya. Hal ini juga cenderung membingungkan apabila dalam satu area ada beberapa router dengan nama SSID default yang tidak diubah. Anda akan kebingungan mencari SSID dari router milik Anda.

Layanan Instalasi Router Bhinneka

Bagi Anda yang memiliki kendala dalam memasang router untuk kebutuhan bisnis atau kantor, tidak perlu khawatir. Bhinneka memiliki layanan service untuk instalasi unit router access point. Layanan ini dilakukan oleh ahli dan meliputi pengerjaan berikut ini:

  1. Analisa awal (topologi)
  2. Pemasangan unit Router Access Point
  3. Setting SSID dan password
  4. Setting DHCP dan IP Address
  5. MAC Filtering up to 5 user
  6. Tidak termasuk penarikan kabel jaringan, listrik dan pekerjaan sipil

Pengerjaan dilakukan oleh teknisi profesional dimana teknisi akan langsung datang ke lokasi Anda untuk melakukan pemasangan instalasi router sesuai kebutuhan kantor atau bisnis yang Anda miliki. Anda dapat mempelajari lebih lanjut terkait layanan instalasi router access point pada halaman berikut ini.

Leave a Reply